panduan lktm lh
PEDOMAN UMUM
LOMBA KARYA TULIS MAHASISWA BIDANG LINGKUNGAN HIDUP
I. PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Mahasiswa sebagai unsur perguruan tinggi perlu di dorong dalam mengembangkan dan mendewasakan dirinya untuk menjadi manusia pembangunan yang dapat mewujudkan masa depan bangsa dan Negara yang lebih baik. Sehubungan dengan itu, perguruan tinggi harus dapat mendukung pelaksanaan kebebasan mimbar akademik serta iklim yang kondusif untuk berkreatifitas dan berinovasi. Perguruan tinggi sebagai lembaga pendidikan sepatutnya selalu mendukung mahasiswa untuk mengembangkan pemikiran yang konstruktif dan kreatif baik dalam hal pengemabngan ilmu, teknologi dan /atay seni, maupun dalam pembangunan nasional secara menyeluruh.
Mahasiswa diharapkan tidak hanya menekuni ilmu dlam bidangnya saja, tetapi juga beraktifitas untuk mengembangkan kepribadian agar menjadi pemimpin yang berkwalitas di masa yang akan dating. Mahasiswa telah diberi peluang untuk mengikuti kegiatan baik di dalam kampus maupun di lingkungan masyarakat luar kampus. Pembinaan kemahasiswaan telah sedemikian rupa dijalankan, sehingga mahasiswa memiliki media untuk mengembangkan bakat dan minat serta berprestasi dalam berbagai hal.
Kehidupan kampus dikembangkan sebagai lingkungan akademik yang dinamis sessuai dengan disiplin ilmu dan profesinya, berwawasan budaya bangsa, bermoral Pancasila dan berkepribadian Indonesia.
Lingkungan hidup saat ini merupakan masalah global yang perlu mendapat perhatian seluruh lapisan masyarakat. Mahsiswa diharapkan mempunyai ketrampilan dalam menangani masalah masalah lingkungan hidup baik yang ada dilingkungannya, regional, maupun nasional. Untuk mencapai tujuan tersebut dapat dimulai dengan perlu dikembangkannya iklim kondusif untuk lebih sadar terhadap lingkungan. Salah satu cara untuk mengekspesikan diri sehingga peduli dan memahami lingkuangan adalah dengan cara menyampaikan ide kreatifnya melalui tulisan. Pengembangan budaya penulisan ilmiah dalam bidang lingkungan sebagai suatu bentuk penuangan ide, kreatifitas, inovasi dan ekspressi pemikiran terhadap lingkungan dapat di salurkan oleh mahasiswa.
Diharapkan dari kegiatan ini dapat menemukan benih benih mahasiswa yang mempunyai minat, keinginan dan keterampilan untuk menangani berbagai permasalahan lingkungan di daerahnya atau secara nasional.
B. Dasar.
Penyelengaraan LKTM Bidang Lingkungan Hidup dedasarkan pada:
1. UU No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nadional
2. UU No.25 Tahun 2002 tentang Program Pembangunan Nasional (Propenas)
3. PP No. 60. Tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi
4. Keputusan Mendiknas No 232/U/2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa
5. Keputusan Mendiknas No. 045/U/2002 tentang Kurikulum Inti Pendidikan Tinggi
C. Tujuan
1. Mengembangkan iklim akademik yang kondusif untuk meningkatkan kreatifitas mahasiswa perguruan tinggi di seluruh Indonesia
2. Memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan yang kreatif, inovatif, produktif, memiliki sikap ilmiah, dan profesional
3. Mengembangkan kemampuan mahasiswa untuk melakukan komunikasi secara ilmiah
4. Merangsang mahasiswa untuk dapat mengemukakakan gagasan tentang pelestarian lingkungan hidup.
5. mendorong mahasiswa agar lebih peduli dan terampil menangani masalah-masalah lilngkungan.
D. Hasil yng diharapakan
1. Meningkatkan peran mahasiswa di perguruan tinggi dalam mendorong pelestarian lingkungan hidup
2. Terciptanya suasana akademik di perguruan tinggi Indonesia dan meningkatnya kepedulaian, kemampuan, pengetahuan dan keterampilan mahasiswa terhadap lingkungan hidup
3. Terpilihnya karya tulis mahasiswa terbaik dalam bidang pelestarian lingkungan hidup
II. PENJELASAN UMUM
A. Definisi
Lomba Kerya Tulis Mahasiswa Bidang Lingkungan Hidup (LKTM-LH) merupakan tulisan berisi ide kreatif tentang lingkungan hidup yang disusun secara komprehensif berdasarkan data yang akurat, dianalisis secara komprehensif berdasarkan data yang akurat, dianalisis secara runtut, tajam dan diakhiri dengan kesimpulan yang relevan. Karya tulis di maksud bukan merupakan laporan hasil penelitian eksperimental.
B. Persyaratan Peserta
1. Peserta LKTM-LH adalah mahasiswa PTN/PTS yang sedang mengikuti program S0/S1
2. Peserta bersifat perseorangan
3. Dapat berasal dari berbagai disiplin ilmu (boleh berbeda atau sama dengan yang ditekuni oleh bersangkutan)
4. Karya tulis belum pernah dilombakan pada lomba lain di luar lingkup Ditjen Dikti
C. Proses dan Prosedur Seleksi
1. Karya tulis sebanyak 5 (lima) rangkap di kirimkan ke Direktorat Kemahasiswaan IPB.
2. Pengiriman karya tulis harus deiketahui oelh Wakil Rektor III
3. Seleksi dan penilaian dilaksanakan secara berjenjang yaitu babak kualifikasi dan babak kualifikasi final melaui proses :
a. Seleksi kelengkapan administasi
b. Penilaian pendahuluan/awal (penentuan 10 karya terbaik dari masing masing topik)
c. Penilaian babak final melalui presentasi (penentuan pemennag terbaik I,II dan III untuk masing masing topik)
4. Panitia tidak menerima surat menyurat, telepon dan faxcimil dalam proses seleksi
D. Tema dan Topik
Materi dan tulisan mengacu pada tema yaitu :
"Pelestarian Fungsi Lingkungan Hidup untuk Menunjang Peningkatan Daya saing Bangsa dalam Pembangunan Berkelanjutan"
Topik tulisan disesuaikan dangan tema, peserta dibebaskan untuk mencari dan/memilih topik yang dapat dipilih sendiri berdasarkan disiplin ilmu yang ditekuninya dan/atau disiplin ilmu yang berbeda. Secara umum topik yang dapat dipilih dikategorikan pada :
1. Lingkungan Biofisik dan Kimia
2. Lingkungan Biotis
3. Lingkungan Sosial Ekonomi dan Budaya Kesehatan Nasional
E. Sifat dan Isi Tulisan
Sifat dan isi tulisan harus memenuhi syarat syarat sebagai berikut :
1. Kreatif dan Objektif
a. Tulisan berisi gagasan yang kreatif mencari jalan keluar bagi permasalahan Lingkungan Hidup yang ada di Indonesia
b. Tulisan tidak bersifat emosional atau tidak menonjolkan permasalahan subjektif
c. Tulisan didukung oleh data dan/atau informasi terpercaya
d. Bersifat asli (bukan karya jiplakan) dan menjauhi duplikasi
e. Tulisan memuat inovasi inovasi tentang pendayagunaan Lingkungan Hidup secara arif, bijaksana dan meningkatkan kualitas kehidupan masyarkat Indonesia
2. Logis dan Sistematis
a. Tiap langkah penulisan dirancang secara sistematis dan runtut
b. Pada dasarnya karya tulis ilmiah memuat unsur unsur identifikasi masalah, analisis sintesis, kesimpulan dan sedapat mungkin memuat saran saran
3. Isi tulisan berdasarkan telaah pustaka dan hasil pengamatan/interview, tetapi bukan hasil penelitian eksperimental
4. Materi karya tulis tidak harus sejalan dengan bidang ilmu yang sedang ditekuni para penulis/mahasiswa
5. Materi karya tulis ilmiah merupakan isu mutakhir (current issues) atau aktual
F. Pembimbing
Setiap penulisan oleh mahasiswa perlu mendapatkan bimbingan dari seseorang dosen secara intensif.
G. Penghargaan
Peserta LKTM-LH yang terpilih sebagai pemenang/terbaik I,II dan III diberikan penghargaan berupa :
1. Piagam Penghargaan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi departemen Pendidikan Nasional
2. Bantuan dana Pembinaan
III. PENULISAN KARYA TULIS
A. Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan hendaknya berisi rancangan yang teratut sebagai berikut:
1. Bagian Awal
a. Halaman Judul
1. Judul diketik dengan huruf besar(kapital), hendaknya ekspresif, sesuai dan tepat dengan masalash yang ditulis dan tidak membuka peluang untuk penafsiran ganda.
2. Nama penulis dan nomor induk mahasiswa ditulis dengan jelas
3. Tahun Penulisan
4. Warna kulit muka luar disesuaikan dengan topik tulisan,yaitu :
? Biru untuk topik Lingkungan Bofisik dan Kimia
? Putih untuk topik Lingkungan Biotis
? Coklat untuk topik Lingkungan Sosial dan Budaya Kesehatan Nasional
b. Lembar Pengesahan
1. Lembar pengesahan memuat judul,nama penulis, dan nomor induk
2. Lemabr pengesahan ditandatangani oleh Dosen Pembimbing, dan Wakil Rektor III
3. Lembar pengesahan diberi tanggal sesuai dengan tanggal pengesahan
c. Kata Pengantar dari Penulis
d. Daftar isi dan daftar lain yang diperlukan seperti daftar gambar,daftar tabel dan daftar lampiran
e. Ringkasan karya tulis disusun sebanyak banyaknya dua halaman yang mencerminkan isi keseluruhan karya tulis, mulai dari latar belakang, tujuan, landasan teori yang mendukung, metoda penulisan, pembahasan, kesimpulan dan rekomendasi.
2. Bagian Inti
f. Pendahuluan
1. Perumusan masalah mencakup latar belakang tentang alasan mengangkat masalat tersebut menjadi karya tulis dan penjelasan tentang makna penting serta menariknya masalah tersebut untuk ditelaah
2. Uraian singkat mengenai gagasan kreatif yang ingin disampaikan
3. Mengandung pertanyaan yang akan dijawab melalui penulisan
4. Tujuan dan manfaat yang ingin dicapai melaui penulisan
g. Landasan Teori
Landasan Teori Berisi :
1. Uraian yang menunjukkan landasan teori dan konsep konsep yang relevan dengan masalah yang dikritisi /dibahas
2. Uraian mengenai pendapat orang lain yang berkaitan dengan cara mencari jalan keluar dari masalah yang diajukan
3. Uaraian mengenai implementasi kebijakan atau pengalaman-pengalaman yang sudah berhasil diterapkan pada tempat lain
h. Bagian Isi/Pembahasan
1. Analisis permasalahan didasarkan pada data dan?atau informasi serta telaaah pustaka untuk menghasilkan alternatif model serta telaah pustaka untuk menghasilkan alternatif model pemecahan masalah atau gagasan/ide yang kreatif,inovatif, idealis,logis dan dinamis serta realistis untuk dapat diimplementasikan
2. Simpulan harus konsisten dengan analisis permasalahan
3. Rekomendasi berupa transfer gagasan, langkah langkah kegiatan untuk menjawab permasalahan dan implemenatasinya di masyakat.
3. Bagian Akhir
a. Daftar pustaka ditulis untuk memberikan informasi sehingga pembaca dapat dengan mudah menemukan sumber yang disebutkan. Penulisan daftar pustaka untuk buku dimulai dengan menulis nama pengarang, tahun penerbitan, judul buku, tempat terbit dan nama penerbit. Penulisan daftar pustaka untuk jurnal dimulai dengan nama penulis, tahun, judul tulisan, nama jurnal, volume dn nomor halaman. Penulisan daftar pustaka yang diperoleh dari internet ditulis alamat web site-nya dan tanggal pengambilan informasi.
b. Daftar riwayat Hidup (biodata atau curriculum vitae) peserta minimal mencakup nama lengkap, tempat dan tanggal lahir,no telephon, yang pernah dibuat, penghargaan-penghargan ilmiah yang pernah diraih
c. Lampiran (ika diperlukan)
B. Persyaratan Penulisan
1. Naskah ditulis menggunakan Bahasa Indonesia yang baku, minimal 10 halaman dan maksimal 20 halaman. Jumlah halaman yang tidak sesuai dengan ketentuan jumlah halaman yang tidak sesuai dengan ketentuan jumlah halaman tersebut dapat mengurangi penilaian.
2. Bahasa Indonesia yang digunakan hendaknya baku dangan tata bahasa dan ejaan yang disempurnakan, sederhana, jelas, satu kesatuan, mengutamakan istilah yang mudah dimengerti, tidak menggunakan singkatan seperti tdk, tsb, yg,dgn dll,sbb.
C. Pengetikan
1. Tata Letak
a. Karya tulis diketik 1,5 spasi pada kertas berukuran A4, (font 12, Times New Roman style).
b. Batas pengetikan :
1. Samping kiri 4 cm
2. Samping kanan 3 cm
3. Batas atas dan bawah masing masing 3 cm
4. Batas pengetikan 2 cm pada bagian bawah
c. Jarak pengetikan, Bab, Sub-bab dan perinciannya
1. Jarak pengetikan antara Bab dan Sub-ban 3 spasi, Sub-bab dan kalimat di bawahnya 2 spasi
2. Judul Bab diketik di tengah tengah dengan huruf besar dan dengan jarak 4 cm dari tepi atas tanpa digaris-bawahi
3. Judul Sub-bab ditulis mulai dari sebelah kiri, huruf pertama setiap kata ditulis dengan huruf besar (huruf kapital), kecuali kata-kata tugas, seperti yang,dari, dan
4. Judul anak Sub bab ditulis mulai dari sebelah kiri dangan idensi 5 (lima) pukulan yang diberika garis bawah. Huruf pertama setiap kata ditulis dengan huruf (huruf kapital), kecuali kata-kata tugas, seperti yang,dari, dan
5. Jika masih ada sub judul dalam tingkatan yang lebih rendah, ditulis seperti pada butir (3) di atas, lalu diikuti oleh kalimat berikutnya.
2. Pengetikan Kalimat
Alinea baru diketik seabaris dengan baris di atasnya dengan jarak 2 spasi. Pengetikan kutipan langsung yang lebih dari 3 baris diketik 1 spasi menjorok ke dalam dan smuanya tanpa diberi tanda petik.
3. Penomoran Halaman
a. Bagian pendahuluan yang meliputi halaman judul, nama/daftar anggota kelopmpok, kata pengantar dan daftar isi memakai angka romawi kecil dan diketik sebelah kanan bawah (i,ii dan seterusnya).
b. Bagian tubuh/pokok sampai dengan bagian penutup memakai angka arap dan diketik dengan jarak 3 cm dari tepi kanan dan 1,5 cm dari tepi atas (1,2,3 dan seterusnya)
c. Nomor halaman pertama pertama dari tiap bab tidak ditulis tetapi tetap diperhitungkan.
IV. PENILAIAN
Penilaian karya tulis dilakukan oleh Tim Juri Nadional yang terdiri dari 5 (lima) orang pakar dalam bidang Pendidikan, Bahasa, Ilmu Sosial, Ilmu Lingkungan, dan Media masa. Adapun kriteria dan jumlah Tim Juri ditentukan oleh Direktur Akademik Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
Tim Juri berpedoman pada buku Pedoman yang dikeluarkan/diterbitkan secara resmi oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Peserta akan didiskualifikasi apabila tidak sesuai dengan ketentuan dan/atau pedoman yang telah ditentukan oleh panitia. Keputusan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
V. JADWAL KEGIATAN
Jadwal kegiatan presentasi Lomba Karya Tulis Mahasiswa Bidang Lingkungan Hidup dapat dilihat pada lampiran pedoman ini.
IV. PENUTUP
Pedoman ini diharapkan menjadi acuan bagi seluruh mahasiswa dan pembimbing di setiap perguruan tinggi yang akan mengikuti LKTM Bidang Lingkungan Hidup. Sehubungan dengan hal tersebut, Direktorat Jenderal Pendidikan tinggi mengharapakan agar pedoman ini dapat disebarluaskan dan digunakan di kalangan civitas akademi. Dukungan Perguruan tinggi akan sangat bermanfaat dalam membantu mensukseskan program LKTM Bidang Lingkungan Hidup ini.
Lampiran 1
FORMULIR PENILAIAN
KARYA TULIS LKTM BIDANG LINGKUNGAN HIDUP
Nomor Peserta :..........................................................................................
Nama Peserta : ..........................................................................................
Perguruan tinggi/fakultas :...........................................................................................
No Kriteria Penilaian Bobot Skor Skor Terbobot
1 Format Makalah
? Tata tulis, sistematika tulisan, ukuran kertas, tipografi kerapihan ketik, tata letak, jumlah halaman
5
2 Kreatifan Gagasan
? Keaslian gagasan, komprehensif, kreatif dan inovatif
? Kejelasan pengungkapan ide, sistematika pengungkapan ide dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar 20
(10)
(10)
3 Topik yang dikemukakan
? Kesuaian judul dengan nama, topik yang dipilih dan isi karya tulis
? Aktualisasi topik yang dipilih bagi masyarakat
? Manfaat topik yang dipilih bagi masyarakat dan/atau pengembangan keilmuan 5
4 Data dan sumber informasi :
? Keakuratan, kekinian data dan informasi serta kesesuaian dengan acuan yang digunakan
? Keterkaitan data dan informasi dengan pokok bahasan 10
(5)
(5)
5 Pembahasan,simpulan, dan trasnfer gagasan
? Kemampuan menganalisa dan mensintesis
? Kemampuan menyimpulkan bahasan
? Kemampuan memprediksi dan mentransfer gagasan untuk diadopsi 20
(10)
(5)
(5)
SKOR TERBOBOT TOTAL
(BS) MAKSIMAL : 600 60
................,...............
Juri,
(.................................)
catatan :
1. Skor yang diberikan 4 s.d 10
2. Skor terbobot = bobot X skor
Lampiran 2
FORMULIR PENILAIAN
PRESENTASI LKTM BIDANG LINGKUNGAN HIDUP
Nomor Peserta :..........................................................................................
Nama Peserta : ..........................................................................................
Perguruan tinngi/fakultas :...........................................................................................
No Kriteria Penilaian Bobot Skor Skor Terbobot
1 Penyajian :
? Istematika penyajian dan isi
? Alat bantu
? Penggunaan bahasa tutur yang baku
? Cara presentasi (sikap)
? Ketepatan waktu
15
2 Tanya Jawab :
? Kebenaran dan ketepatan jawaban
? Cara menjawab
? Keterbukaan peserta di dalam menjawab pertanyaan 25)
SKOR TERBOBOT TOTAL
(BS) MAKSIMAL : 600 40
................,...............
Juri,
(.................................)
catatan :
3. Skor yang diberikan 4 s.d 10
4. Skor terbobot = bobot X skor
Lampiran 3
PENJELASAN KRITERIA PENILAIAN
KARYA TULIS LKTM BIDANG LINGKUNGAN HIDUP
Kriteria Seleksi Penjelasan
Format Makalah Tata tulis dan semua unsur pengungkapan dipenuhi dengan cermat di seluruh naskah dan mengikuti pedoman LKTM Bidang Lingkungan Hidup 2006
Kreatifitas gagasan Gagasan bersifat asli diungkapkan secara menyeluruh dan terstruktur yang memperlihatkan keunikan dan keaslian gagasan yang didukung dangan argumentasi ilmiah yang jelas
Topik yang dikemukakan Topik dan isi karya tulis disesuaikan dengan judul tulisan, aktual, dan bermanfaat bagi masyarakat atau pengembangan keilmuan
Data dan informasi Data dan atau informasi yang dikumpulkan relevan dengan topik dari sumber resmi, baik diperoleh dari data primer (hasil survey) maupun dari data sekunder. Data dan informasi berhubungan satu sama lain dan mendukung uraian pembahasan/analisis serta sesuai dengan sumber acuannya
Pembahasan dan simpulan serta trasfer gagasan Bahasan mengandung unsur analisis, sintesis, rumusan simpulan. Diakhir tulisan disampaikan kemungkinan/prediksi transfer gagasan dan proses adopsi
Lampiran 4
PENJELASAN KRITERIA PENILAIAN
PRESENTASI LKTM BIDANG LINGKUNGAN HIDUP
Kriteria Seleksi Penjelasan
Penyajian Penyajian disampaikan secara sistematis, menyeluruh dalam waktu yang terkendali sesuai dengan selang waktu yang tersedia.
Penjelasan dilakukan menggunakan bahasa yang baku dengan sikap yang menarik dan menggunkan alat bantu yang disediakan
Tanya Jawab Pertanyaan diawab dengan benar dan tepat serta disertai rasa percaya diri.
Pertanyaan dan/atau masukan di jawab dan/atau ditanggapi secara terbuka dan kritis, terutama dalam menaggapi alternatif yang dikemukakan juri.
--
Shigenoi Haruki
LOMBA KARYA TULIS MAHASISWA BIDANG LINGKUNGAN HIDUP
I. PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Mahasiswa sebagai unsur perguruan tinggi perlu di dorong dalam mengembangkan dan mendewasakan dirinya untuk menjadi manusia pembangunan yang dapat mewujudkan masa depan bangsa dan Negara yang lebih baik. Sehubungan dengan itu, perguruan tinggi harus dapat mendukung pelaksanaan kebebasan mimbar akademik serta iklim yang kondusif untuk berkreatifitas dan berinovasi. Perguruan tinggi sebagai lembaga pendidikan sepatutnya selalu mendukung mahasiswa untuk mengembangkan pemikiran yang konstruktif dan kreatif baik dalam hal pengemabngan ilmu, teknologi dan /atay seni, maupun dalam pembangunan nasional secara menyeluruh.
Mahasiswa diharapkan tidak hanya menekuni ilmu dlam bidangnya saja, tetapi juga beraktifitas untuk mengembangkan kepribadian agar menjadi pemimpin yang berkwalitas di masa yang akan dating. Mahasiswa telah diberi peluang untuk mengikuti kegiatan baik di dalam kampus maupun di lingkungan masyarakat luar kampus. Pembinaan kemahasiswaan telah sedemikian rupa dijalankan, sehingga mahasiswa memiliki media untuk mengembangkan bakat dan minat serta berprestasi dalam berbagai hal.
Kehidupan kampus dikembangkan sebagai lingkungan akademik yang dinamis sessuai dengan disiplin ilmu dan profesinya, berwawasan budaya bangsa, bermoral Pancasila dan berkepribadian Indonesia.
Lingkungan hidup saat ini merupakan masalah global yang perlu mendapat perhatian seluruh lapisan masyarakat. Mahsiswa diharapkan mempunyai ketrampilan dalam menangani masalah masalah lingkungan hidup baik yang ada dilingkungannya, regional, maupun nasional. Untuk mencapai tujuan tersebut dapat dimulai dengan perlu dikembangkannya iklim kondusif untuk lebih sadar terhadap lingkungan. Salah satu cara untuk mengekspesikan diri sehingga peduli dan memahami lingkuangan adalah dengan cara menyampaikan ide kreatifnya melalui tulisan. Pengembangan budaya penulisan ilmiah dalam bidang lingkungan sebagai suatu bentuk penuangan ide, kreatifitas, inovasi dan ekspressi pemikiran terhadap lingkungan dapat di salurkan oleh mahasiswa.
Diharapkan dari kegiatan ini dapat menemukan benih benih mahasiswa yang mempunyai minat, keinginan dan keterampilan untuk menangani berbagai permasalahan lingkungan di daerahnya atau secara nasional.
B. Dasar.
Penyelengaraan LKTM Bidang Lingkungan Hidup dedasarkan pada:
1. UU No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nadional
2. UU No.25 Tahun 2002 tentang Program Pembangunan Nasional (Propenas)
3. PP No. 60. Tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi
4. Keputusan Mendiknas No 232/U/2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa
5. Keputusan Mendiknas No. 045/U/2002 tentang Kurikulum Inti Pendidikan Tinggi
C. Tujuan
1. Mengembangkan iklim akademik yang kondusif untuk meningkatkan kreatifitas mahasiswa perguruan tinggi di seluruh Indonesia
2. Memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan yang kreatif, inovatif, produktif, memiliki sikap ilmiah, dan profesional
3. Mengembangkan kemampuan mahasiswa untuk melakukan komunikasi secara ilmiah
4. Merangsang mahasiswa untuk dapat mengemukakakan gagasan tentang pelestarian lingkungan hidup.
5. mendorong mahasiswa agar lebih peduli dan terampil menangani masalah-masalah lilngkungan.
D. Hasil yng diharapakan
1. Meningkatkan peran mahasiswa di perguruan tinggi dalam mendorong pelestarian lingkungan hidup
2. Terciptanya suasana akademik di perguruan tinggi Indonesia dan meningkatnya kepedulaian, kemampuan, pengetahuan dan keterampilan mahasiswa terhadap lingkungan hidup
3. Terpilihnya karya tulis mahasiswa terbaik dalam bidang pelestarian lingkungan hidup
II. PENJELASAN UMUM
A. Definisi
Lomba Kerya Tulis Mahasiswa Bidang Lingkungan Hidup (LKTM-LH) merupakan tulisan berisi ide kreatif tentang lingkungan hidup yang disusun secara komprehensif berdasarkan data yang akurat, dianalisis secara komprehensif berdasarkan data yang akurat, dianalisis secara runtut, tajam dan diakhiri dengan kesimpulan yang relevan. Karya tulis di maksud bukan merupakan laporan hasil penelitian eksperimental.
B. Persyaratan Peserta
1. Peserta LKTM-LH adalah mahasiswa PTN/PTS yang sedang mengikuti program S0/S1
2. Peserta bersifat perseorangan
3. Dapat berasal dari berbagai disiplin ilmu (boleh berbeda atau sama dengan yang ditekuni oleh bersangkutan)
4. Karya tulis belum pernah dilombakan pada lomba lain di luar lingkup Ditjen Dikti
C. Proses dan Prosedur Seleksi
1. Karya tulis sebanyak 5 (lima) rangkap di kirimkan ke Direktorat Kemahasiswaan IPB.
2. Pengiriman karya tulis harus deiketahui oelh Wakil Rektor III
3. Seleksi dan penilaian dilaksanakan secara berjenjang yaitu babak kualifikasi dan babak kualifikasi final melaui proses :
a. Seleksi kelengkapan administasi
b. Penilaian pendahuluan/awal (penentuan 10 karya terbaik dari masing masing topik)
c. Penilaian babak final melalui presentasi (penentuan pemennag terbaik I,II dan III untuk masing masing topik)
4. Panitia tidak menerima surat menyurat, telepon dan faxcimil dalam proses seleksi
D. Tema dan Topik
Materi dan tulisan mengacu pada tema yaitu :
"Pelestarian Fungsi Lingkungan Hidup untuk Menunjang Peningkatan Daya saing Bangsa dalam Pembangunan Berkelanjutan"
Topik tulisan disesuaikan dangan tema, peserta dibebaskan untuk mencari dan/memilih topik yang dapat dipilih sendiri berdasarkan disiplin ilmu yang ditekuninya dan/atau disiplin ilmu yang berbeda. Secara umum topik yang dapat dipilih dikategorikan pada :
1. Lingkungan Biofisik dan Kimia
2. Lingkungan Biotis
3. Lingkungan Sosial Ekonomi dan Budaya Kesehatan Nasional
E. Sifat dan Isi Tulisan
Sifat dan isi tulisan harus memenuhi syarat syarat sebagai berikut :
1. Kreatif dan Objektif
a. Tulisan berisi gagasan yang kreatif mencari jalan keluar bagi permasalahan Lingkungan Hidup yang ada di Indonesia
b. Tulisan tidak bersifat emosional atau tidak menonjolkan permasalahan subjektif
c. Tulisan didukung oleh data dan/atau informasi terpercaya
d. Bersifat asli (bukan karya jiplakan) dan menjauhi duplikasi
e. Tulisan memuat inovasi inovasi tentang pendayagunaan Lingkungan Hidup secara arif, bijaksana dan meningkatkan kualitas kehidupan masyarkat Indonesia
2. Logis dan Sistematis
a. Tiap langkah penulisan dirancang secara sistematis dan runtut
b. Pada dasarnya karya tulis ilmiah memuat unsur unsur identifikasi masalah, analisis sintesis, kesimpulan dan sedapat mungkin memuat saran saran
3. Isi tulisan berdasarkan telaah pustaka dan hasil pengamatan/interview, tetapi bukan hasil penelitian eksperimental
4. Materi karya tulis tidak harus sejalan dengan bidang ilmu yang sedang ditekuni para penulis/mahasiswa
5. Materi karya tulis ilmiah merupakan isu mutakhir (current issues) atau aktual
F. Pembimbing
Setiap penulisan oleh mahasiswa perlu mendapatkan bimbingan dari seseorang dosen secara intensif.
G. Penghargaan
Peserta LKTM-LH yang terpilih sebagai pemenang/terbaik I,II dan III diberikan penghargaan berupa :
1. Piagam Penghargaan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi departemen Pendidikan Nasional
2. Bantuan dana Pembinaan
III. PENULISAN KARYA TULIS
A. Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan hendaknya berisi rancangan yang teratut sebagai berikut:
1. Bagian Awal
a. Halaman Judul
1. Judul diketik dengan huruf besar(kapital), hendaknya ekspresif, sesuai dan tepat dengan masalash yang ditulis dan tidak membuka peluang untuk penafsiran ganda.
2. Nama penulis dan nomor induk mahasiswa ditulis dengan jelas
3. Tahun Penulisan
4. Warna kulit muka luar disesuaikan dengan topik tulisan,yaitu :
? Biru untuk topik Lingkungan Bofisik dan Kimia
? Putih untuk topik Lingkungan Biotis
? Coklat untuk topik Lingkungan Sosial dan Budaya Kesehatan Nasional
b. Lembar Pengesahan
1. Lembar pengesahan memuat judul,nama penulis, dan nomor induk
2. Lemabr pengesahan ditandatangani oleh Dosen Pembimbing, dan Wakil Rektor III
3. Lembar pengesahan diberi tanggal sesuai dengan tanggal pengesahan
c. Kata Pengantar dari Penulis
d. Daftar isi dan daftar lain yang diperlukan seperti daftar gambar,daftar tabel dan daftar lampiran
e. Ringkasan karya tulis disusun sebanyak banyaknya dua halaman yang mencerminkan isi keseluruhan karya tulis, mulai dari latar belakang, tujuan, landasan teori yang mendukung, metoda penulisan, pembahasan, kesimpulan dan rekomendasi.
2. Bagian Inti
f. Pendahuluan
1. Perumusan masalah mencakup latar belakang tentang alasan mengangkat masalat tersebut menjadi karya tulis dan penjelasan tentang makna penting serta menariknya masalah tersebut untuk ditelaah
2. Uraian singkat mengenai gagasan kreatif yang ingin disampaikan
3. Mengandung pertanyaan yang akan dijawab melalui penulisan
4. Tujuan dan manfaat yang ingin dicapai melaui penulisan
g. Landasan Teori
Landasan Teori Berisi :
1. Uraian yang menunjukkan landasan teori dan konsep konsep yang relevan dengan masalah yang dikritisi /dibahas
2. Uraian mengenai pendapat orang lain yang berkaitan dengan cara mencari jalan keluar dari masalah yang diajukan
3. Uaraian mengenai implementasi kebijakan atau pengalaman-pengalaman yang sudah berhasil diterapkan pada tempat lain
h. Bagian Isi/Pembahasan
1. Analisis permasalahan didasarkan pada data dan?atau informasi serta telaaah pustaka untuk menghasilkan alternatif model serta telaah pustaka untuk menghasilkan alternatif model pemecahan masalah atau gagasan/ide yang kreatif,inovatif, idealis,logis dan dinamis serta realistis untuk dapat diimplementasikan
2. Simpulan harus konsisten dengan analisis permasalahan
3. Rekomendasi berupa transfer gagasan, langkah langkah kegiatan untuk menjawab permasalahan dan implemenatasinya di masyakat.
3. Bagian Akhir
a. Daftar pustaka ditulis untuk memberikan informasi sehingga pembaca dapat dengan mudah menemukan sumber yang disebutkan. Penulisan daftar pustaka untuk buku dimulai dengan menulis nama pengarang, tahun penerbitan, judul buku, tempat terbit dan nama penerbit. Penulisan daftar pustaka untuk jurnal dimulai dengan nama penulis, tahun, judul tulisan, nama jurnal, volume dn nomor halaman. Penulisan daftar pustaka yang diperoleh dari internet ditulis alamat web site-nya dan tanggal pengambilan informasi.
b. Daftar riwayat Hidup (biodata atau curriculum vitae) peserta minimal mencakup nama lengkap, tempat dan tanggal lahir,no telephon, yang pernah dibuat, penghargaan-penghargan ilmiah yang pernah diraih
c. Lampiran (ika diperlukan)
B. Persyaratan Penulisan
1. Naskah ditulis menggunakan Bahasa Indonesia yang baku, minimal 10 halaman dan maksimal 20 halaman. Jumlah halaman yang tidak sesuai dengan ketentuan jumlah halaman yang tidak sesuai dengan ketentuan jumlah halaman tersebut dapat mengurangi penilaian.
2. Bahasa Indonesia yang digunakan hendaknya baku dangan tata bahasa dan ejaan yang disempurnakan, sederhana, jelas, satu kesatuan, mengutamakan istilah yang mudah dimengerti, tidak menggunakan singkatan seperti tdk, tsb, yg,dgn dll,sbb.
C. Pengetikan
1. Tata Letak
a. Karya tulis diketik 1,5 spasi pada kertas berukuran A4, (font 12, Times New Roman style).
b. Batas pengetikan :
1. Samping kiri 4 cm
2. Samping kanan 3 cm
3. Batas atas dan bawah masing masing 3 cm
4. Batas pengetikan 2 cm pada bagian bawah
c. Jarak pengetikan, Bab, Sub-bab dan perinciannya
1. Jarak pengetikan antara Bab dan Sub-ban 3 spasi, Sub-bab dan kalimat di bawahnya 2 spasi
2. Judul Bab diketik di tengah tengah dengan huruf besar dan dengan jarak 4 cm dari tepi atas tanpa digaris-bawahi
3. Judul Sub-bab ditulis mulai dari sebelah kiri, huruf pertama setiap kata ditulis dengan huruf besar (huruf kapital), kecuali kata-kata tugas, seperti yang,dari, dan
4. Judul anak Sub bab ditulis mulai dari sebelah kiri dangan idensi 5 (lima) pukulan yang diberika garis bawah. Huruf pertama setiap kata ditulis dengan huruf (huruf kapital), kecuali kata-kata tugas, seperti yang,dari, dan
5. Jika masih ada sub judul dalam tingkatan yang lebih rendah, ditulis seperti pada butir (3) di atas, lalu diikuti oleh kalimat berikutnya.
2. Pengetikan Kalimat
Alinea baru diketik seabaris dengan baris di atasnya dengan jarak 2 spasi. Pengetikan kutipan langsung yang lebih dari 3 baris diketik 1 spasi menjorok ke dalam dan smuanya tanpa diberi tanda petik.
3. Penomoran Halaman
a. Bagian pendahuluan yang meliputi halaman judul, nama/daftar anggota kelopmpok, kata pengantar dan daftar isi memakai angka romawi kecil dan diketik sebelah kanan bawah (i,ii dan seterusnya).
b. Bagian tubuh/pokok sampai dengan bagian penutup memakai angka arap dan diketik dengan jarak 3 cm dari tepi kanan dan 1,5 cm dari tepi atas (1,2,3 dan seterusnya)
c. Nomor halaman pertama pertama dari tiap bab tidak ditulis tetapi tetap diperhitungkan.
IV. PENILAIAN
Penilaian karya tulis dilakukan oleh Tim Juri Nadional yang terdiri dari 5 (lima) orang pakar dalam bidang Pendidikan, Bahasa, Ilmu Sosial, Ilmu Lingkungan, dan Media masa. Adapun kriteria dan jumlah Tim Juri ditentukan oleh Direktur Akademik Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
Tim Juri berpedoman pada buku Pedoman yang dikeluarkan/diterbitkan secara resmi oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Peserta akan didiskualifikasi apabila tidak sesuai dengan ketentuan dan/atau pedoman yang telah ditentukan oleh panitia. Keputusan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
V. JADWAL KEGIATAN
Jadwal kegiatan presentasi Lomba Karya Tulis Mahasiswa Bidang Lingkungan Hidup dapat dilihat pada lampiran pedoman ini.
IV. PENUTUP
Pedoman ini diharapkan menjadi acuan bagi seluruh mahasiswa dan pembimbing di setiap perguruan tinggi yang akan mengikuti LKTM Bidang Lingkungan Hidup. Sehubungan dengan hal tersebut, Direktorat Jenderal Pendidikan tinggi mengharapakan agar pedoman ini dapat disebarluaskan dan digunakan di kalangan civitas akademi. Dukungan Perguruan tinggi akan sangat bermanfaat dalam membantu mensukseskan program LKTM Bidang Lingkungan Hidup ini.
Lampiran 1
FORMULIR PENILAIAN
KARYA TULIS LKTM BIDANG LINGKUNGAN HIDUP
Nomor Peserta :..........................................................................................
Nama Peserta : ..........................................................................................
Perguruan tinggi/fakultas :...........................................................................................
No Kriteria Penilaian Bobot Skor Skor Terbobot
1 Format Makalah
? Tata tulis, sistematika tulisan, ukuran kertas, tipografi kerapihan ketik, tata letak, jumlah halaman
5
2 Kreatifan Gagasan
? Keaslian gagasan, komprehensif, kreatif dan inovatif
? Kejelasan pengungkapan ide, sistematika pengungkapan ide dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar 20
(10)
(10)
3 Topik yang dikemukakan
? Kesuaian judul dengan nama, topik yang dipilih dan isi karya tulis
? Aktualisasi topik yang dipilih bagi masyarakat
? Manfaat topik yang dipilih bagi masyarakat dan/atau pengembangan keilmuan 5
4 Data dan sumber informasi :
? Keakuratan, kekinian data dan informasi serta kesesuaian dengan acuan yang digunakan
? Keterkaitan data dan informasi dengan pokok bahasan 10
(5)
(5)
5 Pembahasan,simpulan, dan trasnfer gagasan
? Kemampuan menganalisa dan mensintesis
? Kemampuan menyimpulkan bahasan
? Kemampuan memprediksi dan mentransfer gagasan untuk diadopsi 20
(10)
(5)
(5)
SKOR TERBOBOT TOTAL
(BS) MAKSIMAL : 600 60
................,...............
Juri,
(.................................)
catatan :
1. Skor yang diberikan 4 s.d 10
2. Skor terbobot = bobot X skor
Lampiran 2
FORMULIR PENILAIAN
PRESENTASI LKTM BIDANG LINGKUNGAN HIDUP
Nomor Peserta :..........................................................................................
Nama Peserta : ..........................................................................................
Perguruan tinngi/fakultas :...........................................................................................
No Kriteria Penilaian Bobot Skor Skor Terbobot
1 Penyajian :
? Istematika penyajian dan isi
? Alat bantu
? Penggunaan bahasa tutur yang baku
? Cara presentasi (sikap)
? Ketepatan waktu
15
2 Tanya Jawab :
? Kebenaran dan ketepatan jawaban
? Cara menjawab
? Keterbukaan peserta di dalam menjawab pertanyaan 25)
SKOR TERBOBOT TOTAL
(BS) MAKSIMAL : 600 40
................,...............
Juri,
(.................................)
catatan :
3. Skor yang diberikan 4 s.d 10
4. Skor terbobot = bobot X skor
Lampiran 3
PENJELASAN KRITERIA PENILAIAN
KARYA TULIS LKTM BIDANG LINGKUNGAN HIDUP
Kriteria Seleksi Penjelasan
Format Makalah Tata tulis dan semua unsur pengungkapan dipenuhi dengan cermat di seluruh naskah dan mengikuti pedoman LKTM Bidang Lingkungan Hidup 2006
Kreatifitas gagasan Gagasan bersifat asli diungkapkan secara menyeluruh dan terstruktur yang memperlihatkan keunikan dan keaslian gagasan yang didukung dangan argumentasi ilmiah yang jelas
Topik yang dikemukakan Topik dan isi karya tulis disesuaikan dengan judul tulisan, aktual, dan bermanfaat bagi masyarakat atau pengembangan keilmuan
Data dan informasi Data dan atau informasi yang dikumpulkan relevan dengan topik dari sumber resmi, baik diperoleh dari data primer (hasil survey) maupun dari data sekunder. Data dan informasi berhubungan satu sama lain dan mendukung uraian pembahasan/analisis serta sesuai dengan sumber acuannya
Pembahasan dan simpulan serta trasfer gagasan Bahasan mengandung unsur analisis, sintesis, rumusan simpulan. Diakhir tulisan disampaikan kemungkinan/prediksi transfer gagasan dan proses adopsi
Lampiran 4
PENJELASAN KRITERIA PENILAIAN
PRESENTASI LKTM BIDANG LINGKUNGAN HIDUP
Kriteria Seleksi Penjelasan
Penyajian Penyajian disampaikan secara sistematis, menyeluruh dalam waktu yang terkendali sesuai dengan selang waktu yang tersedia.
Penjelasan dilakukan menggunakan bahasa yang baku dengan sikap yang menarik dan menggunkan alat bantu yang disediakan
Tanya Jawab Pertanyaan diawab dengan benar dan tepat serta disertai rasa percaya diri.
Pertanyaan dan/atau masukan di jawab dan/atau ditanggapi secara terbuka dan kritis, terutama dalam menaggapi alternatif yang dikemukakan juri.
--
Shigenoi Haruki
Comments
Post a Comment