pedoman lktm seni
PEDOMAN UMUM
LOMBA KARYA TULIS MAHASISWA (LKTM)
BIDANG SENI
I. PENDAHUALUAN
A. Latar Belakang
Peraturan Pemerintah (PP) No. 60 tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi antara lain menyatakan bahwa tujuan pendidikan tinggi adalah (1) menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan/atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan/atau kesenian ; (2) memperkaya khasanah ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian serta mengupayakan penggunaaknya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional.
Kehidupan kampus dikembangkan sebagai lingkungan akademik yang dinamis sesuai dengan disiplin ilmu dan profesinya, berwawasan budaya bangsa, bermoral pancasila, dan berkepribadian Indonesia. Perguruan Tinggi terus berupaya untuk lebih mampu menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengkajian di bidang Ilmu dan teknologi, serta melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang bermanfaat bagi kemanusiaan dan sesuai dengan kebutuhan pembangunan. Dalam rangka pengembangan pendidikan, Perguruan Tinggi berupaya selalu mengikuti kebutuhan pengguna dan perkembangan dunia kerja. Salah satu diantaranya yaitu melalui perubahan kurikulm yang semula berbasis kandungan isi menurut tatanan pohon ilmu (content based) menurut Keputusan Mendikbuf No 056/U/1994 ke kurikulum baru berbasis kompetensi (competence-based) mengakibatkan perubahan terhadap kegiatan kurikuler dan kokukrikuler. Kurikulum berbasisi kompetensi memerlukan keterampilan dalam (1) berfikir secara kreatif, (2) mengambil keputusan, (3) mesosialisakan masalah, (4) melihat sesuatu dalam bentuk the mind< eyes, (5) mengetahui cara belajar dan (6) menyusun alasan secara gayut. Salah satu kegiatan kokurikuler yang perlu penyesuaian yaitu lomba karya tulis mahasiswa dalam bentuk tulisan ayng disajikan secara ilmiah, mengandung unsure penemukanalan masalah, pensolusian dan upaya transfer gagasan di masyarakat.
Berkaitan dengan itu, Direktorat Akademik Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan nasional memandang perlu menyusun pedoman penulisan karya tulis yang dimaksud sebagai acuan bagi mahasiswa yang akan mengikuti lomba karya tulis. Pedoman LKTM Bidang Seni tahun 2006 ini merupakan hasil perbaikan dari pedoman LKTM Seni tahun 2004. Perbaikan difokuskan system seleksi, tema dan topic, dan jadwal perlombaan. Diharapkan dengan Pedoman LKTM Bidang Seni tahun 2006 pelaksanna lomba di perguruan tinggi, dan nasional dapat dilaksanakan dengan lebih tertib dan lancar.
B. Dasar
Penyelenggaraan Lomba Karya Tulis Mahasiswa didasarkan pada :
1. UU No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
2. Peraturan Pemerintah No. 60 Tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi
3. Keputusan Mendikmas No 23/U/2000 tetang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa
4. Keputusan Mendiknas No. 045/U/2002 tentang Kurikulum Inti Pendidikan tinggi.
C. Tujuan
Tujuan diselenggarakannya Lomba Karya Tulis Mahasiswa (LKTM) Bidang Senin Adalah :
1. mengembangakan iklim akademis yang kondusif untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa.
2. meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam bentuk karya tulis yang komunikatif dan disampaikan mengikuti kaidah ilmiah
3. mengembangkan penalran mahasiswa untuk secara runtut dan analitis, mengkritisi permasalahan kehidupan bermartabat umumnya dan permasalahan pemabngunan berwawasan berkelanjutan khususnya serta mensistesiskan berbagai pilihan penyelesaiannya
4. mengembangkan kemampuan untuk melakukan komunikasi secara ilmiah
D. Hasil Yang Diharapkan
Hasil yang diharapkan dari kegiatan LKTM adalah :
1. terwujudnya suasana akademik di perguruan tinggi melalui penggalian ide, peningkatan kreativitas, kemampuan berkomuniksi secara ilmiah, dan terwujudnya sikap ilmiah, sikap profesional dan kepedulian terhadap permasalahan yang berkembang di masyarakat ;
2. terpilihnya karya tulis mahasiswa terbaik dalam idang seni.
II. PENJELASAN UMUM
A. Definisi
Karya tulis mahasiswa meruppakan tulisan ide kreatif yang disusun secara komprehensif berdasarkan data dan atau informasi akurat (terpercaya), dianalisis secara runtut, tajam dan diakhiri dengan kesimpulan yang relevan. Karya tulis mahasiswa yang dimaksud bukan merupakan laporan hasil penelitian eksperimental, yaitu penelitian yang memberikan perlakuan pada objek yang diamati.
B. Persyaratan peserta
1. Peserta Lomba Karya Tulis adalah mahasiswa perguruan tinggi negeri dan swasta yang sedang mengikuti program Strata Satu (S1)
2. Peserta dapat berkelompok 2-3 orang atau perorangan.
3. Dapat diikuti oleh setiap mahasiswa dan tidak dibatasi oleh bidang ilmu yang ditekuninya.
4. Anggota peserta kelompok dapat berasal dari berbagai disiplin ilmu.
5. Peserta belum pernah mempresentasikan karya tulis yang sama pada lomba lain di luar dan di dalam lingkup Ditjen Dikti, kecuali pada rangkaian proses LKTM.
C. Proses Seleksi
1. Seleksi peserta dilaksnakan secara nasional (langsung)
2. Setiap perguruan tinggi dapat mengirimkan karya tulis sebanyak banyaknya
3. Tim Penilai/Juri Nasional yang ditetapkan pleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Depdiknas akan memilih 20-25 karya terbaik
4. Dari 20-25 karya terbaik akan diundang dan mempresentasikan karya tulisnya sebanyak 10-15 karya ke tingkat Nasional
5. Presentasi karya tulis tingkat nasional akan memilih I s.d V terbaik sebagai Pemenang Tingkat nasional
D. Tema dan Topik
Materi Tulisan mengacu pada satu tema yaitu : "Peningkatan Daya saing Bangsa dalam Pembangunan Berkelanjutan"
Topik tulisan disesuaikan dengan bidang penulisan. Berikut ini beberapa alternatif topik yang dapat dipilih sebagai acuan penulisan :
1. Penerapan seni dalam memantapkan identitas bangsa
2. Seni dan pendidikan untuk hidup bersama
3. Seni dan pluralisme budaya
4. Indigasi seni dalam ilmu dan teknologi
5. Peranan seni dalam kehidupan barnegara dan berbangsa
E. Sifat dan Isi Tulisan
Sifat dan isi tulisan harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut :
1. Kreatif dan Objektif
a. Tulisan berisi gagasan yang kreatif untuk mensosialisakan suatu permasalahan yang berkembang di masyarakat yang merupakan hasil pemikiran secara divergen atau pemikiran terbuka.
b. Tulisan tidak bersifat emosional atau tidak menonjolkan permasalahan subjektif.
c. Tulisan didukung oleh data dan/atau informasi terpercaya
d. Berdifat asli (bukan karya jiplakan) dan menjauhi dupklikasi
2. Logis dan Sistematis
a. Tiap langkah penulisan dirancang secara sistematis dan runtut.
b. Pada dasarnya karya tulis ilmiah memuat unsur-unsur identifikasi masalah, analisis-sintetis, simpulan dan sedapat mungkin memuat saran saran
3. Isi tulisan berdasarkan telaah pustaka dan/atau hasil pengamatan/interviw, tetapi bukan hasil penelitian eksperimental (yaitu penelitian yang memberikan perlakuan pada objek yang diamati)
4. Materi karya tulis tidak harus sejalan dengan bidang ilmu yang sedang ditekuni para penulis/mahasiswa
5. Materi karya ilmiah merupakan isu mutakhir (current issues) atau aktual
F. Pembimbing
Setiap kegiatan penuliasan oleh mahasiswa baik yang berdifat perorangan maupun kelompok perlu mendapat bimbingan dari seorang dosen secara intensif.
III. PENULISAN KARYA TULIS
A. Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan hendaknya berisi rancangan yang teratur sebagai berikut :
1. Bagian Awal
a. Halaman Judul
• Judul dikerik dengan huruf besar (kapitas), hendaknya ekspresif, susuai dan tepat dengan masalah yang ditulis dan tidak membuka peluang untuk penafsiran ganda.
• Nama penulis dan nomor induk mahasiswa ditulis dengan jelas
• Perguruan tinggi asal ditulis dengan jelas
• Tahun penulisan
b. Lembar Pengesahan
• Lembar pengesahan memuat judul, nama penulis, dan nomor induk
• Lembar pengesahan ditandatangi oleh Dosen Pembimbing dan Wakil /Pembantu Rektor/Ketua/Direktur Bidang Kemahasiswaan lengkap dengan stempel Perguruan Tinggi
• Lembar pengesahan diberi tanggal sesuai dengan tanggal pengesahan
c. Kata Pengantar dari Penulis
d. Daftar isi dan daftar lain yang diperlukan seperti daftar gambar, daftar tabel, dan daftar lampiran.
e. Ringkasan karya tulis disusun sebanyak-banyaknya dua halaman yang mencerminkan isi keseluruhan karya tulis, mulai dari latar belakang, tujuan, landasan teori yang mendukung, metoda penulisan, pembahasan, simpulan dan rekomendasi.
2. Bagian Inti
a. Pendahuluan
Bagian pendahuluan berisi hal-hal sebagai berikut :
• Perumusan masalah yang mencakup latar belakang tentang alasan mengangkat masalah tersebut menjadi karya tulis dan penjelasan tentang makna penting serta menariknya maslah tersebut untuk ditelaah ;
b. Telaah Pustaka
Telaah pustaka berisi :
• Uraian yang menunjukkan landasan teori dan konsep-konsep yang relevan dengan masalah yang dikaji
• Uraian mengenai pendapat yang berkaitan dengan masalah yang dikaji
• Uraian mengenai pemecahan masalah yang pernah dilakukan
c. Metode Penulisan
Penulisan dilakukan mengikuti metode yang benar dengan menguraikan secara cermat cara/[prosedur pengumpulan data dan/atau informasi, pengolahan data dan/atau informasi, analisi-sintesis, mengambil simpulan, serta merumuskan saran atau rekomendasi. Uraian metode penulisan yang disajikan bukan uraian tentang metode penelitian
d. Bagian Isi/Pembahasan
• Analisis permasalahan didasarkan pada data dan/atau informasi serta telaah pustaka untuk menghasilkan alternatif model pemecahan masalah atau gagasn yang kreatif.
• Simpulan harus konsisten dengan analisis permasalahan
• Saran disampaikan berupa kemungkinan atau prediksi transfer gagasan dan adopsi teknologi.
3. Bagian Akhir
a. Daftar Pustaka ditulis untuk memberi informasi sehingga pembaca dapat dengan mudah menemukan sumber yang disebutkan. Penulisan daftar pustaka untuk buku dimulai dengan menulis nama pengarang, tahun penerbitan, judul buku, tempat terbit, dan nama penerbit, Penulisan daftar pustaka untuk jurnal dumulai dengan nama penulis, tahun, judul tulisan, nama jurnal, volume dan nomor halaman. Penulisan daftar pustaka yang diperoleh dari internet ditulis alamat website-nya.
b. Daftar Riwayat Hidup (biodata atau curricum vitae) peserta minimal mencakup nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, karya karya ilmiah yang pernah dibuat, penghargaan-penghargaaan ilmiah yang pernah diraih
c. Lampiran (jika diperlukan)
B. Persyaratan Penulisan
1. Naskah harus ditulis minimal 20 halaman dan maksimal 35 halaman. Jumlah halaman yang tidak sesuai dengan ketentuan jumlah halaman tersebut dapat mengurangi penilaian.
2. Bahasa Indonesia yang digunakan hendaknya baku dengan tata bahasa dan ejaan yang disempurnakan, sederhana, jelas, satu kesatuan, mengutamakan istilah yang mudah dimengerti, tidak menggunkan singkatan seperti tdk,tsb, yg,dgn,dll, sdd
C. Pengetikan
1. Tata Letak
a. Karya tulis diketik 1,5 spasi pada kertas berukuran A4 (font 12, Times New Roman style)
b. Batas pengetikan
• Samping kiri 4 cm
• Samping kanan 3 cm
• Batas atas dan bawah masing masing 3 cm
c. Jarak pengetikan, Bab, Sub-bab dan perinciannya
• Jarak pengetikan antara Bab dan Sub bab 3 spasi, Sub-bab dan kalimat di bawahnya 2 Spasi
• Judul bab diketik di tengah tengah dengan huruf besar dan dengan jarak 4 cm dari teoi atas tanpa digaris bawahi
• Judul Sub-bab ditulis mulai dari sebleh kiri, huruf pertama setiap kata ditulis dengan huruf besar (huruf kapital), kecuali kata-kata tugas, seperti yang, dari, dan,
• Judul anak Sub bab ditulis mulai dari sebelah kiri dengan indensi 5 (lima) pukulan yang diberi garis bawah. Huruf pertama setiap kata ditulis dengan huruf besar (huruf kapital), kecuali kata kata tugas, seperti yang dari dan
• Jika masih ada sub judul dalam tingkatan yang lebih rendah, ditulis seperti pada butir di atas, lalu diikuti oleh kalimat berikutnya.
2. Pengetikan Kalimat
Alinea baru diketik sebaris dengan baris di atasnya dengan jarak 2 spasi. Pengetikan kutipan langsung yagn lebih dari 3 baris diketik 1 spasi menjorok ke dalam dan semuanya tanpa diberi tanda petik.
3. Penomoran Halaman
• Bagian pendahuluan yang meliputi halaman judul, nama/daftar anggota kelompok, kata pengantar an daftar isi memakai angka romawi kecil dan diketik sebelah kanan bawah (i, ii dan seterusnya)
• Bagian Tubuh/pokok sampai dengan bagian penutup memakai angka arab dan diketik dangan jarak 3 cm dari tepi kanan dan 1,5 cm darri tepi atasa (1,2,3 dan seterusnya)
• Nomor halaman pertama dari tiap Bab tidak ditulis tetapi tetap diperhitungkan.
IV. PENILAIAN
Penilaian Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa dilakukan oleh Tim Juri Nasional. Adapun kriteria dan jumlah Tim Juri ditentukan oelh Direktur Akademik Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
Tim Juri LKTM Nasional Bidang Seni yang akan menilai makalah dan presentasi para finalis LKTM Nasional, paling sedikit berjumlah 3 makalah dan presentasi para finalis LKTM Nasional, paling sedikit berjumlah3 (tiga) orang yang berasal dari staf pengajar perguruan tinggi, praktisi dan/atau pakar lainnya yang teruji kepakaran dalam bidang ilmunya dan memiliki pengalaman dalam menilai karya tulis mahasiswa. Tim juri ini ditetapkan melalui surat keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departeman Pendidikan Nasional.
Setiap Tim Juri harus berpedoman pada buku Pedoman yang dikeluarkan/ diterbitkan secara resmi oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departeman Pendidikan Nasional.
V. PENUTUP
Pedoman ini diharapkan menjadi bagi seluruh mahasiswa di setiap perguruan tinngi yang akan emgnikuti LKTM Bidang Seni. Karya tulis yang dihasilkan perlu disebarluaskan dan dibaca oleh masyarakt luas sebagai karya pikir mahasiswa Indonesia, yang memiliki kepedulian terhadap pembangunan berkelanjutan. Untuk ini, ringkasan karya tulis yang berhasil terseleksi dan dimajukan ke babak final akan dipublikasikan melui buletin ringkasan karya ilmiah yang diterbitkan oleh Direktorat Akademik yang akan disebarluaskan ke seluruh perguruan tinggi melalui situs (web-site0 Ditjen Dikti (www.dikti.org.)
Formulir Penilain Karya Tulis Mahasiswa Bidang Seni
Nomor Peserta : ...........................................................................
Nama Peserta :1........................................................................... 2...........................................................................
3...........................................................................
Perguruan Tinggi :..............................................................................
No Kriteria Penilaian Bobot Skor Skor Terbobot
1 Format Makalah
• Tata tulis, sistematika, tulisan, ukuran kertas, tipografi, kerapihan ketik, tata letak, jumlah halaman 5
2 Kreatifitas Gagasan
• Keaslian gagasan, komprehensif, kreatif dan inovatif
• Kejelasan pengungkapan ide, sistematika pengungkapan ide dengan menggunkan bahasa Indonesi yang aik dan benar 20
(10)
(10)
3 Topik yang dikemukakan
• Kesesuaian judul dengan tema, topik yang dipilih dan isi karya tulis
• Aktualisasi topik dan fokus bahasa yang dipilih
• Menfaat topik yang dipilih bagi masyarkaat dan/atau pengembangan keilmuan
5
4 Data Sumber informasi
• Keakuratan, kekinian data dan informasi serta kesesuaian dengan acara yang digunakan
• Keterkaitan data dan informasi degnan pokok bahasan 10
(5)
(5)
5 Pembahasan, simpulan dan transfer gagasan
• Kemampuan menganalisis dan mensistesis
• Kemampuan menyimpulkan bahasan
• Kemampuan memprediksi dan mentransfer gagasan untuk diadopsi 20
(10)
(5)
(5)
SKOR TERBOBOT TOTAL
(BS) MAKSIMAL : 600
60
Formulir Penilaian Presentasi Karya Tulis Mahasiswa Bidang Seni
Nomor Peserta : ...........................................................................
Nama Peserta :1........................................................................... 2...........................................................................
3...........................................................................
Perguruan Tinggi :..............................................................................
No Kriteria Penilaian Bobot Skor Skor Terbobot
1 Penyajian
• Sistematika penyajian dan isi
• Alat bantu
• Penggunaan bahasa tutur yang baku
• Cara presentasi (sikap)
• Ketepatan waktu 15
2 Tanya Jawab
• Kebenaran dan ketepatan jawaban
• Cara menjawab
• Keterbukaan peserta didalam menjawab pertanyaan 25
SKOR TERBOBOT TOTAL
(BS) MAKSIMAL : 600
40
Penjelasan Kriteria Penilaian karya Tulis Mahasiswa
No Kriteria Seleksi Penjelasan
1 Format Makalah Tata tulis dan semua unsur pengungkapan dipenuhi dengan cermat di seluruh naskah dan mengikuti pedoman LKTM tahun 2006
2 Kreatifitas gagasan Gagasan bersifat asli diungkapkan secara menyeluruh dan terstruktur yang memperklihatkan keunikan dan keaslian gagasan yang didukung dengan argumentasi ilmiah secara jelas
3 Topik yang dikemukakan Topik dan isi karya tulis sesuai dengan judul tulisan, actual, dan bermanfaat bagi masyarkat atau pengembangan keilmuan
4 Data dan Informasi Data dan/atau informasi yang dikumpulkan relevan dengan topik dan diperoleh dari sumber resmi, baik diperoleh dari data primer (hasil survey) maupun ari data sekunder. Data dan informasi brhubungan satu sama lain dan mendukung uraian pembahasan/analisis serta sesuai dengan dengan sumber acuannya
5 Pembahasan dan Simpulan serta transfer gagasan Bahasan mengandung unsur analisis, sintesis, rumusan simpulan, diakhiri tulisan disampaikan kemungkinan/prediksi transfer gagasan dan proses adopsi.
Penjelasan Kriteria Penilaian karya Tulis Mahasiswa
No Kriteria Seleksi Penjelasan
1 Penyajian Penyajian disampaikan secara sistematis, menyeluruh, dalam waktu yang terkendli sesuai dengan selang waktu yang tersedia.
Penjelasan dilakukan menggunakan bahasa yang baku dengan sikap yang menarik dan menggunakan alat bantu yang disediakan
2 Tanya Jawab Pertanyaan dijawab dengan benar dan tepat serta disertai rasa percaya diri.
Pertanyaan dan/atau masukan dijawab dan/atau ditanggapi secara terbuka dan kritis, terutama dalam menanggapi alternatif yang dikemukakan juri.
--
Shigenoi Haruki
LOMBA KARYA TULIS MAHASISWA (LKTM)
BIDANG SENI
I. PENDAHUALUAN
A. Latar Belakang
Peraturan Pemerintah (PP) No. 60 tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi antara lain menyatakan bahwa tujuan pendidikan tinggi adalah (1) menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan/atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan/atau kesenian ; (2) memperkaya khasanah ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian serta mengupayakan penggunaaknya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional.
Kehidupan kampus dikembangkan sebagai lingkungan akademik yang dinamis sesuai dengan disiplin ilmu dan profesinya, berwawasan budaya bangsa, bermoral pancasila, dan berkepribadian Indonesia. Perguruan Tinggi terus berupaya untuk lebih mampu menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengkajian di bidang Ilmu dan teknologi, serta melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang bermanfaat bagi kemanusiaan dan sesuai dengan kebutuhan pembangunan. Dalam rangka pengembangan pendidikan, Perguruan Tinggi berupaya selalu mengikuti kebutuhan pengguna dan perkembangan dunia kerja. Salah satu diantaranya yaitu melalui perubahan kurikulm yang semula berbasis kandungan isi menurut tatanan pohon ilmu (content based) menurut Keputusan Mendikbuf No 056/U/1994 ke kurikulum baru berbasis kompetensi (competence-based) mengakibatkan perubahan terhadap kegiatan kurikuler dan kokukrikuler. Kurikulum berbasisi kompetensi memerlukan keterampilan dalam (1) berfikir secara kreatif, (2) mengambil keputusan, (3) mesosialisakan masalah, (4) melihat sesuatu dalam bentuk the mind< eyes, (5) mengetahui cara belajar dan (6) menyusun alasan secara gayut. Salah satu kegiatan kokurikuler yang perlu penyesuaian yaitu lomba karya tulis mahasiswa dalam bentuk tulisan ayng disajikan secara ilmiah, mengandung unsure penemukanalan masalah, pensolusian dan upaya transfer gagasan di masyarakat.
Berkaitan dengan itu, Direktorat Akademik Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan nasional memandang perlu menyusun pedoman penulisan karya tulis yang dimaksud sebagai acuan bagi mahasiswa yang akan mengikuti lomba karya tulis. Pedoman LKTM Bidang Seni tahun 2006 ini merupakan hasil perbaikan dari pedoman LKTM Seni tahun 2004. Perbaikan difokuskan system seleksi, tema dan topic, dan jadwal perlombaan. Diharapkan dengan Pedoman LKTM Bidang Seni tahun 2006 pelaksanna lomba di perguruan tinggi, dan nasional dapat dilaksanakan dengan lebih tertib dan lancar.
B. Dasar
Penyelenggaraan Lomba Karya Tulis Mahasiswa didasarkan pada :
1. UU No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
2. Peraturan Pemerintah No. 60 Tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi
3. Keputusan Mendikmas No 23/U/2000 tetang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa
4. Keputusan Mendiknas No. 045/U/2002 tentang Kurikulum Inti Pendidikan tinggi.
C. Tujuan
Tujuan diselenggarakannya Lomba Karya Tulis Mahasiswa (LKTM) Bidang Senin Adalah :
1. mengembangakan iklim akademis yang kondusif untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa.
2. meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam bentuk karya tulis yang komunikatif dan disampaikan mengikuti kaidah ilmiah
3. mengembangkan penalran mahasiswa untuk secara runtut dan analitis, mengkritisi permasalahan kehidupan bermartabat umumnya dan permasalahan pemabngunan berwawasan berkelanjutan khususnya serta mensistesiskan berbagai pilihan penyelesaiannya
4. mengembangkan kemampuan untuk melakukan komunikasi secara ilmiah
D. Hasil Yang Diharapkan
Hasil yang diharapkan dari kegiatan LKTM adalah :
1. terwujudnya suasana akademik di perguruan tinggi melalui penggalian ide, peningkatan kreativitas, kemampuan berkomuniksi secara ilmiah, dan terwujudnya sikap ilmiah, sikap profesional dan kepedulian terhadap permasalahan yang berkembang di masyarakat ;
2. terpilihnya karya tulis mahasiswa terbaik dalam idang seni.
II. PENJELASAN UMUM
A. Definisi
Karya tulis mahasiswa meruppakan tulisan ide kreatif yang disusun secara komprehensif berdasarkan data dan atau informasi akurat (terpercaya), dianalisis secara runtut, tajam dan diakhiri dengan kesimpulan yang relevan. Karya tulis mahasiswa yang dimaksud bukan merupakan laporan hasil penelitian eksperimental, yaitu penelitian yang memberikan perlakuan pada objek yang diamati.
B. Persyaratan peserta
1. Peserta Lomba Karya Tulis adalah mahasiswa perguruan tinggi negeri dan swasta yang sedang mengikuti program Strata Satu (S1)
2. Peserta dapat berkelompok 2-3 orang atau perorangan.
3. Dapat diikuti oleh setiap mahasiswa dan tidak dibatasi oleh bidang ilmu yang ditekuninya.
4. Anggota peserta kelompok dapat berasal dari berbagai disiplin ilmu.
5. Peserta belum pernah mempresentasikan karya tulis yang sama pada lomba lain di luar dan di dalam lingkup Ditjen Dikti, kecuali pada rangkaian proses LKTM.
C. Proses Seleksi
1. Seleksi peserta dilaksnakan secara nasional (langsung)
2. Setiap perguruan tinggi dapat mengirimkan karya tulis sebanyak banyaknya
3. Tim Penilai/Juri Nasional yang ditetapkan pleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Depdiknas akan memilih 20-25 karya terbaik
4. Dari 20-25 karya terbaik akan diundang dan mempresentasikan karya tulisnya sebanyak 10-15 karya ke tingkat Nasional
5. Presentasi karya tulis tingkat nasional akan memilih I s.d V terbaik sebagai Pemenang Tingkat nasional
D. Tema dan Topik
Materi Tulisan mengacu pada satu tema yaitu : "Peningkatan Daya saing Bangsa dalam Pembangunan Berkelanjutan"
Topik tulisan disesuaikan dengan bidang penulisan. Berikut ini beberapa alternatif topik yang dapat dipilih sebagai acuan penulisan :
1. Penerapan seni dalam memantapkan identitas bangsa
2. Seni dan pendidikan untuk hidup bersama
3. Seni dan pluralisme budaya
4. Indigasi seni dalam ilmu dan teknologi
5. Peranan seni dalam kehidupan barnegara dan berbangsa
E. Sifat dan Isi Tulisan
Sifat dan isi tulisan harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut :
1. Kreatif dan Objektif
a. Tulisan berisi gagasan yang kreatif untuk mensosialisakan suatu permasalahan yang berkembang di masyarakat yang merupakan hasil pemikiran secara divergen atau pemikiran terbuka.
b. Tulisan tidak bersifat emosional atau tidak menonjolkan permasalahan subjektif.
c. Tulisan didukung oleh data dan/atau informasi terpercaya
d. Berdifat asli (bukan karya jiplakan) dan menjauhi dupklikasi
2. Logis dan Sistematis
a. Tiap langkah penulisan dirancang secara sistematis dan runtut.
b. Pada dasarnya karya tulis ilmiah memuat unsur-unsur identifikasi masalah, analisis-sintetis, simpulan dan sedapat mungkin memuat saran saran
3. Isi tulisan berdasarkan telaah pustaka dan/atau hasil pengamatan/interviw, tetapi bukan hasil penelitian eksperimental (yaitu penelitian yang memberikan perlakuan pada objek yang diamati)
4. Materi karya tulis tidak harus sejalan dengan bidang ilmu yang sedang ditekuni para penulis/mahasiswa
5. Materi karya ilmiah merupakan isu mutakhir (current issues) atau aktual
F. Pembimbing
Setiap kegiatan penuliasan oleh mahasiswa baik yang berdifat perorangan maupun kelompok perlu mendapat bimbingan dari seorang dosen secara intensif.
III. PENULISAN KARYA TULIS
A. Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan hendaknya berisi rancangan yang teratur sebagai berikut :
1. Bagian Awal
a. Halaman Judul
• Judul dikerik dengan huruf besar (kapitas), hendaknya ekspresif, susuai dan tepat dengan masalah yang ditulis dan tidak membuka peluang untuk penafsiran ganda.
• Nama penulis dan nomor induk mahasiswa ditulis dengan jelas
• Perguruan tinggi asal ditulis dengan jelas
• Tahun penulisan
b. Lembar Pengesahan
• Lembar pengesahan memuat judul, nama penulis, dan nomor induk
• Lembar pengesahan ditandatangi oleh Dosen Pembimbing dan Wakil /Pembantu Rektor/Ketua/Direktur Bidang Kemahasiswaan lengkap dengan stempel Perguruan Tinggi
• Lembar pengesahan diberi tanggal sesuai dengan tanggal pengesahan
c. Kata Pengantar dari Penulis
d. Daftar isi dan daftar lain yang diperlukan seperti daftar gambar, daftar tabel, dan daftar lampiran.
e. Ringkasan karya tulis disusun sebanyak-banyaknya dua halaman yang mencerminkan isi keseluruhan karya tulis, mulai dari latar belakang, tujuan, landasan teori yang mendukung, metoda penulisan, pembahasan, simpulan dan rekomendasi.
2. Bagian Inti
a. Pendahuluan
Bagian pendahuluan berisi hal-hal sebagai berikut :
• Perumusan masalah yang mencakup latar belakang tentang alasan mengangkat masalah tersebut menjadi karya tulis dan penjelasan tentang makna penting serta menariknya maslah tersebut untuk ditelaah ;
b. Telaah Pustaka
Telaah pustaka berisi :
• Uraian yang menunjukkan landasan teori dan konsep-konsep yang relevan dengan masalah yang dikaji
• Uraian mengenai pendapat yang berkaitan dengan masalah yang dikaji
• Uraian mengenai pemecahan masalah yang pernah dilakukan
c. Metode Penulisan
Penulisan dilakukan mengikuti metode yang benar dengan menguraikan secara cermat cara/[prosedur pengumpulan data dan/atau informasi, pengolahan data dan/atau informasi, analisi-sintesis, mengambil simpulan, serta merumuskan saran atau rekomendasi. Uraian metode penulisan yang disajikan bukan uraian tentang metode penelitian
d. Bagian Isi/Pembahasan
• Analisis permasalahan didasarkan pada data dan/atau informasi serta telaah pustaka untuk menghasilkan alternatif model pemecahan masalah atau gagasn yang kreatif.
• Simpulan harus konsisten dengan analisis permasalahan
• Saran disampaikan berupa kemungkinan atau prediksi transfer gagasan dan adopsi teknologi.
3. Bagian Akhir
a. Daftar Pustaka ditulis untuk memberi informasi sehingga pembaca dapat dengan mudah menemukan sumber yang disebutkan. Penulisan daftar pustaka untuk buku dimulai dengan menulis nama pengarang, tahun penerbitan, judul buku, tempat terbit, dan nama penerbit, Penulisan daftar pustaka untuk jurnal dumulai dengan nama penulis, tahun, judul tulisan, nama jurnal, volume dan nomor halaman. Penulisan daftar pustaka yang diperoleh dari internet ditulis alamat website-nya.
b. Daftar Riwayat Hidup (biodata atau curricum vitae) peserta minimal mencakup nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, karya karya ilmiah yang pernah dibuat, penghargaan-penghargaaan ilmiah yang pernah diraih
c. Lampiran (jika diperlukan)
B. Persyaratan Penulisan
1. Naskah harus ditulis minimal 20 halaman dan maksimal 35 halaman. Jumlah halaman yang tidak sesuai dengan ketentuan jumlah halaman tersebut dapat mengurangi penilaian.
2. Bahasa Indonesia yang digunakan hendaknya baku dengan tata bahasa dan ejaan yang disempurnakan, sederhana, jelas, satu kesatuan, mengutamakan istilah yang mudah dimengerti, tidak menggunkan singkatan seperti tdk,tsb, yg,dgn,dll, sdd
C. Pengetikan
1. Tata Letak
a. Karya tulis diketik 1,5 spasi pada kertas berukuran A4 (font 12, Times New Roman style)
b. Batas pengetikan
• Samping kiri 4 cm
• Samping kanan 3 cm
• Batas atas dan bawah masing masing 3 cm
c. Jarak pengetikan, Bab, Sub-bab dan perinciannya
• Jarak pengetikan antara Bab dan Sub bab 3 spasi, Sub-bab dan kalimat di bawahnya 2 Spasi
• Judul bab diketik di tengah tengah dengan huruf besar dan dengan jarak 4 cm dari teoi atas tanpa digaris bawahi
• Judul Sub-bab ditulis mulai dari sebleh kiri, huruf pertama setiap kata ditulis dengan huruf besar (huruf kapital), kecuali kata-kata tugas, seperti yang, dari, dan,
• Judul anak Sub bab ditulis mulai dari sebelah kiri dengan indensi 5 (lima) pukulan yang diberi garis bawah. Huruf pertama setiap kata ditulis dengan huruf besar (huruf kapital), kecuali kata kata tugas, seperti yang dari dan
• Jika masih ada sub judul dalam tingkatan yang lebih rendah, ditulis seperti pada butir di atas, lalu diikuti oleh kalimat berikutnya.
2. Pengetikan Kalimat
Alinea baru diketik sebaris dengan baris di atasnya dengan jarak 2 spasi. Pengetikan kutipan langsung yagn lebih dari 3 baris diketik 1 spasi menjorok ke dalam dan semuanya tanpa diberi tanda petik.
3. Penomoran Halaman
• Bagian pendahuluan yang meliputi halaman judul, nama/daftar anggota kelompok, kata pengantar an daftar isi memakai angka romawi kecil dan diketik sebelah kanan bawah (i, ii dan seterusnya)
• Bagian Tubuh/pokok sampai dengan bagian penutup memakai angka arab dan diketik dangan jarak 3 cm dari tepi kanan dan 1,5 cm darri tepi atasa (1,2,3 dan seterusnya)
• Nomor halaman pertama dari tiap Bab tidak ditulis tetapi tetap diperhitungkan.
IV. PENILAIAN
Penilaian Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa dilakukan oleh Tim Juri Nasional. Adapun kriteria dan jumlah Tim Juri ditentukan oelh Direktur Akademik Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
Tim Juri LKTM Nasional Bidang Seni yang akan menilai makalah dan presentasi para finalis LKTM Nasional, paling sedikit berjumlah 3 makalah dan presentasi para finalis LKTM Nasional, paling sedikit berjumlah3 (tiga) orang yang berasal dari staf pengajar perguruan tinggi, praktisi dan/atau pakar lainnya yang teruji kepakaran dalam bidang ilmunya dan memiliki pengalaman dalam menilai karya tulis mahasiswa. Tim juri ini ditetapkan melalui surat keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departeman Pendidikan Nasional.
Setiap Tim Juri harus berpedoman pada buku Pedoman yang dikeluarkan/ diterbitkan secara resmi oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departeman Pendidikan Nasional.
V. PENUTUP
Pedoman ini diharapkan menjadi bagi seluruh mahasiswa di setiap perguruan tinngi yang akan emgnikuti LKTM Bidang Seni. Karya tulis yang dihasilkan perlu disebarluaskan dan dibaca oleh masyarakt luas sebagai karya pikir mahasiswa Indonesia, yang memiliki kepedulian terhadap pembangunan berkelanjutan. Untuk ini, ringkasan karya tulis yang berhasil terseleksi dan dimajukan ke babak final akan dipublikasikan melui buletin ringkasan karya ilmiah yang diterbitkan oleh Direktorat Akademik yang akan disebarluaskan ke seluruh perguruan tinggi melalui situs (web-site0 Ditjen Dikti (www.dikti.org.)
Formulir Penilain Karya Tulis Mahasiswa Bidang Seni
Nomor Peserta : ...........................................................................
Nama Peserta :1........................................................................... 2...........................................................................
3...........................................................................
Perguruan Tinggi :..............................................................................
No Kriteria Penilaian Bobot Skor Skor Terbobot
1 Format Makalah
• Tata tulis, sistematika, tulisan, ukuran kertas, tipografi, kerapihan ketik, tata letak, jumlah halaman 5
2 Kreatifitas Gagasan
• Keaslian gagasan, komprehensif, kreatif dan inovatif
• Kejelasan pengungkapan ide, sistematika pengungkapan ide dengan menggunkan bahasa Indonesi yang aik dan benar 20
(10)
(10)
3 Topik yang dikemukakan
• Kesesuaian judul dengan tema, topik yang dipilih dan isi karya tulis
• Aktualisasi topik dan fokus bahasa yang dipilih
• Menfaat topik yang dipilih bagi masyarkaat dan/atau pengembangan keilmuan
5
4 Data Sumber informasi
• Keakuratan, kekinian data dan informasi serta kesesuaian dengan acara yang digunakan
• Keterkaitan data dan informasi degnan pokok bahasan 10
(5)
(5)
5 Pembahasan, simpulan dan transfer gagasan
• Kemampuan menganalisis dan mensistesis
• Kemampuan menyimpulkan bahasan
• Kemampuan memprediksi dan mentransfer gagasan untuk diadopsi 20
(10)
(5)
(5)
SKOR TERBOBOT TOTAL
(BS) MAKSIMAL : 600
60
Formulir Penilaian Presentasi Karya Tulis Mahasiswa Bidang Seni
Nomor Peserta : ...........................................................................
Nama Peserta :1........................................................................... 2...........................................................................
3...........................................................................
Perguruan Tinggi :..............................................................................
No Kriteria Penilaian Bobot Skor Skor Terbobot
1 Penyajian
• Sistematika penyajian dan isi
• Alat bantu
• Penggunaan bahasa tutur yang baku
• Cara presentasi (sikap)
• Ketepatan waktu 15
2 Tanya Jawab
• Kebenaran dan ketepatan jawaban
• Cara menjawab
• Keterbukaan peserta didalam menjawab pertanyaan 25
SKOR TERBOBOT TOTAL
(BS) MAKSIMAL : 600
40
Penjelasan Kriteria Penilaian karya Tulis Mahasiswa
No Kriteria Seleksi Penjelasan
1 Format Makalah Tata tulis dan semua unsur pengungkapan dipenuhi dengan cermat di seluruh naskah dan mengikuti pedoman LKTM tahun 2006
2 Kreatifitas gagasan Gagasan bersifat asli diungkapkan secara menyeluruh dan terstruktur yang memperklihatkan keunikan dan keaslian gagasan yang didukung dengan argumentasi ilmiah secara jelas
3 Topik yang dikemukakan Topik dan isi karya tulis sesuai dengan judul tulisan, actual, dan bermanfaat bagi masyarkat atau pengembangan keilmuan
4 Data dan Informasi Data dan/atau informasi yang dikumpulkan relevan dengan topik dan diperoleh dari sumber resmi, baik diperoleh dari data primer (hasil survey) maupun ari data sekunder. Data dan informasi brhubungan satu sama lain dan mendukung uraian pembahasan/analisis serta sesuai dengan dengan sumber acuannya
5 Pembahasan dan Simpulan serta transfer gagasan Bahasan mengandung unsur analisis, sintesis, rumusan simpulan, diakhiri tulisan disampaikan kemungkinan/prediksi transfer gagasan dan proses adopsi.
Penjelasan Kriteria Penilaian karya Tulis Mahasiswa
No Kriteria Seleksi Penjelasan
1 Penyajian Penyajian disampaikan secara sistematis, menyeluruh, dalam waktu yang terkendli sesuai dengan selang waktu yang tersedia.
Penjelasan dilakukan menggunakan bahasa yang baku dengan sikap yang menarik dan menggunakan alat bantu yang disediakan
2 Tanya Jawab Pertanyaan dijawab dengan benar dan tepat serta disertai rasa percaya diri.
Pertanyaan dan/atau masukan dijawab dan/atau ditanggapi secara terbuka dan kritis, terutama dalam menanggapi alternatif yang dikemukakan juri.
--
Shigenoi Haruki
Comments
Post a Comment