Linkbucks

Friday, December 25, 2009

panduan pkm






PANDUAN

PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA

( PKM )











DIREKTORAT PENELITIAN
DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN TINGGI
DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
JAKARTA
2006





I. PENJELASAN UMUM


Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan salah satu bentuk upaya yang ditempuh oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DP2M), Ditjen Dikti dalam meningkatkan kualitas peserta didik (mahasiswa) di perguruan tinggi agar kelak dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan/atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan meyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian serta memperkaya budaya nasional. Program Kreativitas Mahasiswa dilaksanakan pertama kali pada tahun 2001, yaitu setelah dilaksanakannya program restrukturisasi di lingkungan Ditjen Dikti. Kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang selama ini sarat dengan partisipasi aktif mahasiswa, diintegrasikan ke dalam satu wahana yang diberi nama Program Kreativitas Mahasiswa.
Program Kreativitas Mahasiswa dikembangkan untuk mengantarkan mahasiswa mencapai taraf pencerahan kreativitas dan inovasi berlandaskan penguasaan sains dan teknologi serta keimanan yang baik. Dalam rangka mempersiapkan diri menjadi pemimpin yang cendekiawan, wirausahawan, mandiri dan arif, mahasiswa diberi peluang untuk mengimplementasikan kemampuan, keahlian, sikap tanggungjawab, membangun kerjasama tim maupun mengembangkan kemandirian melalui kegiatan yang kreatif dalam bidang ilmu yang ditekuni
Ada lima jenis kegiatan yang ditawarkan dalam Program Kreativitas Mahasiswa, yaitu empat jenis PKM yang merupakan program kegiatan fisik yang diusulkan untuk dibiayai dan satu jenis PKM yang merupakan program kegiatan penulisan ilmiah dalam bentuk pengajuan artikel ilmiah hasil karya mahasiswa yang diusulkan untuk mendapatkan hadiah atau insentif. Keempat jenis PKM yang pertama meliputi PKM Penelitian (PKMP), PKM Penerapan Teknologi (PKMT), PKM Kewirausahaan (PKMK), dan PKM Pengabdian Masyarakat (PKMM). Panduan ini berlaku untuk keempat PKM ini. Jenis PKM yang kelima adalah PKM Penulisan Ilmiah (PKMI) yang dijelaskan dalam panduan tersendiri (lihat Panduan khusus PKMI).
Program Kreativitas Mahasiswa diberikan oleh Direktorat P2M, Ditjen Dikti kepada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dengan pola pembinaan melalui penyediaan dana yang bersifat kompetitif, akuntabel dan transparan. Kriteria mengenai inti kegiatan seperti materi kegiatan, strata pendidikan, jumlah anggota, dosen pendamping, alokasi biaya, laporan akhir, dan luaran dari kelima kegiatan dalam PKM disajikan Tabel 1.

Tabel 1. Kriteria Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)
NO. KRITERIA JENIS KEGIATAN
PKMP PKMT PKMK PKMM PKMI
1 Inti Kegiatan Karya kreatif, inovatif dalam penelitian Karya kreatif, inovatif dalam menciptakan karya teknologi Karya kreatif, inovatif dalam membuka peluang usaha Karya kreatif, inovatif dalam membantu masyarakat Karya kreatif, dalam penulisan artikel ilmiah
2 Materi kegiatan Sesuai bidang ilmu, lintas bidang dianjurkan Sesuai bidang ilmu, lintas bidang dianjurkan Semua bidang ilmu atau yang relevan Semua bidang ilmu atau yang relevan Karya kelompok yang telah dilaksanakan
3 Strata Pendidikan Diploma, S1 Diploma, S1 Diploma, S1 Diploma, Si Diploma, S1
4 Jumlah Anggota 3-5 orang 3-5 orang 3-5 orang 3-5 orang 3-5 orang
5 Alokasi Pendanaan Biaya Maks
Rp 6.000.000 Biaya Maks
Rp 6.000.000 Biaya Maks
Rp 6.000.000 Biaya Maks
Rp 6.000.000 Hadiah/Insentif
Rp 1.500.000
6 Laporan Akhir Hasil Kerja Hasil Kerja Hasil Kerja Hasil Kerja Artikel
7 Luaran Artikel, paten Paten, model desain, piranti lunak, jasa Barang dan jasa komersial Jasa, desain, barang Publikasi di jurnal ilmiah

Perbedaan kelima jenis kegiatan PKM menimbulkan konsekuansi teknis pelaksanaan yang berlainan. Berikut adalah karakteristik dari masing-masing PKM:
• PKM Penelitian (PKMP) merupakan kreativitas yang inovatif dalam menemukan hasil karya melalui penelitian pada bidang profesi masing-masing. Kreativitas penemuan gagasan, ketepatan metode penelitian dan sumbangan berupa informasi bagi kemajuan ilmu pengetahuan merupakan pertimbangan utama.
• PKM Penerapan Teknologi (PKMT) merupakan kreativitas yang inovatif dalam menciptakan suatu karya teknologi (prototipe, model, peralatan, proses) yang dibutuhkan oleh suatu kelompok masyarakat (kelompok tani, industri kecil, pengusaha/pedagang kecil, koperasi atau kelompok produktif lain) yang akan dijadikan mitra kerja. PKMT mewajibkan mahasiswa bertukar pikiran dengan mitra, karena produk PKMT merupakan solusi atas persoalan yang diprioritaskan mitra. Dasar teknologi yang akan diterapkan sudah tersedia, bukan dicari melalui penelitian dalam program ini. Namun demikian untuk penyesuaian bisa dilakukan kalibrasi dan uji coba seperlunya dalam rangka adaptasi.
• PKM Kewirausahaan (PKMK) merupakan kreativitas penciptaan ketrampilan berwirausaha dan berorientasi pada profit, umumnya didahului oleh survai pasar, karena relevansinya yang tinggi terhadap terbukanya peluang perolehan profit bagi mahasiswa. Perlu ditegaskan di sini bahwa penciptaan ketrampilan berusaha yang dimaksud adalah untuk mahasiswa pengusul PKMK, begitu juga pelaku aktivitas usaha/bisnis yang didanai dalam PKMK adalah kelompok mahasiswa pengusul PKMK. Kelompok mahasiswa pengusul sebagai wirausahawan baru bisa menjalin kerjasama dengan kelompok masyarakat produktif, namun tidak dana PKMK tidak dimaksudkan untuk membantu peningkatan ekonomi kelompok masyarakat tertentu. Dalam PKMK sama sekali tidak diijinkan dilakukannya penelitian/ percobaan untuk mencari temuan.
• PKM Pengabdian kepada Masyarakat (PKMM) merupakan kreativitas yang inovatif dalam melaksanakan program membantu masyarakat, yaitu program yang mampu memberikan peningkatan kecerdasan, keterampilan, dan pengetahuan masyarakat seperti penataan dan perbaikan lingkungan, pelatihan keterampilan kelompok masyarakat, pengembangan kelembagaan masyarakat, penciptaan karya seni dan olah raga, dll. PKMM menuntut ditetapkannya masyarakat sasaran strategis dan persoalannya sebelum menyusun proposal. Pengetahuan atau teknologi yang akan digunakan dalam kegiatan pengabdian sudah harus dikenal dan dikuasai. Tidak ada kegiatan penelitian dalam PKMM.
• PKM Penulisan Ilmiah (PKMI) merupakan kegiatan penulisan ilmiah dari suatu hasil karya mahasiswa dalam pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (praktek lapang, KKN, PKM, magang, dll). Usulan PKMI berupa artikel ilmiah yang siap cetak dan tulisan yang dibuat berasal dari hasil karya mahasiswa peserta yang telah selesai dilaksanakan. Penjelasan lengkap PKMI dapat dilihat dalam Panduan PKMI yang diterbitkan tersendiri.

Mengingat luasnya bidang keilmuan yang ada serta topik dapat sangat menyebar, untuk memudahkan evaluasi dan alokasi evaluator maka mulai tahun 2006 pengajuan usulan PKM dalam setiap jenis PKM dikelompokkan lagi ke dalam tujuh kelompok bidang ilmu, yaitu:
1. Bidang Kesehatan, yang meliputi: Farmasi, Gizi, Kebidanan, Kedokteran, Kedokteran Gigi, Keperawatan, Kesehatan Masyarakat, Psikologi.
2. Bidang Pertanian, yang meliputi: Kedokteran Hewan, Kehutanan, Kelautan, Perikanan, Pertanian, Peternakan, Teknologi Pertanian.
3. Bidang MIPA, yang meliputi: Astronomi, Biologi, Geografi, Fisika, Kimia, Matematika.
4. Bidang Teknologi dan Rekayasa, yang meliputi: Informatika, Teknik, Teknologi Pertanian.
5. Bidang Sosial Ekonomi, yang meliputi : Agribisnis (Pertanian), Ekonomi, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.
6. Bidang Humaniora, yang meliputi : Agama, Bahasa, Budaya, Filsafat, Hukum, Sastra, Seni.
7. Bidang Pendidikan, yang meliputi Program Studi Ilmu-Ilmu Pendidikan di bawah Fakultas Kependidikan.

Untuk program studi lain yang belum termasuk dalam pengelompokan bidang ilmu di atas, pengusul dapat memilih kelompok bidang ilmu yang terdekat. Perlu diketahui bahwa pengelompokan bidang ilmu tersebut tidak ada hubungannya dengan kuota kebidangan, tetapi akan digunakan sebagai salah satu dasar pertimbangan kedekatan bidang evaluator dengan usulan yang dievaluasi dan dalam penjurian Pekan Ilmiah Ma¬hasiswa Nasional (Pimnas) bidang PKM.
Proposal yang disusun mahasiswa sesuai format dan sistematika yang telah ditetapkan dapat diajukan ke DP2M secara kolektif oleh perguruan tinggi setelah disahkan pembantu/Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan. Bagi mahasiswa yang berasal dari PTS, harus memberikan surat tembusan kepada Kopertis.
Dari seluruh usulan yang disetujui untuk didanai, Dikti akan memilih kelompok program yang layak diundang sebagai peserta Seminar Program Kreativitas Mahasiswa Tingkat Nasional berdasarkan hasil monitoring dan Laporan Akhir Program. Penghargaan akan diberikan kepada program yang inovatif, merang¬sang pengembangan diri, dan berdampak luas untuk manfaat ilmu pengetahuan dan atau masya¬rakat. Kegiatan ini dikoordinasikan dalam kegiatan Pekan Ilmiah Ma¬hasiswa Nasional. Secara detil, tahapan proses serta waktu penyampaian usulan sampai penyusunan laporan akhir dan presentasi di Pekan Ilmiah Ma¬hasiswa Nasional dapat dilihat pada Lampiran 10.






II. PERSYARATAN DAN ATURAN PENYUSUNAN USULAN

A. Persyaratan Administratif
1. Peserta Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) adalah kelompok mahasiswa yang sedang mengikuti program pendidikan S1 atau Diploma secara aktif. Mahasiswa pengusul dapat berasal dari berbagai program studi yang berbeda atau dari satu program studi yang sama, bergantung pada bidang kegiatan dan topik yang akan dilaksanakan, namun masih dalam satu perguruan tinggi yang sama. Keanggotaan mahasiswa berasal dari minimal 2 (dua) angkatan yang berbeda.
2. Seorang mahasiswa hanya dibenarkan masuk dalam satu kelompok pengusul PKM yang disetujui untuk didanai. Hal ini didasarkan pada kewajaran alokasi waktu bagi pelaksanaan kegiatan PKM dan kegiatan belajar mahasiswa, serta pelibatan mahasiswa sebanyak mungkin.
3. Seorang dosen pembimbing/pendamping hanya diperkenankan membimbing maksimum 3 (tiga) judul/kelompok pelaksana PKM.
4. Usulan PKM diberi sampul sesuai dengan Lampiran 1.
5. Menyertakan halaman pengesahan institusi pengusul sesuai Lampiran 2.
6. Pengajuan usulan dilakukan secara kolektif oleh perguruan tinggi. Bagi mahasiswa yang berasal dari PTS, harus memberikan surat tembusan pada Kopertis.
7. Setiap usulan yang mencantumkan dana pendamping harus menyertakan Surat Pernyataan Pembiayaan (dengan meterai yang berlaku) dari instansi yang menyediakan dana pendamping tersebut.
8. Setiap usulan yang menyatakan kerjasama dengan suatu mitra dalam kegiatan yang akan dilaksanakan (mitra usaha dalam kewirausahaan, mitra penerima teknologi dalam penerapan teknologi, atau mitra penerima manfaat dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat) harus menyertakan Surat Pernyataan Kesediaan Bekerjasama (dengan meterai yang berlaku) dari pihak mitra yang disebutkan.
9. Usulan yang dinyatakan lolos akan diumumkan di Situs Web Dikti dan melalui pengiriman surat ke setiap perguruan tinggi. Dalam surat pemberitahuan akan diberikan keterangan/saran perbaikan yang harus dilakukan bagi setiap usulan yang dinyatakan lolos. Bagi pengusul yang usulannya memerlukan perbaikan, pengusul diwajibkan untuk memperbaiki usulan sesuai saran dan mengirimkan usulan yang telah diperbaiki paling lambat 3 minggu setelah diumumkan (lihat Lampiran 10). Usulan yang telah direvisi dijilid dengan kulit muka warna putih dan format seperti usulan sebelumnya tapi diberi tulisan "REVISI" pada sudut kiri atas.

B. Aturan Penulisan Usulan
1. Usulan ditulis mengikuti sistematika penulisan seperti yang diberikan dalam buku panduan ini. Perhatikan perbedaan mendasar dari masing-masing PKM.
2. Bahasa Indonesia yang digunakan hendaknya baku dengan tata bahasa dan ejaan yang disempurnakan, sederhana, dan jelas.
3. Bagian kelengkapan administratif yang meliputi halaman judul, nama/daftar anggota kelompok, halaman pengesahan, diberi nomor halaman menggunakan angka romawi kecil dan diketik di sebelah kanan bawah (i, ii, dan seterusnya).
4. Bagian utama (naskah artikel) diberi nomor halaman menggunakan angka arab yang dimulai dengan nomor halaman 1 (satu) dan diketik di sebelah kanan atas.
5. Tabel diberi judul dengan penomoran tabel sesuai dengan urutan kemunculannya dalam naskah. Judul tabel ditulis di atas tabel dengan nomor tabel menggunakan angka arab.
6. Gambar baik dalam bentuk grafik maupun foto diberi judul dengan penomoran gambar sesuai dengan urutan kemunculannya dalam naskah. Judul gambar ditulis di bawah gambar dengan nomor gambar menggunakan angka arab.
7. Khusus PKMP dan PKMT, penulisan pustaka (penyebutan sumber pustaka dalam naskah serta penulisan daftar pustaka) hendaknya mengikuti aturan penulisan yang berlaku, yaitu mengikuti sistem Vancouver atau sistem Harvard (contoh bisa dilihat dalam panduan khusus PKMI).












III. SISTEMATIKA DAN FORMAT USULAN

Tanpa mengurangi kreativitas dari pengusul, usulan hendaknya ditulis dengan mengikuti sistematika sebagai berikut:
a) Judul Program
b) Latar Belakang Masalah
c) Perumusan Masalah
d) Tujuan Program
e) Luaran Yang Diharapkan
f) Kegunaan Program
g) Tinjauan Pustaka (untuk PKM Penelitian dan Penerapan Teknologi), Gambaran Umum Rencana Usaha (ulasan mengenai hasil survai pasar atau survai kelayakan usaha untuk kegiatan kewirausahaan yang direncanakan dalam PKMK), Gambaran Umum Masyarakat Sasaran (untuk PKMM)
h) Metode Pelaksanaan Program
i) Jadwal Kegiatan Program
j) Nama dan Biodata Ketua serta Anggota Kelompok
k) Nama dan Biodata Dosen Pendamping
l) Biaya
m) Daftar Pustaka (untuk PKMP dan PKMT)
n) Lampiran

a. Judul Program
Judul kegiatan PKM hendaklah singkat dan spesifik, tetapi cukup jelas memberi gambaran mengenai kegiatan PKM yang diusulkan.

b. Latar Belakang Masalah
Kegiatan PKMP dilakukan untuk menjawab keingintahuan mahasiswa untuk mengungkapkan suatu kreativitas/gejala/konsep/dugaan atau menerapkannya untuk suatu tujuan. Kemukakan hal-hal yang mendorong atau argumentasi pentingnya dilakukan kegiatan yang diusulkan. Uraikan proses dalam mengidentifikasi masalah yang akan dicari solusinya. Khusus PKMK, uraikan proses dalam mengidentifikasi peluang usaha. Untuk PKMP dan PKMT, dengan merujuk dari berbagai sumber pustaka, pandangan singkat dari para penulis/peneliti lain yang pernah melakukan pembahasan topik terkait dapat dikemukakan di sini. Gambarkan secara kuantitatif potret, profil dan kondisi khalayak sasaran yang akan dilibatkan dalam kegiatan PKMT, PKMK maupun PKMM. Gambarkan pula kondisi dan potensi wilayah dari segi fisik, sosial, ekonomi maupun lingkungan yang relevan dengan kegiatan yang akan dilakukan

c. Perumusan Masalah
Rumuskan dengan jelas permasalahan yang ingin diteliti atau dipecahkan. Uraikan pendekatan dan konsep untuk menjawab masalah yang diteliti, hipotesis yang akan diuji, dugaan yang akan dibuktikan, masalah yang akan dicari penyelesaiannya, atau peluang usaha yang akan diraih. Dalam perumusan masalah dapat dijelaskan definisi, asumsi, dan lingkup yang menjadi batasan kegiatan PKM. Uraian perumusan masalah tidak harus dalam bentuk pertanyaan.

d. Tujuan Program
Berikan pernyataan singkat mengenai tujuan kegiatan PKMP. Kegiatan PKMP dapat bertujuan untuk menjajagi, menguraikan, menerangkan, membuktikan atau menerapkan suatu gejala, konsep atau dugaan, atau membuat suatu model. Rumuskan tujuan yang akan dicapai secara spesifik yang merupakan kondisi baru yang diharapkan terwujud setelah kegiatan PKMT, PKMK maupun PKMM selesai. Rumusan tujuan hendaknya jelas dan dapat diukur.

e. Luaran yang Diharapkan
Luaran kegiatan PKM mengacu pada Tabel 1.

f. Kegunaan Program
Sebutkan manfaat yang akan diperoleh bagi khalayak sasaran, dari sisi ekonomi maupun Ipteks, apabila perubahan kondisi terjadi setelah kegiatan PKM selesai.

g. Tinjauan Pustaka (untuk PKMP dan PKMT)
Usahakan pustaka terbaru, relevan dan asli dari jurnal ilmiah. Uraikan dengan jelas kajian pustaka yang menimbulkan gagasan dan mendasari kegiatan PKM yang akan dilakukan. Tinjauan Pustaka menguraikan teori, temuan, dan bahan penelitian lain yang diperoleh dari acuan, yang dijadikan landasan untuk melakukan kegiatan PKM yang diusulkan. Uraian dalam Tinjauan Pustaka dibawa untuk menyusun kerangka atau konsep yang akan digunakan dalam kegiatan PKM. Tinjauan Pustaka mengacu pada Daftar Pustaka.




g. Gambaran Umum Rencana Usaha (untuk PKMK)
Uraikan kondisi umum lingkungan yang menimbulkan gagasan menciptakan kegiatan usaha. Gambaran mengenai potensi sumberdaya dan peluang pasar termasuk analisis ekonomi usaha yang direncanakan disajikan secara singkat untuk menunjukkan kelayakan usaha. Gambaran usaha yang direncanakan harus menjanjikan perolehan profit untuk menjamin peluang keberlanjutan usaha setelah kegiatan PKMK selesai dilaksanakan.

g. Gambaran Umum Masyarakat Sasaran (untuk PKMM)
Penjelasan mengenai kondisi masyarakat sasaran yang akan menerima kegiatan pengabdian harus diberikan secara konkrit. Uraian permasalahan yang dihadapi masyarakat yang membutuhkan bantuan pemecahannya, serta berikan gambaran solusi yang ditawarkan termasuk teknologi yang akan digunakan. Hindari usulan kegiatan percobaan dalam PKMM.

h. Metode Pelaksanaan Program
Uraikan metode yang digunakan dalam pelaksanaan program secara rinci. Khusus untuk PKMP dapat diganti dengan Metode Penelitian. Uraian untuk PKMP dapat meliputi variable dalam penelitian, model yang digunakan, rancangan penelitian, teknik pengumpulan data dan analisis data, cara penafsiran dan penyimpulan hasil penelitian. Uraian untuk PKMT, PKMK dan PKMM dilakukan untuk menjelaskan metode yang digunakan untuk mencapai tujuan yang telah dicanangkan dalam butir (d).

i. Jadwal Kegiatan Program
Buatlah jadwal kegiatan PKM yang meliputi kegiatan persiapan, pelaksanaan dan penyusunan laporan kegiatan PKM dalam bentuk Bar-chart. Bar-chart memberikan rincian kegiatan dan jadwal pelaksanaan kegiatan tersebut. Jadwal pelaksanaan mengacu pada Metode Pelaksanaan Program (h). Untuk menghindari keterikatan waktu pelaksanaan dengan periode waktu tertentu, usahakan tidak menggunakan nama bulan secara eksplisit dalam penjadwalan rencana kegiatan. Sebagai contoh, untuk menggambarkan urutan waktu pelaksanaan, gunakan kata "bulan ke-1, bulan ke-2", dan seterusnya, bukan bulan Maret, bulan April, dan seterusnya.



j. Nama dan Biodata Ketua serta Anggota Kelompok
1. Ketua Pelaksana Kegiatan
a. Nama Lengkap :
b. NIM :
c. Fakultas/Program Studi :
d. Perguruan Tinggi :
e. Waktu untuk kegiatan PKM : jam/minggu
2. Anggota Pelaksana
(rincian seperti butir 1)


k. Nama dan Biodata Dosen Pendamping
1. Nama Lengkap dan Gelar :
2. Golongan Pangkat dan NIP :
3. Jabatan Fungsional :
4. Jabatan Struktural :
5. Fakultas/Program Studi :
6. Perguruan Tinggi :
7. Bidang Keahlian :
8. Waktu untuk kegiatan PKM : jam/minggu


l. Biaya
Berikan rincian biaya PKM baik yang didanai Depdiknas (maksimum Rp. 6 Juta) maupun pihak lain dengan mengacu pada Metode Pelaksanaan Program (h) dengan Rekapitulasi biaya yang terdiri atas:
1. Bahan habis pakai
2. Peralatan penunjang PKM
3. Perjalanan
4. Lain-lain

Rincian biaya harus lengkap, wajar dan jelas peruntukannya. Honorarium bagi tim pelaksana maupun dosen pendamping tidak diperkenankan.


m. Daftar Pustaka (untuk PKMP dan PKMT)
Daftar pustaka berisi informasi tentang sumber pustaka yang telah dirujuk dalam tubuh tulisan. Format perujukan pustaka mengikuti cara Harvard atau cara Vancouver. Untuk setiap pustaka yang dirujuk dalam naskah harus muncul dalam daftar pustaka, begitu juga sebaliknya setiap pustaka yang muncul dalam daftar pustaka harus pernah dirujuk dalam tubuh tulisan (lihat panduan khusus PKMI untuk detil dan contoh).

n. Lampiran
1. Daftar Riwayat Hidup Ketua dan Anggota Pelaksana
2. Gambaran teknologi yang akan diterapkembangkan (untuk PKMT, PKMK, PKMM)
3. Surat Pernyataan Kesediaan Bekerjasama dari Pengusaha Kecil, Koperasi atau Kelompok Tani (untuk PKMT, PKMK, PKMM)
4. Denah detil Lokasi Pengusaha Kecil atau Mitra Kerja (untuk PKMT, PKMK, PKMM)
5. Hal-hal lain yang dianggap perlu




















IV. EVALUASI DAN PELAPORAN

Evaluasi terhadap usulan dan pelaksanaan program yang telah didanai dilakukan oleh Tim Pakar dari berbagi bidang ilmu yang merupakan bagian dari Tim Pengelola Program di tingkat pusat yang dibentuk oleh Dikti. Kriteria penilaian usulan untuk masing-masing PKM disajikan dalam Lampiran 3a s/d 3d.
Bagi usulan yang disetujui untuk dibiayai, kegiatan pemantauan dan evaluasi terhadap pelaksanaan program akan dilakukan pada pertengahan jangka waktu pelaksanaan program. Kegiatan pemantauan dan evaluasi ini dilakukan dengan kunjungan lokasi dari tiap-tiap PKM. Untuk keperluan ini, setiap pelaksana PKM diwajibkan menyusun laporan kemajuan singkat yang berisi informasi mengenai kegiatan yang telah dilakukan, hasil yang telah dicapai, kesulitan-kesulitan yang dihadapi dan usaha penyelesaiannya. Laporan kemajuan singkat disusun tidak lebih dari 12 halaman dengan format bebas, di dalamnya termasuk laporan penggunaan uang. Laporan kemajuan berisi hal-hal yang terkait dengan pelaksnaan kegiatan yang telah dilakukan, kemajuan hasil yang telah dicapai, kendala yang dihadapi, dan usaha-usaha yang telah dilakukan untuk memecahkan masalah/kesulitan yang dihadapi. Bersama laporan kemajuan singkat tersebut disertakan pula foto-foto pelaksanaan dan hasil kegiatan yang telah dicapai. Format pemantauan pelaksanaan program yang digunakan oleh Tim Pemantau untuk menilai pelaksanaan kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa dapat dilihat pada Lampiran 4. Berdasarkan hasil penilaian dalam pemantauan ini, Tim Pemantau akan merekomendasikan program-program terbaik untuk diundang dalam Seminar Program Kreativitas Mahasiswa Tingkat Nasional dalam kegiatan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas).
Pada akhir pelaksanaan program, tiap kelompok pelaksana PKM menyerahkan laporan akhir dan laporan pertanggungjawaban keuangan program kepada Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat melalui Pembantu atau Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan/Direktur Politeknik/Ketua Sekolah Tinggi perguruan tinggi yang bersangkutan. Evaluasi laporan akhir dilakukan untuk menilai keberhasilan dari seluruh program yang telah dibiayai. Disamping itu evaluasi laporan akhir juga sekaligus digunakan untuk verifikasi akhir terhadap program yang telah direkomendasikan saat pemantauan untuk diundang seminar nasional. Untuk program yang tidak dilakukan pemantauan karena sesuatu alasan, maka evaluasi terhadap laporan akhir ini merupakan dasar bagi pemberian rekomendasi mengikuti seminar nasioanl.
Format kulit muka laporan akhir PKM, format halaman pengesahan laporan akhir PKM, sistematika penyusunan laporan akhir PKM, dan kriteria penilaian laporan akhir PKM masing-masing dapat dilihat pada Lampiran 5, Lampiran 6, Lampiran 7, dan Lampiran 8. Untuk penentuan juara/perolehan medali dalam Seminar Program Kreativitas Mahasiswa Tingkat Nasional dalam kegiatan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional, digunakan kriteria penilaian dalam Lampiran 9. Untuk laporan akhir, disamping menyerahkan laporan dalam bentuk cetakan (hardcopy), pelaksana diwajibkan pula menyerahkan laporan akhir dalam bentuk CD dengan format file Microsoft Word (doc) dan Adobe Acrobat Reader (pdf). Foto dan gambar kalau perlu disimpan dalam direktori terpisah dalam CD. Format gambar yang disarankan adalah JPG, untuk foto bisa berasal dari camera digital atau hasil digitasi menggunakan scanner.























LAMPIRAN 1. FORMAT KULIT MUKA USUL PKM
(Warna hijau tua, ukuran A-4)













PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA


JUDUL PROGRAM
………………………………………………………………………………




BIDANG KEGIATAN:*

PKM . . . . . . . . . . . . .







Diusulkan oleh:

_______________________ (Nama Ketua Kelompok)
_______________________ (Nama-nama Anggota Kelompok)
_______________________ (Penulisan Nama Ketua maupun Anggota harus )
_______________________ (menyertakan NIM dan tahun angkatan)





NAMA PERGURUAN TINGGI
KOTA
TAHUN


* Pilih salah satu bidang kegiatan (PKMP, PKMT, PKMK, PKMM)
LAMPIRAN 2. FORMAT HALAMAN PENGESAHAN
USUL PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA

1. Judul Kegiatan :

2. Bidang Kegiatan : ( ) PKMP ( ) PKMK
(Pilih salah satu) ( ) PKMT ( ) PKMM

3. Bidang Ilmu : ( ) Kesehatan ( ) Pertanian
(Pilih salah satu) ( ) MIPA ( ) Teknologi dan Rekayasa
( ) Sosial Ekonomi ( ) Humaniora
( ) Pendidikan

3. Ketua Pelaksana Kegiatan
a. Nama Lengkap :
b. NIM :
c. Jurusan :
d. Universitas/Institut/Politeknik :
e. Alamat Rumah dan No Tel./HP :
f. Alamat email :

4. Anggota Pelaksana Kegiatan/Penulis : orang

5. Dosen Pendamping
a. Nama Lengkap dan Gelar :
b. NIP :
c. Alamat Rumah dan No Tel./HP :

6. Biaya Kegiatan Total :
a. Dikti : Rp
b. Sumber lain (sebutkan . . . ) : Rp

7. Jangka Waktu Pelaksanaan : . . . . . . bulan


__________, ______________
Menyetujui
Ketua Jurusan/Program Studi/ Ketua Pelaksana Kegiatan
Pembimbing Unit Kegiatan mahasiswa



(__________________________) (_________________________)
NIP. NIM.





Pembantu atau Wakil Rektor Bidang Dosen Pendamping
Kemahasiswaan/Direktur Politeknik/
Ketua Sekolah Tinggi,




(__________________________) (_________________________)
NIP. NIP.


LAMPIRAN 3a. KRITERIA PENILAIAN USUL KEGIATAN PKMP




No Kriteria Bobot Skor Nilai
(Bobot x Skor)
1 Kreativitas:
a. Gagasan
b. Perumusan Masalah
c. Tinjauan Pustaka 25
2 Metode Penelitian:
d. Kesesuaian metode 30
3 Kegunaan:
e. Kontribusi perkembangan ilmu dan teknologi
f. Potensi publikasi artikel ilmiah
25
4 Penjadwalan Kegiatan
g. Lengkap, jelas, dan waktunya sesuai 10
5 Penyusunan Anggaran Biaya
h. Lengkap, rinci, wajar dan jelas peruntukannya 10
T O T A L 100

Skor yang diberikan : 1, 2, 3, 5, 6 dan 7

Usul kegiatan yang diterima harus mendapatkan nilai minimum 500.

Untuk usul kegiatan yang ditolak, kriteria penolakan menggunakan komponen yang ada dalam kriteria penilaian (a s/d h) ditambah satu komponen (i) Lainnya, yang perlu disebutkan.












LAMPIRAN 3b. KRITERIA PENILAIAN USUL KEGIATAN PKMT




No Kriteria Bobot Skor Nilai
(Bobot x Skor)
1 Kreativitas:
a. Gagasan
b. Perumusan Masalah
c. Tinjauan Pustaka 20
2 Metode Pelaksanaan:
d. Kesesuaian metode 25
3 Kegunaan:
e. Kontribusi terhadap masyarakat
f. Potensi paten
35
4 Penjadwalan Kegiatan
g. Lengkap, jelas, dan waktunya sesuai 10
5 Penyusunan Anggaran Biaya
h. Lengkap, rinci, wajar dan jelas peruntukannya 10
T O T A L 100

Skor yang diberikan : 1, 2, 3, 5, 6 dan 7

Usul kegiatan yang diterima harus mendapatkan nilai minimum 500.

Untuk usul kegiatan yang ditolak, kriteria penolakan menggunakan komponen yang ada dalam kriteria penilaian (a s/d h) ditambah satu komponen (i) Lainnya, yang perlu disebutkan.














LAMPIRAN 3c. KRITERIA PENILAIAN USUL KEGIATAN PKMK




No Kriteria Bobot Skor Nilai
(Bobot x Skor)
1 Kreativitas:
a. Gagasan
b. Perumusan Masalah 20
2 Metode Pelaksanaan:
c. Rencana usaha
d. Kesesuaian metode 30
3 Potensi program:
e. Perolehan profit
f. Keberlanjutan usaha 30
4 Penjadwalan Kegiatan
g. Lengkap, jelas, dan waktunya sesuai 10
5 Penyusunan Anggaran Biaya
h. Lengkap, rinci, wajar dan jelas peruntukannya 10
T O T A L 100

Skor yang diberikan : 1, 2, 3, 5, 6 dan 7

Usul kegiatan yang diterima harus mendapatkan nilai minimum 500.

Untuk usul kegiatan yang ditolak, kriteria penolakan menggunakan komponen yang ada dalam kriteria penilaian (a s/d h) ditambah satu komponen (i) Lainnya, yang perlu disebutkan.














LAMPIRAN 3d. KRITERIA PENILAIAN USUL KEGIATAN PKMM




No Kriteria Bobot Skor Nilai
(Bobot x Skor)
1 Kreativitas:
a. Gagasan
b. Perumusan Masalah
c. Ketepatan masyarakat sasaran 30
2 Metode Pelaksanaan:
d. Kesesuaian metode 20
3 Manfaat bagi masyarkat:
e. Kontribusi untuk masyarakat
f. Potensi untuk meningkatkan nilai tambah
30
4 Penjadwalan Kegiatan
g. Lengkap, jelas, dan waktunya sesuai 10
5 Penyusunan Anggaran Biaya
h. Lengkap, rinci, wajar dan jelas peruntukannya 10
T O T A L 100

Skor yang diberikan : 1, 2, 3, 5, 6 dan 7

Usul kegiatan yang diterima harus mendapatkan nilai minimum 500.

Untuk usul kegiatan yang ditolak, kriteria penolakan menggunakan komponen yang ada dalam kriteria penilaian (a s/d h) ditambah satu komponen (i) Lainnya, yang perlu disebutkan.














LAMPIRAN 4. FORMAT PEMANTAUAN KEGIATAN PKM
TAHUN ANGGARAN . . . . .

1. a. Perguruan Tinggi : ……………………………………………………...
b. Fakultas/Program Studi : ……………………………………………………...

2. a. Ketua Pelaksana : ……………………………………………………...
b. Jumlah anggota : ………… orang

3. a. Judul Program : ……………………………………………………...
b. Jenis PKM : ( ) PKMP ( ) PKMT ( ) PKMK ( ) PKMM

4. Biaya Pelaksanaan : Rp. ………………………..………………………

5. a. Lokasi Pelaksanaan PKM : Laboratorium / Rumah Kaca / Lapangan *)
b. Nama Lokasi : ……………………………………………………...
Alamat Lokasi ……………………………………………………...

6. Waktu Pelaksanaan PKM :
a. Tanggal rencana mulai : ……………………………………………………...
b. Tanggal riil mulai : ……………………………………………………...
c. Tanggal rencana selesai : ……………………………………………………...
d. Tanggal perkiraan selesai : ……………………………………………………...

7. Peranan Pembimbing / Bidang Kemahasiswaan :
a. Seleksi usul PKM (Proposal) : Ya / Tidak *)
b. Menyelenggarakan Seminar Proposal : Ya / Tidak *)
c. Memantau Pelaksanaan PKM : Ya / Tidak *)
d. Menyelenggarakan Seminar Hasil PKM : Ya / Tidak *)
e. Menggandakan dan Mengirim Laporan : Ya / Tidak *)
f. Memberikan Pelayanan Lainnya, sebutkan : ………………………………………..
……………………………………………………………………………………………
8. Keterlibatan anggota dalam pelaksanaan PKM :
? Mhs semester : ……, dari PS ………………………………….…. , aktif / tak aktif *)
? Mhs semester : ……, dari PS …………………………….………. , aktif / tak aktif *)
? Mhs semester : ……, dari PS …………………………….………. , aktif / tak aktif *)
? Mhs semester : ……, dari PS ……………………………….……. , aktif / tak aktif *)
? Mhs semester : ……, dari PS …………………………….………. , aktif / tak aktif *)

? Uraian kerjasama Tim : ……………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………

9. Kesesuaian pelaksanaan PKM dengan usul :
a. Waktu pelaksanaan : sesuai / menyimpang *)
b. Lokasi pelaksanaan : sesuai / menyimpang *)
c. Bahan yang digunakan : sesuai / menyimpang *)
d. Alat yang digunakan : sesuai / menyimpang *)
e. Khalayak sasaran : sesuai / menyimpang *)
f. Metoda yang digunakan : sesuai / menyimpang *)
g. Personalia : sesuai / menyimpang *)
h. Biaya : sesuai / menyimpang *)
Penjelasan ketidak-sesuaian (bila ada) : …………………………….………………

10. Uraian Kreativitas Pelaksanaan Program : …………………………………………….
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………

11. Uraian Kreativitas Luaran* (Barang/Jasa/system/Karya Seni/Model/Prototipe Alat/Proses/…………….) – pilihan jenis luaran ditentukan tim pelaksana PKM
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………

12. Masalah yang dihadapi Pelaksana serta cara penyelesaiannya :
Permasalahan di Lapangan Cara Penyelesaian Masalah




13. Manfaat Program : ……………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………

14. Potensi Khusus :
a. Peluang Paten (PKMP, PKMT) : Tak ada / Ada : tinggi/sedang/rendah *)
b. Peluang Komersial (PKMP, PKMT) : Tak ada / Ada : tinggi/sedang/rendah *)
c. Peluang Keberlanjutan Bisnis (PKMK) : Tak ada / Ada : tinggi/sedang/rendah *)
d. Keberlanjutan dan Dampak di Masyarakat : Tak ada / Ada : tinggi/sedang/rendah *)

15. Cara Pemantauan (bisa lebih dari satu) :
( ) Wawancara ( ) Melihat data, foto, laporan
( ) Kunjungan lapangan/lokasi ( ) Kunjungan ke lab./studio
( ) Lainnya, sebutkan : …………………………………………………………

16 Foto-foto pelaksanaan PKM (kalau perlu di lembar terpisah)
……………………………………………………………………………………………

17. Penilaian Umum dan Saran : …………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………

18. REKOMENDASI :
( ) Diusulkan untuk PIMNAS, nilai = ………… (skala 0 – 100)
( ) Tidak diusulkan untuk PIMNAS, nilai = ………… (skala 0 – 100)
Judul yang diusulkan untuk PIMNAS minimal mendapat nilai 75.
………………….. , ………………………
Pemantau,



………………………………….

*) coret yang tidak perlu





LAMPIRAN 5. FORMAT KULIT MUKA LAPORAN AKHIR PKM
(Warna biru, ukuran A-4)















LAPORAN . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . *












Oleh:

_______________________ (Nama Ketua Kelompok, Penulis Utama)
_______________________ (Nama-nama Anggota Kelompok)
_______________________ (Penulisan Nama Ketua maupun Anggota harus )
_______________________ (menyertakan NIM dan tahun angkatan)




NAMA PERGURUAN TINGGI
KOTA
TAHUN





* Tulis sesuai proposal: PKMP, PKMT, PKMK, atau PKMM
LAMPIRAN 6. FORMAT HALAMAN PENGESAHAN
LAPORAN AKHIR PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA

1. Judul Kegiatan :

2. Bidang Kegiatan : ( ) PKMP ( ) PKMK
(Pilih salah satu) ( ) PKMT ( ) PKMM

3. Bidang Ilmu : ( ) Kesehatan ( ) Pertanian
(Pilih salah satu) ( ) MIPA ( ) Teknologi dan Rekayasa
( ) Sosial Ekonomi ( ) Humaniora
( ) Pendidikan

4. Ketua Pelaksana Kegiatan/Penulis Utama
a. Nama Lengkap :
g. NIM :
h. Jurusan :
i. Universitas/Institut/Politeknik :
j. Alamat Rumah dan No Tel./HP :
k. Alamat email :

5. Anggota Pelaksana Kegiatan/Penulis: orang

6. Dosen Pendamping
a. Nama Lengkap dan Gelar :
b. NIP :
c. Alamat Rumah dan No Tel./HP :

7. Biaya Kegiatan Total :
a. Dikti : Rp
b. Sumber lain (sebutkan . . . ) : Rp

8. Jangka Waktu Pelaksanaan : . . . . . bulan


__________, ______________
Menyetujui
Ketua Jurusan/Program Studi/ Ketua Pelaksana Kegiatan
Pembimbing Unit Kegiatan mahasiswa



(__________________________) (_________________________)
NIP. NIM.




Pembantu atau Wakil Rektor Bidang Dosen Pendamping
Kemahasiswaan/Direktur Politeknik/
Ketua Sekolah Tinggi,




(__________________________) (_________________________)
NIP. NIP.
LAMPIRAN 7. SISTEMATIKA LAPORAN AKHIR PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA


Halaman

LEMBAR IDENTITAS DAN PENGESAHAN . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . ii
ABSTRAK . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . iii
KATA PENGANTAR . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
I. PENDAHULUAN . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 1
1. Latar Belakang Masalah . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
2. Perumusan Masalah . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
3. Tujuan Program . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
4. Luaran yang Diharapkan . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
5. Kegunaan Program . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
II. TINJAUAN PUSTAKA (untuk PKMP dan PKMT) . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
II. GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA (untuk PKMK) . . . . . . . . . . . . . .
II. GAMBARAN UMUM MASYARAKAT SASARAN (untuk PKMM) . . . . . . . .
III. METODE PENDEKATAN . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
IV. PELAKSANAAN PROGRAM . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
1. Waktu dan Tempat Pelaksanaan . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
2. Tahapan Pelaksanaan . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
3. Instrumen Pelaksanaan . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
IV. HASIL DAN PEMBAHASAN . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
V. KESIMPULAN DAN SARAN . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
DAFTAR PUSTAKA (untuk PKMP dan PKMT) . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
LAMPIRAN . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

















LAMPIRAN 7 (lanjutan) PENJELASAN SISTEMATIKA LAPORAN AKHIR PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA



1. Abstrak: berisi tidak lebih dari 250 kata dan merupakan intisari seluruh tulisan yang meliputi latar belakang, tujuan, metode, hasil dan kesimpulan. Di bawah abstrak disertakan 3-5 kata kunci (key words)
2. Pendahuluan: merupakan gambaran umum dari observasi awal dan fenomena mengenai topik yang diangkat. Latar belakang, rumusan, tujuan dari kegiatan (penelitian, pengabdian, atau yang lainnya) serta manfaat untuk waktu yang akan datang ditunjukkan dalam pendahuluan (lihat sistematika usulan PKM )
3. Tinjauan Pustaka, Gambaran Umum Rencana Usaha, Gambaran Umum Masyarakat Sasaran: lihat sistematika usulan PKM
4. Metode Pendekatan: lihat Metode Pelaksanaan Program di sistematika usulan PKM
5. Pelaksanaan Program: cukup jelas
6. Hasil dan Pembahasan: Hasil menjelaskan tentang apa saja yang diperoleh dari observasi. Data dapat diringkas dalam bentuk tabel dan gambar. Pembahasan umumnya berisi uraian dan analisis berkaitan dengan temuan-temuan dari observasi yang telah dilakukan, terutama dalam konteks yang berhubungan dengan apa yang pernah dilakukan oleh orang lain. Interpretasi dan ketajaman analisis dari penulis terhadap hasil yang diperoleh dikemukakan di sini, termasuk pembahasan tentang pertanyaan-pertanyaan yang timbul dari hasil observasi serta dugaan ilmiah yang dapat bermanfaat untuk kelanjutan bagi penelitian/kegiatan mendatang. Pemecahan masalah yang berhasil dilakukan, perbedaan dan persamaan dari hasil pengamatan terhadap informasi yang ditemukan dalam berbagai pustaka (penelitian/kegiatan terdahulu) perlu mendapatkan catatan disini.
7. Kesimpulan dan Saran: merupakan bagian akhir tulisan yang membawa pembaca keluar dari pembahasan. Secara umum kesimpulan menunjukkan jawaban atas tujuan yang telah dikemukakan dalam pendahuluan
8. Daftar Pustaka: lihat sistematika usulan PKM






LAMPIRAN 8. KRITERIA PENILAIAN LAPORAN AKHIR PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA




No Kriteria Bobot Skor Nilai
(Bobot x Skor)
1 Kreativitas:
a. Pelaksanaan
b. Penyelesaian 20
2 Kesesuaian dengan Usulan:
c. Metode pelaksanaan program
d. Luaran 20
3 Kegunaan Hasil:
e. Kontribusi untuk khalayak sasaran sesuai bidang PKM 25
4 Penulisan Laporan
f. Ringkasan
g. Pendahuluan
h. Metode pelaksanaan program
i. Hasil pelaksanaan dan pembahasan
j. Kesimpulan dan saran
k. Daftar Pustaka (untuk PKMP dan PKMT)
l. Lampiran 35
T O T A L 100

Skor yang diberikan : 1, 2, 3, 5, 6 dan 7

Hasil penilaian : Ditolak / Diterima / Diusulkan ikut Pimnas

Laporan akhir yang diterima harus mendapatkan nilai minimum 300.
Laporan akhir yang direkomendasikan ikut Pimnas harus mendapatkan nilai minimum 500.

Untuk usul kegiatan yang ditolak, kriteria penolakan menggunakan komponen yang ada dalam kriteria penilaian (a s/d h) ditambah satu komponen (i) Lainnya, yang perlu disebutkan.










LAMPIRAN 9. KRITERIA PENILAIAN SEMINAR NASIONAL PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA DALAM PIMNAS




No Kriteria Bobot Skor Nilai
(Bobot x Skor)
1 Hasil:
a. Kreativitas
b. Kegunaan
c. Kerjasama kelompok 40
2 Presentasi:
a. Abstrak
b. Cara penyajian
c. Alat bantu (audio-visual)
e. Ketepatan waktu 30
3 Diskusi:
a. Cara menjawab
b. Ketepatan jawaban 30
T O T A L 100

Skor yang diberikan : 1, 2, 3, 5, 6 dan 7

Hasil penilaian dan konsekuensi penghargaannya mengikuti aturan yang khusus diterbitkan untuk Pimnas.























LAMPIRAN 10. Pengelolaan Program Kreativitas Mahasiswa dan Tahapan Proses Pengajuan Proposal




--
Shigenoi Haruki

No comments:

Post a Comment