Linkbucks

Friday, December 25, 2009

pedoman lktm 2004






PEDOMAN UMUM
LOMBA KARYA TULIS MAHASISWA






























DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN TINGGI
DIREKTORAT PEMBINAAN AKADEMIK DAN KEMAHASISWAAN
2004



KATA PENGANTAR

Lomba Karya Tulis Mahasiswa (LKTM) merupakan kegiatan kokurikuler untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam bentuk penyusunan karya tulis yang komunikatif, dan disampaikan dengan mengikuti kaidah ilmiah. Di era reformasi, era globalisasi, dan era persaingan bebas dunia, diperlukan beberapa terobosan untuk membangun iklim akademik yang kondusif di kampus dalam rangka meningkatkan kemampuan dan wawasan akademik mahasiswa.

Perubahan pengembangan pendidikan, yang semula berbasis kandungan isi menurut tatanan pohon ilmu (content-based) dilengkapi dengan berbasis kompetensi (competence-based) yang menitikberatkan pada proporsional peningkatan pengetahuan, keterampilan dan sikap, sehingga pada akhirnya lulusan memiliki kompetensi kepribadian dan kompetensi profesi. Kedua kompetensi ini sangat dibutuhkan di dunia kerja baik sebagai pekerja, pekerja mandiri, maupun bagi mereka yang terjun ke dunia bisnis. Untuk itu, proses pembelajaran tidak hanya mentransfer ilmu dan teknologi namun disertai dengan mengarahkan agar peserta didik menjadi peserta belajar yang aktif, penuh percaya diri dan memiliki keinginan untuk terus menerus belajar sepanjang hayat.

Dengan demikian diharapkan pada penyelenggaraan Lomba Karya Tulis Mahasiswa (LKTM) Tahun 2004 ini dapat lebih meningkatkan kreativitas mahasiswa, untuk menjawab perubahan pengembangan pendidikan seperti tersebut di atas, dengan mengarahkan para mahasiswa untuk senantiasa lebih aktif dalam proses pembelajaran.

Dengan diterbuitkannya pedoman ini diharapkan dapat dijadikan acuan atau penuntun bagi mahasiswa dalam mengikuti LKTM sehingga dimasa yang akan datang kualitas LKTM dapat lebih ditingkatkan.


Jakarta, Januari 2004
Direktur Pembinaan Akademik dan Kemahasiswaan,




Supeno Djanali







DAFTAR ISI
Halaman
Kata Pengantar i
Daftar Isi ii

I. PENDAHULUAN 1
A. Latar Belakang 1
B. Dasar 2
C. Tujuan 2
D. Hasil yang Diharapkan 2

II. PENJELASAN UMUM 3
A. Definisi 3
B. Bidang Ilmu yang Dilombakan 3
C. Persyaratan Peserta 3
D. Proses Seleksi 3
E. Tema dan Topik 4
F. Sifat dan Isi Tulisan 5
G. Pembimbing 5

III PENULISAN KARYA TULIS 6
A. Sistematika Penulisan 6
B. Persyaratan Penulisan 6
C. Pengetikan 8

IV. PENILAIAN 10
V. PENUTUP 11

Lampiran-lampiran :
1. Formulir Penilaian Karya Tulis Mahasiswa
2. Formulir Penilaian Presentasi Karya Tulis Mahasiswa
3. Penjelasan Kriteria Penilaian Karya Tulis Mahasiswa
4. Penjelasan Kriteria Penyajian/Presentasi














PEDOMAN UMUM
LOMBA KARYA TULIS MAHASISWA (LKTM)


I. PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Peraturan Pemerintah (PP) No. 60 Tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi antara lain menyatakan bahwa tujuan pendidikan tinggi adalah (1) menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan/atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan, dan/atau memperkaya khasanah ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian; (2) mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional.

Kehidupan kampus dikembangkan sebagai lingkungan akademik yang dinamis sesuai dengan disiplin ilmu dan profesinya, berwawasan budaya bangsa, bermoral Pancasila, dan berkepribadian Indonesia. Perguruan tinggi terus berupaya untuk lebih mampu menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengkajian di bidang ilmu dan teknologi, serta melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang bermanfaat bagi kemanusiaan dan sesuai dengan kebutuhan pembangunan. Dalam rangka pengembangan pendidikan, perguruan tinggi berupaya selalu mengikuti kebutuhan pengguna dan perkembangan dunia kerja. Salah satu diantaranya yaitu melalui perubahan kurikulum yang semula berbasis kandungan isi menurut tatanan pohon ilmu (content based) menurut Keputusan Mendikbud No 056/U/1994 ke kurikulum baru berbasis kompetensi (competence-based) menurut Keputusan Mendiknas No 232/U/2000 perubahan tersebut akan mengakibatkan perubahan terhadap kegiatan kurikuler dan kokurikuler. Kurikulum berbasis kompetensi memerlukan keterampilan dalam (1) berfikir secara kreatif, (2) mengambil keputusan, (3) mensolusikan masalah, (4) melihat sesuatu dalam bentuk the mind's eye, (5) mengetahui cara belajarnya dan (6) menyusun alasan secara gayut. Salah satu kegiatan kokurikuler yang perlu penyesuaian yaitu lomba karya tulis mahasiswa yang diharapkan dapat menampung gagasan kreatif mahasiswa dalam bentuk tulisan yang disajikan secara ilmiah, mengandung unsur penemukenalan masalah, pensolusian dan upaya transfer gagasan di masyarakat.

Berkaitan dengan itu, Direktorat Pembinaan Akademik dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional memandang perlu menyusun pedoman penulisan karya tulis yang dimaksud dengan acuan bagi mahasiswa yang akan mengikuti lomba karya tulis. Pedoman tahun 2004 ini merupakan hasil perbaikan dari Pedoman LKTM tahun 2002. Perbaikan difokuskan pada tema, pengelompokan bidang lomba dan jadwal perlombaan. Diharapkan dengan Pedoman tahun 2004, pelaksanaan lomba di perguruan tinggi, tingkat wilayah dan nasional dapat dilakukan dengan tertib dan lancar.

B. Dasar

Penyelenggaraan Lomba Karya Tulis Mahasiswa didasarkan pada :
1. UU No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
2. Peraturan Pemerintah No.60 Tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi
3. Keputusan Mendiknas No 232/U/2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa
4. Keputusan Mendiknas No.045/U/2002 tentang Kurikulum Inti Pendidikan Tinggi

C. Tujuan

Tujuan diselenggarakannya Lomba Karya Tulis Mahasiswa (LKTM) adalah :
1. Mengembangkan iklim akademis yang kondusif untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa
2. Meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam bentuk karya tulis yang komunikatif dan disampaikan mengikuti kaidah ilmiah
3. Mengembangkan penalaran mahasiswa untuk secara runtut dan analitis, mengkritisasi permasalahan kehidupan bermartabat umumnya dan permasalahan pembangunan berwawasan keberlanjutan khususnya serta mensintesakan berbagai pilihan penyelesaiannya,
4. Mengembangkan kemampuan untuk melakukan komunikasi secara ilmiah.

D. Hasil yang Diharapkan

Hasil yang diharapkan dari kegiatan LKTM adalah :
1. Terwujudnya suasana akademik di perguruan tinggi melalui penggalian ide, peningkatan kreativitas, kemampuan berkomunikasi secara ilmiah, dan terwujudnya sikap ilmiah, sikap profesional, dan kepedulian terhadap permasalahan yang berkembang di masyarakat;
2. Terpilihnya karya tulis mahasiswa terbaik dalam bidang ilmu pengetahuan alam, ilmu pengetahuan sosial, dan pendidikan


II. PENJELASAN UMUM

A. Definisi

Karya Tulis Mahasiswa merupakan tulisan berisi ide kreatif yang disusun secara komprehensif berdasarkan data akurat (terpercaya), dianalisis secara runtut, tajam dan diakhiri dengan kesimpulan yang relevan. Karya Tulis Mahasiswa yang dimaksud bukan merupakan laporan hasil penelitian eksperimental, yaitu penelitian yang memberikan perlakuan pada objek yang diamati.

B. Bidang Ilmu yang Dilombakan

Bidang yang dilombakan dalam Lomba Karya Tulis Mahasiswa meliputi tiga bidang, yaitu :
1. Bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
2. Bidang Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
3. Bidang Pendidikan

Bidang lomba dapat diikuti oleh setiap mahasiswa dan tidak dibatasi oleh bidang ilmu yang ditekuninya.

C. Persyaratan Peserta

1. Peserta Lomba Karya Tulis adalah mahasiswa perguruan tinggi negeri dan swasta yang sedang mengikuti program Diploma atau S1
2. Peserta dapat berkelompok 2-3 orang atau perseorangan
3. Anggota peserta kelompok dapat berasal dari berbagai disiplin ilmu
4. Peserta hanya diperkenankan untuk mengikuti satu bidang lomba
5. Peserta belum pernah mempresentasikan karya tulis yang sama pada lomba lain di luar dan di dalam lingkup Ditjen Dikti, kecuali pada rangkaian proses LKTM.

D. Proses Seleksi

Seleksi peserta dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat perguruan tinggi, wilayah, nasional, dengan urutan sebagai berikut :
1. Peserta LKTM yang terpilih sebagai juara I di tingkat perguruan tinggi negeri (PTN) berhak maju ke tingkat Wilayah
2. Peserta LKTM yang terpilih sebagai juara I di tingkat PTS berhak maju ke tingkat Kopertis. Juara I, II, dan III LKTM tingkat Kopertis berhak maju ke tingkat Wilayah
3. Juara I dan II LKTM tingkat Wilayah berhak maju ke tingkat Nasional

E. Tema dan Topik

Materi tulisan mengacu pada satu tema yaitu "Sumberdaya Manusia Indonesia Menuju Peningkatan Daya Saing Bangsa dalam Pembangunan Berkelanjutan"
Topik tulisan disesuaikan dengan bidang penulisan. Berikut ini beberapa alternatif topik yang dapat dipilih sebagai acuan penulisan berdasarkan bidangnya.

1. Bidang IPA
a. Pendayagunaan potensi biologi dan pertanian
b. Pendayagunaan teknologi sepadan
c. Pendayagunaan potensi mineral
d. Pendayagunaan potensi kelautan
e. Pendayagunaan potensi teknologi kesehatan bagi masyarakat
f. Pendayagunaan potensi teknologi informasi

2. Bidang IPS
a. Pengembangan kesadaran dan sistem hukum (nasional)
b. Pengembangan Tripartit (tiga serangkai) Pemerintah, BUMN dan Swasta
c. Pengembangan menuju masyarakat madani (civil society)
d. Pembinaan keluarga dalam menghadapi perubahan nilai sosial budaya
e. Peranan komunikasi massa dalam perubahan sosial budaya
f. Pengembangan pariwisata dan dampak sosialnya
g. Peningkatan kualitas kesehatan masyarakat

3. Bidang Pendidikan
a. Pengembangan kualitas sumberdaya manusia
b. Pengembangan pendidikan guru/dosen
c. Pengembangan pendidikan luar sekolah dan belajar berkelanjutan
d. Pengembangan kurikulum berbasis kompetensi

F. Sifat dan Isi Tulisan

Sifat dan isi tulisan harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut :
1. Kreatif dan Objektif
a. Tulisan berisi gagasan yang kreatif untuk mensolusikan suatu permasalahan yang berkembang di masyarakat yang merupakan hasil pemikiran secara divergen atau pemikiran yang terbuka
b. Tulisan tidak bersifat emosional atau tidak menonjolkan permasalahan subjektif
c. Tulisan didukung oleh data dan/atau informasi terpercaya
d. Bersifat asli (bukan karya jiplakan) dan menjauhi duplikasi

2. Logis dan Sistematis
a. Tiap langkah penulisan dirancang secara sistematis dan runtut
b. Pada dasarnya karya tulis ilmiah memuat unsur-unsur identifikasi masalah, analisis-sintesis, kesimpulan dan sedapat mungkin memuat saran-saran

3. Isi tulisan berdasarkan telaah pustaka dan hasil pengamatan/interview, tetapi bukan hasil penelitian eksperimental

4. Materi karya tulis tidak harus sejalan dengan bidang ilmu yang sedang ditekuni para penulis/mahasiswa

5. Materi karya ilmiah merupakan isu mutakhir (current issues) atau aktual

G. Pembimbing

Setiap kegiatan penulisan oleh mahasiswa baik yang bersifat perseorangan maupun kelompok perlu mendapat bimbingan dari seorang dosen secara intensif.


III. PENULISAN KARYA TULIS

A. Sistematika Penulisan

Sistematika penulisan hendaknya berisi rancangan yang teratur sebagai berikut :
1. Bagian Awal
a. Halaman Judul
1) Judul diketik dengan huruf besar, hendaknya ekspresif, sesuai dan tepat dengan masalah yang ditulis dan tidak membuka peluang untuk penafsiran ganda
2) Nama Penulis dan nomor induk mahasiswa ditulis dengan jelas
3) Perguruan tinggi asal ditulis dengan jelas
b. Lembaran Pengesahan
1) Lembar pengesahan memuat judul, nama penulis, dan nomor induk
2) Lembar pengesahan ditandatangani oleh Dosen Pembimbing, dan Wakil/Pembantu Rektor/Ketua/Direktur Bidang Kemahasiswaan lengkap dengan stempel perguruan tinggi
3) Lembar pengesahan diberi tanggal sesuai dengan tanggal pengesahan
c. Kata Pengantar dari Penulis
d. Daftar isi dan daftar lain yang diperlukan seperti daftar gambar, daftar tabel dan daftar lampiran
e. Ringkasan karya tulis disusun sebanyak-banyaknya dua halaman yang mencerminkan isi keseluruhan karya tulis, mulai dari latar belakang, tujuan, landasan teori yang mendukung, metoda penulisan, pembahasan, kesimpulan, dan rekomendasi
2. Bagian Inti
a. Pendahuluan
Bagian Pendahuluan berisi hal-hal sebagai berikut :
1) Perumusan masalah yang mencakup latar belakang tentang alasan mengangkat masalah tersebut menjadi karya tulis dan penjelasan tentang makna penting serta menariknya masalah tersebut untuk ditelaah
2) Uraian singkat mengenai gagasan kreatif yang ingin disampaikan
3) Mengandung pertanyaan yang akan dijawab melalui penulisan
4) Tujuan dan manfaat yang ingin dicapai melalui penulisan
b. Telaah Pustaka
Telaah Pustaka berisi :
1) Uraian yang menunjukkan landasan teori dan konsep-konsep yang relevan dengan masalah yang dikaji
2) Uraian mengenai pendapat yang berkaitan dengan masalah yang dikaji
3) Uraian mengenai pemecahan masalah yang pernah dilakukan
c. Metode Penulisan
Penulisan dilakukan mengikuti metode yang benar dengan menguraikan secara cermat cara/prosedur pengumpulan data dan/atau informasi, pengolahan data dan/atau informasi, analisis-sintesis, pengambilan simpulan, serta merumuskan saran atau rekomendasi.
d. Bagian Isi/Pembahasan
1) Analisis permasalahan didasarkan pada data dan/atau informasi serta telaah pustaka untuk menghasilkan alternatif model pemecahan masalah atau gagasan yang kreatif
2) Simpulan harus konsisten dengan analisis permasalahan
3) Saran disampaikan berupa kemungkinan atau prediksi transfer gagasan dan adopsi teknologi
3. Bagian Akhir
a. Daftar Pustaka ditulis untuk memberi informasi sehingga pembaca dapat dengan mudah menemukan sumber yang disebutkan. Penulisan daftar pustaka untuk buku dimulai dengan menulis nama pengarang, tahun penerbitan, judul buku, tempat terbit, dan nama penerbit. Penulisan daftar pustaka untuk jurnal dimulai dengan nama penulis, tahun, judul tulisan, nama jurnal, volume dan nomor halaman. Penulisan daftar pustaka yang diperoleh dari internet ditulis alamat web site-nya.
b. Daftar Riwayat Hidup (biodata atau curriculum vitae) peserta minimal mencakup nama lengkap, tempat tanggal lahir, karya-karya ilmiah yang pernah dibuat, penghargaan-penghargaan ilmiah yang pernah diraih
c. Lampiran (jika diperlukan)

B. Persyaratan Penulisan

1. Naskah ditulis minimal 20 halaman dan maksimal 35 halaman. Jumlah halaman yang tidak sesuai dengan ketentuan jumlah halaman tersebut dapat mengurangi penilaian

2. Bahasa Indonesia yang digunakan hendaknya baku dengan tata bahasa dan ejaan yang disempurnakan, sederhana, jelas, satu kesatuan, mengutamakan istilah yang mudah dimengerti, tidak menggunakan singkatan seperti tdk, tsb, yg, dgn, dii, dan sbb.

C. Pengetikan

1. Tata Letak
a. Karya tulis diketik 1,5 spasi pada kertas berukluran A4, (font 12, Times New Roman style)
b. Batas Pengetikan
1) Samping kiri 4 cm
2) Samping kanan 3 cm
3) Batas atas dan bawah masing-masing 3 cm
4) Batas pengetikan 2 cm pada bagian bawah
c. Jarak Pengetikan, Bab, Sub-bab dan perinciannya
1) Jarak pengetikan antara Bab dan Sub-bab 3 spasi, Sub-bab dan kalimat di bawahnya 2 spasi
2) Judul Bab diketik di tengah-tengah dengan huruf besar dan dengan jarak 4 cm dari tepi atas tanpa digarisbawahi
3) Judul Sub-bab ditulis mulai dari sebelah kiri, huruf pertama setiap kata ditulis dengan huruf besar (huruf kapital), kecuali kata-kata tugas, seperti yang, dari, dan
4) Judul anak Sub-bab ditulis mulai dari sebelah kiri dengan indensi 5 (lima) pukulan yang diberi garis bawah. Huruf pertama setiap kata ditulis dengan huruf besar (huruf kapital), kecuali kata-kata tugas seperti yang, dari, dan
5) Jika masih ada Sub judul dalam tingkatan yang lebih rendah, ditulis seperti pada butir (3) di atas, lalu diikuti oleh kalimat berikutnya.
2. Pengetikan Kalimat
Alinea baru diketik sebaris dengan baris di atasnya dengan jarak 2 spasi. Pengetikan kutipan langsung yang lebih dari 3 baris diketik 1 spasi menjorok ke dalam dan semuanya tanpa diberi tanda petik.
3. Penomoran Halaman
a. Bagian Pendahuluan yang meliputi halaman judul, nama/daftar anggota kelompok, kata pengantar dan daftar isi memakai angka romawi kecil dan diketik sebelah kanan bawah (I, ii dan seterusnya).
b. Bagian tubuh/pokok sampai dengan bagian penutup memakai angka arab dan diketik dengan jarak 3 cm dari tepi kanan dan 1,5 cm dari tepi atas (1,2,3 dan seterusnya)
c. Nomor halaman pertama dari tiap Bab tidak ditulis tetapi tetap diperhitungkan


IV. PENILAIAN

Penilaian Karya Tulis Mahasiswa dilakukan oleh Tim Juri. Adapun kriteria dan jumlah Tim Juri ditentukan oleh Direktur Pembinaan Akademik dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Ada dua kategori Tim Juri LKTM yaitu Tim Juri Tingkat Nasional dan Tim Juri Tingkat Wilayah.
Tim Juri setiap bidang LKTM Tingkat Wilayah paling sedikit berjumlah 3 (tiga) orang yang terdiri dari 2 (dua) orang Juri Tingkat Wilayah dan 1 (satu) orang Juri Tingkat Nasional.
Tim Juri setiap bidang LKTM Tingkat Wilayah ditentukan oleh perguruan tinggi penyelenggara. Salah seorang tim juri dapat ditunjuk dari perguruan tinggi penyelenggara.
Tim Juri LKTM Tingkat Nasional yang ditugaskan menjadi Tim Juri LKTM Wilayah ditentukan oleh Direktur Pembinaan Akademik dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Tim Juri LKTM Tingkat Nasional yang akan menilai makalah dan presentasi para finalis LKTM Nasional, berjumlah tiga orang yang berasal dari staf pengajar perguruan tinggi negeri dan swasta yang teruji kepakaran dalam bidang ilmunya dan memiliki pengalaman dalam menilai karya tulis mahasiswa. Tim juri ini ditetapkan melalui surat keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Setiap Tim Juri harus berpedoman pada buku Pedoman yang dikeluarkan/ diterbitkan secara resmi oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Peserta akan didiskualifikasi apabila menyerahkan naskah melewati batas waktu yang telah ditetapkan oleh panitia. Bagi pemenang yang berhasil mencapai urutan tertinggi dalam pelaksanaan LKTM baik di tingkat Perguruan Tinggi, Wilayah maupun Nasional akan diberi penghargaan oleh Panitia Pelaksana.

V. PENUTUP

Pedoman ini diharapkan menjadi acuan bagi seluruh mahasiswa di setiap perguruan tinggi yang akan mengikuti LKTM. Karya tulis yang dihasilkan perlu disebarluaskan dan dibaca oleh masyarakat luas sebagai karya pikir mahasiswa Indonesia, yang memiliki kepedulian terhadap pembangunan sumberdaya manusia untuk siap berkompetisi dan melakukan pembangunan berkelanjutan. Untuk ini, hasil karya tulis yang berhasil terseleksi dan dimajukan ke babak final direncanakan akan dipublikasikan melalui buletin ringkasan karya ilmiah yang diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan Akademik dan Kemahasiswaan yang akan disebarluaskan ke seluruh perguruan tinggi melalui web-site Dikti. Semoga pedoman ini bermanfaat bagi yang memerlukannya.

Jakarta, Januari 2004
Direktorat Pembinaan Akademik dan
Kemahasiswaan Ditjen Dikti Depdiknas
LAMPIRAN-LAMPIRAN

Formulir Penilaian Karya Tulis Mahasiswa
Nomor Peserta : ……………………………….
Nama Peserta : 1……………………………………………….
2………………………………………………..
3………………………………………………..
Perguruan Tinggi ……………………………………………………..
No Kriteria Penilaian Bobot Skor Skor Terbobot
1 Format Makalah :
- Tata tulis : ukuran kertas, tipografi, kerapihan ketik, tata letak, jumlah halaman.
- Pengungkapan : sistematika tulisan, ketepatan dan kejelasan ungkapan, bahasa baku yang baik dan benar 5
2 Kreativitas Gagasan :
- Komprehensif dan Keunikan
- Struktur gagasan (gagasan muncul didukung oleh argumentasi ilmiah) 15
3 Topik yang dikemukakan :
- Sifat topik, rumusan judul dan kesesuaian dengan ihwal bahasan, aktualitas
- Kejelasan uraian permasalahan
- Relevansi topik terhadap tema 5
4 Data dan sumber informasi
- Relevansi data dan informasi yang diacu dengan uraian tulisan
- Keakuratan dan integritas data dan informasi
- Kemampuan menghubungkan berbagai data dan informasi 15
5 Pembahasan, simpulan, dan transfer gagasan
- Kemampuan menganalisis dan mensintesis serta merumuskan simpulan
- Kemungkinan/prediksi transfer gagasan dan proses adopsi 20
SKOR TERBOBOT TOTAL
(BS) maksimal : 5400 60
………………..,………………….
Juri,



(…………………………………)

Catatan :
1. Nilai skor yang diberikan adalah lebih besar dari 40
2. Skor terbobot = bobot x nilai skor

Formulir Penilaian Presentasi Karya Tulis Mahasiswa
Nomor Peserta : ……………………………….
Nama Peserta : 1……………………………………………….
2………………………………………………..
3………………………………………………..
Perguruan Tinggi ……………………………………………………..
No Kriteria Penilaian Bobot Skor Skor Terbobot
1 Penyajian :
- Sistematika penyajian dan isi
- Alat Bantu
- Penggunaan bahasa tutur yang baku
- Cara presentasi (sikap)
- Ketepatan waktu. 15
2 Tanya jawab :
- Kebenaran dan ketepatan jawaban
- Cara menjawab
- Keterbukaan peserta dalam acara tanya jawab 25
SKOR TERBOBOT TOTAL
(BS) maksimal : 3600 40
………………..,………………….
Juri,



(…………………………………)

Catatan :
1. Nilai skor yang diberikan adalah lebih besar dari 40
2. Skor terbobot = bobot x nilai skor



Penjelasan Kriteria Penilaian Karya Tulis Mahasiswa
Kriteria Seleksi Penjelasan
Format Makalah Tata tulis dan semua unsur pengungkapan dipenuhi dengan cermat di seluruh naskah dan mengikuti pedoman LKTM tahun 2004
Kreatifitas gagasan Gagasan diungkapkan secara menyeluruh dan terstruktur yang memperlihatkan keunikan dan keaslian gagasan yang didukung dengan argumentasi ilmiah
Topik yang dikemukakan Topik aktual dan sesuai dengan tema lomba, judul menangkap perhatian, dan terdapat kejelasan tentang topik
Data dan informasi Data dan/atau informasi yang dikumpulkan relevan dengan topik dan diperoleh dari sumber resmi, baik diperoleh dari data primer (hasil survey) maupun dari data sekunder. Data dan informasi berhubungan satu sama lain dan mendukung uraian pembahasan/ analisis
Pembahasan dan simpulan serta transfer gagasan Bahasan mengandung unsur analisis, sintesis, rumusan simpulan. Di akhir tulisan disampaikan kemungkinan/ prediksi transfer gagasan dan proses adopsi

Penjelasan Kriteria Penilaian Karya Tulis Mahasiswa
Kriteria Seleksi Penjelasan
Penyajian Penyjian disampaikan secara sistematis, menyeluruh dalam waktu yang terkendali sesuai dengan selang waktu yang tersedia.
Penjelasan dilakukan menggunakan bahasa yang baku dengan sikap yang menarik dan menggunakan alat bantu yang disediakan.
Tanya jawab Pertanyaan dijawab dengan benar dan tepat serta disertai rasa percaya diri.
Pertanyaan dan/atau masukan dijawab dan/atau ditanggapi secara terbuka dan kritis, terutama dalam menanggapi alternatif yang dikemukakan juri


JADWAL KEGIATAN
PRESENTASI LOMBA KARYA TULIS MAHASISWA TAHUN 2004

No Uraian Kegiatan Bulan
01 02 03 04 05 06 07 08
1 Penyempurnaan Pedoman
2 Pencetakan Pedoman 2004
3 Distribusi pedoman dan sosialisasi Pedoman 2004
4 Penulisan/Penyusunan karya tulis mahasiswa di PT
5 Seleksi tingkat PT/Kopertis
6 Pengiriman Pemenang I Tk PTN dan I-II-III Tk Kopertis ke LKTM Wilayah
7 Seleksi LKTM Tingkat Wilayah
8 Pengiriman Nama dan Karya Tulis Pemenang I-II Tk Wilayah ke Ditjen Dikti
9 Presentasi Finalis LKTM Tk Nasional
10 Laporan
Catatan : Jadwal kegiatan bersifat tentatif

Jakarta, Januari 2004
Dit PA&K Ditjen Dikti
Depdiknas














--
Shigenoi Haruki

No comments:

Post a Comment