Linkbucks

Saturday, November 20, 2010

Beasiswa PPDS-BK dari DEPKES tahun 2008

Beasiswa PPDS-BK dari DEPKES tahun 2008 | nicopoundra.comnicopoundra.comApapun
yang terjadi, patut disyukuri.HomeAboutContactDownload PagePrivacy
PolicyAfirmasi Nico
Subscribe via Email
Beasiswa PPDS-BK dari DEPKES tahun 2008 | 2009 | 2010
Posted by NicoJune 30, 2008Barusan tadi malam ketemu ama ayuk residen waktu
jalan-jalan di mall bareng ortu, terus setelah sedikit reuni dan
berbincang-bincang saya dapat informasi kalau ternyata DEPKES sedang membuka
beasiswa. Pulang kerumah langsung deh browsing di internet dan menemukan
informasi Beasiswa PPDS-BK DEPKES ini. Pertama saya mampir ke situs resminya
PPDS FK UGM, lalu secara ga sengaja meluncur ke blognya mbak meity. Ohya, bagi
yang ingin mengikuti PTT pusat bisa baca informasinya dipostingan gua terdahulu
atau langsung melakukan pendaftaran registrasi online PTT pusat periode
September 2008 disini.
Beasiswa PPDS ini dikenal dgn PPDS-BK alias PPDS Berbasis Kompetensi (PPDS
DEPKES)
Menurut info yang gua dapat dari internet, untuk tahun 2008 ini ditargetkan
untuk 700 orang saja, namun karena kurangnya sosialisasi maka baru terlaksana
250 orang yang telah berhasil lulus dan mendapatkan beasiswa untuk periode Juli
2008 ini ( padahal yang ikutan seleksi 1.400 ). Kabarnya untuk tahun 2009 akan
diperbanyak menjadi 1700 PPDS diseluruh indonesia. Hal ini dilakukan DEPKES
untuk pemerataan Spesialis di daerah2 supaya tidak menumpuk diperkotaan. Namun
sayangnya Program ini tidak untuk selamanya. Hanya berlaku sampai 2010 saja.

Apa sih yang dimaksud dengan PPDS-BK (berbasis kompetensi)
PPDS yang mengikuti program ini akan sekolah berdasarkan MODUL yang berbasis
KOMPETENSI.
Jadi kalo si PPDS ini Smart dan Rajin, modulnya sudah bisa dikuasai lebih cepat,
maka bisa jadi masa studinya juga pendek. Trus bila sudah tingkat atas ( mungkin
Chief ), harus bersedia dikirim ke daerah "yang membutuhkan" untuk tugas selama
3 bulan.
Disana yaaa … operasi, tapi masih dalam pengawasan pendidikannya. Tapi dapet
"fasilitas" lumayan disana dan juga "uang saku" yang lebih dari cukup.
(Gosipnya nih ) Sejak awal masuk DEPKES akan membiayai SEMUA BIAYA selama
sekolah spesialis, termasuk UANG SUMBANGAN masuk, dan tiap bulan mendapat jumlah
yang disesuaikan oleh studinya masing2 ( ga tau berapa, tanya DEPKES ).
Namun sang PPDS akan terikat kontrak dengan DEPKES untuk bersedia di tempatkan
di area yang membutuhkan dokter spesialis, sesuai dengan PETA KEBUTUHAN yang ada
di DEPKES ( tanya lagi ke sono dimane aje penempatannye ) selama 2n … ( n=
lamanya masa studi kita ).
Trus … gosipnya lagi hanya untuk yang MAYOR2 aja. Namun, katanya MINOR juga
boleh.
Katanya juga cuma buat PNS aja …
Memang rata-rata kebanyakan adalah PNS daerah, karena katanya prosesnya cukup
rumit. Duhh…kebanyakan katanya yah…
ANGGARAN BANTUAN BIAYA TUGAS BELAJAR PPDS BK TAHUN AKADEMIK 2008
Total yang akan anda terima sebagai PPDS BK dalam 5 thn berjumlah : 359.200.000
I. SELEKSI PENERIMAAN CALON PESERTA TUBEL yang anda terima 11.200.000 dengan
rincian sbb :
a.formulir pendaftaran seleksi : 50rb
b.perjalanan dari daerah ke FK untuk seleksi :
- transport : 3 juta (1x)
- uang harian : 350 rb (x 4 hari ) = 1.400.000
- uang penginapan : 350 rb (x 4 hari ) = 1.400.000
c.seleksi akademik di FK : 2 juta (1x)
d.perjalanan dari daerah ke FK untuk pendidikan :
- transport : 3 juta (1x)
- uang harian : 350 rb (x 1 hari ) = 350 rb
II. PENDIDIKAN DI FK DAN RS PENDIDIKAN total yang diterima biaya perorangan
dalam 5 thn adalah 288.000.000, dgn rincian sbb :
a. SPP : 4 jt (x 2smt x 5 thn) = 40 jt
b. BOP atau Bantuan Operasional Pendidikan : 20 jt (x 2smt x 5 thn) = 200 jt
c. Buku dan Referensi :
- Text book, journal / literature : 500 rb (x 2smt x 5 thn) = 5 jt
- Langganan email, virtual library : 500 rb (x 2smt x 5 thn) = 5 jt
d. Kursus Wajib : 2.500.000 (x 8kali) = 20 jt
e. Karya Ilmiah :
- karya ilmiah jenjang 1 (thn pertama SM-2) : 5 jt (1x)
- karya ilmiah jenjang 2 (thn ke 3 SM- delapan) : 5 jt (1x)
f. Ujian akhir nasional ( jenjang 2 ) : 5 jt (1x)
g. Dana pengembangan kolegium : 50 rb (x 12bln x 5 thn) = 3 jt
III. TUNJANGAN BIAYA HIDUP (Sesuai standar biaya depkes 2007) : 60 jt dengan
rincian sbb : @ 1 jt (x 12 bln x 5 thn) = 60 jt
PROGRAM TUGAS BELAJAR ( TUBEL ) PPDS 2008
Pengambilan, pengiriman dan pengisian formulir pendaftaran dilaksanakan oleh
DEPKES dan Kadinkes Propinsi. Semua formulir sudah harus lengkap diterima oleh
DEPKES akhir Maret.
Ujian seleksi diharapkan dapat dilaksanakan pada bulan April dan hasil seleksi
sudah dapat diberitahukan kepada calon peserta pada bulan Mei, agar dapat
memulai pendidikannya pada bulan Juli.
Dalam menentukan hasil seleksi tidak boleh berdasarkan pada kapasitas
penerimaan, tetapi harus mengacu pada skor yang telah disepakati oleh setiap
program studi.
Peserta yang lulus tetapi tidak dapat diterima oleh karena keterbatasan tempat
agar dilaporkan ke kolegium program studi masing2 untuk dapat diatur
penempatannya pada pusat pendidikan yang lain.
Perluasan RS Jejaring Pendidikan serta diangkatnya dosen klinik diluar staf
fakultas diharapkan dapat meningkatkan kapasitas penerimaan masing2 program
studi.
Program TUBEL ini juga dapat berlaku untuk para residen yang sudah diterima :
Yang akan masuk pendidikan dan Yang sedang mengikuti pendidikan.
Usulan untuk mendapatkan bantuan biaya tugas belajar harus diajukan oleh
Kadinkes Propinsi berdasarkan usulan dari Dinkes Kab/Kota.
Mereka yang LULUS SELEKSI akademis disepakati untuk langsung diangkat sebagai
PNS Daerah.
Beasiswa PPDS-BK terbuka buat PNS n Non PNS, bahkan untuk PPDS yang telah masuk
duluan dan stase.
Untuk PPDS yang sudah stase, bisa menghubungi KPS-nya masing2 untuk lebih
jelasnya.
Kalo disini, UNBRAW, kita PPDS yang lama bisa mengajukan permohonan tersebut ke
KPS bagian, sekalian dengan daerah penempatan yang diinginkan ( tapi tetep
sesuai PETA KEBUTUHAN ).
Duhhh…serius amat bacanya, pasti sekarang kepalanya udah tuing-tuing tambah
pusing, terus makin banyak deh pertanyaan yang timbul. Untuk jelasnya silahkan
datang langsung ke DEPKES di daerah masing-masing.
Atau tunggui aja kabar selanjutnya mengenai informasi PPDS DEPKES 2008 di blog
ini ya, ntar jika ada informasi terbaru langsung gua posting lagi.
Keep pound
Sumber :
PPDS FK UGM
Blog Mba Meity

--
Shigenoi Haruki

No comments:

Post a Comment