Linkbucks

Sunday, December 06, 2009

lpj diklat lakesma


LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN

PENDIDIKAN DAN LATIHAN DASAR
LEMBAGA KESEHATAN MAHASISWA
2008





Malang, 7 – 8 Juni 2008

LEMBAGA KESEHATAN MAHASISWA
BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA
FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS BRAWIJAYA
MALANG
2008
LEMBAR PERSETUJUAN LPJ
Nomor: 018/C-7/Div. PSDM/Lakesma/BEM FKUB/VIII/2008

Nama Kegiatan : Pendidikan dan Latihan Dasar (Diklatsar) Lembaga Kesehatan
Mahasiswa 2008.
Tujuan : a. Memperkenalkan dan memberikan informasi dan gambaran umum mengenai lembaga Lakesma dan sebagai stimulus awal bagi peserta untuk berperan serta aktif dalam kegiatan-kegiatan Lakesma.
b. Memberikan pelatihan tentang pengetahuan dan keterampilan dasar mengenai kegiatan kesehatan kepada peserta.
c. Menumbuhkan rasa kebersamaan antar sesama peserta Diklatsar yang lainnya maupun dengan panitia dan anggota Lakesma lainnya.
Sasaran : Seluruh Mahasiswa FKUB
Hari, tanggal : Sabtu – Minggu, 7 – 8 Juni 2008
Tempat : Bumi Perkemahan Coban Rondo, Batu
Anggaran Dana : SPP/DPP Rp 6.500.000,00
Lain-lain Rp 2.440.000,00 +
TOTAL Rp 8.940.000,00


Malang, 10 Agustus 2008
a.n. Direktur Lakesma Ketua Pelaksana


Dearikha Karina Dwi Fachrul O. H.
NIM. 0510710031 NIM. 0610710037

Pembantu Dekan III Presiden BEM


dr. M. Hanafi, M. PH Ahmad Feza F.
NIP.130 819 378 NIM. 0510710005
BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Lakesma sebagai salah satu Lembaga Semi Otonom yang bergerak di bidang kesehatan merupakan wadah bagi mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya untuk mengaplikasikan seluruh disiplin ilmu kedokeran yang telah diperolehnya selama perkuliahan. Hal tersebut sangat penting mengingat sebagai calon tenaga kesehatan yang baik, seorang mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya tidak hanya dituntut untuk menguasai teori saja, namun juga harus disertai dengan keahlian praktek yang sesuai.
Di samping itu, seiring dengan bergulirnya waktu, dalam organisasi Lakesmapun terjadi perubahan dan dinamika. Mengingat pendeknya masa perkuliahan dan kesibukan mahasiswa FKUB itu sendiri sebagai akibat dari padatnya jadwal kuliah, maka organisasi Lakesmapun terjadi pergeseran kepengurusan organisasi dan terutama terjadi pergntian keaktifan anggota-anggota lakesma sehingga organisasi Lakesma juga dituntut untuk melakukan regenerasi keanggotaan sebagai salah satu upaya perekrutan anggota dalam rangka mempersiapkan investasi sumber daya manusia organisasi Lakesma I masa mendatang.
Untuk dapat terjun dalam kegiatan organisasi Lakesma, maka anggota Lakesma diharapkan memilik ketrampilan dan pengetahuan dasar mengenai organisasi Lakesma maupun kegiatan-kegiatan kesehatan yang berhubungan dengan Lakesma sehingga semua anggota Lakesma benar-benar siap pakai jika diminta bantuannya sebagai tenaga medis. Maka calon-calon anggota Lakema perlu mendapat bekal berupa pengetahuan dan ketrampilan dasar kesehatan yang kemudian akan dikembangkan dalam kegiatan-kegiatan Lakesma yang lainnya.
Berlatar belakang hal tersebutlah, maka pengurus Lakesma merasa perlu untuk segera melaksenakan Pendidikan dan Latihan Dasar Lembaga Kesehatan Mahasiswa 2008.

1.2 Tujuan Kegiatan
1. Memperkenalkan dan memberikan informasi dan gambaran umum mengenai lembaga Lakesma dan sebagai stimulus awal bagi peserta untuk turut berperan aktif daloam kegiatan-kegiatan Lakesma.
2. Memberikan pelatihan tentang pengetahuan dan keterampilan dasar mengenai kegiatan kesehatan kepada peserta.
3. Menumbuhkan rasa kekompakan, loyalitas, skill/ pengetahuan antar sesama peserta Diklatsar dengan peserta yang lainnya maupun dengan panitia dan anggota Lakesma yang lainnya

1.2 Manfaat Kegiatan
a. Meningkatnya wawasan dan pengetahuan peserta Diklatsar mengenai Lembaga Lakesma dan meningkatnya motivasi para peserta untuk dapat turut berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan Lakesma.
b. Meningkatnya pengetahuan dan keterampilan dasar mengenai kegiatan kesehatan.






















BAB II
DESKRIPSI KEGIATAN

2.1 Nama Kegiatan
Nama dari kegiatan ini adalah "Pendidikan dan Latihan Dasar Lembaga Kesehatan Mahasiswa 2008"

2.2 Tema Kegiatan
Tema dari kegiatan ini adalah "Diklatsar Lakesma membentuk anggota Lakesma yang sigap, tanggap dan peduli"

2.3 Sasaran dan Kegiatan Umum
2.3.1 Sasaran Kegiatan
Sasaran kegiatan ini adalah seluruh mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya

2.3.2 Kegiatan Umum
Kegiatan umum dari Pendidikan dan Latihan Dasar ini berupa:
1. Materi Diklatsar Lakesma yang terdiri dari
a. Sejarah Lakesma, Dasar-dasar dan Manajemen Organisasi
b. Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (P3K)
c. Dasar-dasar dan Teknik Penyuluhan Kesehatan
2. Diskusi materi Diklatsar Lakesma
3. Outbound : pelatihan ketrampilan praktis lapangan

2.4 Pelaksanaan Kegiatan
Tes Tulis
Hari, tanggal : Senin, 12 Mei 2008
Waktu : pukul 15.00 – 17.00
Tempat : Ruang Kuliah I

Wawacara
Hari, tanggal : Selasa – Rabu, 13 – 14 Mei 2008
Waktu : pukul 15.00 – 17.00
Tempat : Ruang Kuliah I

Pradiklat I
Hari, tanggal : Sabtu, 17 Mei 2008
Waktu : pukul 08.00 – 12.00
Tempat : Ruang Kuliah I
Susunan Acara:
08.00 – 08.30 Pembukaan dan Sambutan
08.30 – 10.00 Materi BLS dan BTLS
10.00 – 11.30 Materi Organisasi
11.30 – 12.00 Post test dan Penutupan

Pradiklat II
Hari, tanggal : Minggu, 18 Mei 2008
Waktu : pukul 08.00 – 12.00
Tempat : Ruang Kuliah I
Susunan Acara:
08.00 – 08.30 Pembukaan
08.30 – 10.00 Materi Manajemen Perjalanan
10.00 – 11.30 Materi Survival
11.30 – 12.00 Post test dan Penutupan

Pradiklat III
Hari, tanggal : Sabtu, 24 Mei 2008
Waktu : pukul 12.30 – 17.00
Tempat : Outbound Lapangan
Susunan Acara:
12.30 – 13.00 Pengkondisian Peserta
13.00 – 14.45 Materi Balut Bidai
14.45 – 15.15 Ishoma
15.15 – 16.30 Materi Tandu
16.30 – 17.00 Penutupan

Pradiklat IV
Hari, tanggal : Sabtu, 31 Mei 2008
Waktu : pukul 08.00 – 13.00
Tempat : Outbound Lapangan
Susunan Acara:
07.00 – 07.30 Pengkondisian Peserta
07.30 – 10.00 Review Materi Balut Bidai & Tandu
10.00 – 13.00 Simulasi
13.00 – 13.15 Penutupan

Diklatsar
Hari, tanggal : Sabtu – Minggu, 7 – 8 Juni 2008
Tempat : Bumi Perkemahan Coban Rondo, Batu
Susunan Acara:
Sabtu, 7 Juni 2008:
12.30 – 12.45 Pengkondisian Peserta
12.45 – 13.00 Upacara Pembukaan
13.00 – 14.30 Berangkat ke Coban Rondo
14.30 – 15.00 Pengkondisian Peserta
15.00 – 15.30 Istirahat dan Sholat Ashar
15.30 – 17.00 Games dan Koordinasi Kelompok
17.00 – 18.00 Sholat Maghrib dan Makan Malam
18.00 – 20.00 Api Unggun (Kreatifitas)
20.00 – 22.30 Tidur
22.30 – 22.40 Persiapan Jelajah Malam

Minggu, 8 Juni 2008:
22.40 – 04.00 Jelajah Malam
04.00 – 05.00 Istirahat dan Sholat Subuh
05.00 – 06.00 Bersih Diri dan Pemanasan
06.00 – 07.00 Sarapan
07.00 – 07.10 Pengkondisian Peserta
07.10 – 14.00 Jelajah Alam dan Pelantikan
14.00 – 15.00 Kembali ke Camp
15.00 – 16.00 Ishoma dan Persiapan Pulang
16.00 – 16.30 Upacara Penutupan
16.30 – 17.30 Perjalanan Pulang ke Kampus

2.5 Susunan Kepanitiaan (terlampir)
2.6 Evaluasi Kegiatan (terlampir)
2.7 Anggaran Dana (terlampir)
2.8 Daftar Peserta (terlampir)
2.9 Daftar Hadir Panitia (terlampir)


























BAB III
PENUTUP

Kegiatan Diklatsar Lakesma 2008 merupakan kegiatan rutin yang diadakan bagi anggota Lakesma dimana kegiatan ini berisikan materi organisasi, medis dasar, aplikasi medis dan masyarakat yang penting diketahui oleh anggota Lakesma agar dapat menjalankan peranannya di Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya pada umumnya dan di Lakesma pada khususnya.


























STUDI KELAYAKAN PROGRAM

1. Planning (Bobot: 15%)
No Pertanyaan Bobot Skor (1-5) Nilai (bobot x skor) Nilai Max
1 Sasaran utama apa yang ingin dicapai dari pelaksanaan Diklatsar LAKESMA 2007?
• Perekrutaan anggota baru LAKESMA
• Pelatihan BTLS 1.88% 3 0.056 0.094
2 Bagaimana pertimbangan dalam menentukan sistem pelaksanaan diklatsar?
• Pelaksanaan diklatsar diharuskan adanya simulasi langsung, sehingga diadakan praktek langsung di lapangan setelah pemberian materi ruangan saat pradiklat 1.88% 5 0.094 0.094
3 Bagaimana pertimbangan dalam memilih waktu pelaksanaan Diklatsar?
• Kegiatan ini dilaksanakan dalam jeda waktu dalam semester genap sebelum minggu tenang UAS dengan 2 pertimbangan penting, yaitu:
1. tidak terganggu dan mengganggu jadwal akademis
2. menguji kompetensi dan kesiapan mental para anggota untuk siap sewaktu-waktu saat dibutuhkan 1.88% 4 0.075 0.094
4 Apakah pertimbangan utama dalam memilih ataupun menolak calon anggota?
• Keaktifan dan loyalitas terhadap organisasi
• Kompetensi dan kemampuan penguasaan materi
• Kesiapan dan kelayakan anggota secara mental dan fisik 5 0.094 0.094
5 Dana diklatsar diperoleh dari mana saja?
• Dana diperoleh dari fakultas (SPP), serta dana swadaya dari kas LAKESMA 1.88% 4 0.075 0.094
6 Apa dasar pertimbangan perlu dilaksanakannya outbond?
• Untuk evaluasi dan menilai kesiapan anggota di keadaan yang mendekati nyata, yang dilaksanakan secara simulatif untuk mengukur kemampuan fisik maupun mental anggota, sejauh mana mereka dapat menerima pressing di alam. 1.88% 5 0.094 0.094
7 Apa pertimbangan pemilihan materi yang diberikan pada diklat?
• Pendalaman materi kegawatdaruratan dan pengenalan organisasi LAKESMA 1.88% 5 0.094 0.094
8 Apa pertimbangan dalam memilih lokasi outbond?
• Hutan di Coban Rondo menjadi prioritas pilihan karena beberapa pertimbangan, antara lain:
1. Faktor geografis yang mendukung kegiatan yang dilaksanakan, terdapat vegetasi dan pembentukan alam yang dibutuhkan untuk pelatihan seperti sungai, hutan, bukit, dan jenis-jenis vegetasi hutan yang cukup kompleks.
2. Faktor keterbatasan dana yang diberikan oleh pihak fakultas, sehingga mengharuskan kami untuk memilih lokasi yang paling realistis dan murah agar tidak memberatkan anggota dalam hal pembiayaan dan dana. 1.84% 4 0.075 0.092
NILAI TOTAL 0.657 0.75


2. Management (Bobot: 20%)
No Pertanyaan Bobot Skor (1-5) Nilai (bobot x skor) Nilai Max
1 Bagaimana sistem pemilihan dan penempatan panitia untuk tiap-tiap seksi?
• Koordinator seksi dipilih dan ditawarkan langsung kepada tiap-tiap orang yang berkompeten, dengan mempertimbangkan kemampuan di bidang masing-masing.
• Anggota seksi dipilih melalui open recruitment. Pemilihan anggota sie dipilih oleh koordinator sie masing-masing. 2% 3 0.06 0.1
2 Sistem apa yang diterapkan dalam seleksi?
• Dasar pertimbangannya adalah kami lebih membutuhkan anggota yang mampu memiliki komitmen tegas terhadap organisasi, kesetiaan, dan tanggung jawab yang besar dalam bidang yang digelutinya daripada anggota yang memiliki kemampuan tapi tidak jelas komitmennya terhadap apa yang menjadi tanggung jawabnya. 2% 5 0.1 0.1
3 Bagaimana menentukan orang-orang yang berhak untuk memilih?
• Keputusan ditentukan sepenuhnya oleh PH LAKESMA 2% 4 0.08 0.1
4 Bagaimana jika ada yang merasa sedikit keberatan, berkaitan dengan masalah akademis?
• Tidak diterima, dianggap mengundurkan diri 2% 3 0.06 0.1
5 Siapa saja / seksi apa saja yang bertugas pada saat diklat?
• Semua yang telah terdaftar sebagai panitia merupakan sebuah tim kerja yang bekerja secara bersama-sama untuk mencapai esensi dari pelatihan ini 2% 4 0.08 0.1
6 Bagaimana teknis pelaksanaan diklat (secara garis besar)?
• Diklat dilaksanakan selama 2 hari 1 malam
• Materi diklat meliputi BTLS, dan materi organisasi LAKESMA 2% 5 0.1 0.1
7 Kegiatan outbond ini berat dan beresiko tinggi. Bagaiman pembagian tugasnya?
• Yang bertanggung jawab dalam pembagian tugas dan jobdesc kegiatan alam ini adalah peserta diklat itu sendiri, karena esensi kegiatan ini adalah evaluasi dari materi alam dan manajemen alam terbuka yang telah diberikan selama pradiklatsar ruangan sebelumnya.
• Yang dituntut dalam kegiatan ini adalah kemandirian dan kemampuan mengambil keputusan dengan tepat di bawah tekanan alam. 2% 5 0.1 0.1
8 Adakah pengecekan rute sebelum hari H?
• Ada. Pengecekan rute dilakukan oleh beberapa panitia diklatsar. 2% 5 0.1 0.1
9 Bagaiman sistem pembagian kelompok dan sistem pemberangkatannya?
• Pembagian kelompok berdasarkan pengacakan jurusan, kemampuan, serta kondisi fisik 2% 5 0.1 0.1
10 Antisipasi apa yang dilakukan bila ada yang tersesat / cedera, dll?
• Semua anggota adalah senior yang kompeten dalam bidang medis dan penguasaan medan yang memang seharusnya siap sedia terhadap kegawatdaruratan medis dalam bentuk apapun.
• Adanya pembekalan obat pribadi maupun disediakan panitia. 2% 5 0.1 0.1
NILAI TOTAL 0.88 1


3. Actuating (Bobot: 65%)
No Pertanyaan Bobot Skor (1-5) Nilai (bobot x skor) Nilai Max
1 Pelaksanaan di hari H
1. Terlaksana 40% 5 2 2
2. Pencapaian target 25% 4 1 1.25
NILAI TOTAL 3 3.25

REKAPITULASI PENILAIAN
Nilai maksimal : 5
Nilai Planning : 0.657
Nilai Management : 0.88
Nilai Actuating : 3
Nilai Total : 4.537
Persentase kelayakan program : 4.537/5 x 100% = 90.74%

Berdasarkan evaluasi dari tim SC, maka kegiatan Diklatsar Lakesma 2008 ini dinilai berhasil dilaksanakan dengan hasil bagus dan layak dilaksanakan lagi oleh kepengurusan Lakesma selanjutnya.

Keterangan:
Standar penilaian yang ditentukan tim SC adalah sebagai berikut:
60% - 65% : Kurang
66% - 75% : Cukup
76% - 85% : Bagus
86% - 100% : Memuaskan











LEMBAR KENDALI EVALUASI BERSAMA KEGIATAN

Nama Kegiatan : Pendidikan dan Latihan Dasar (Diklatsar) Lembaga Kesehatan
Mahasiswa 2008.
Tujuan : a. Memperkenalkan dan memberikan informasi dan gambaran umum mengenai lembaga Lakesma dan sebagai stimulus awal bagi peserta untuk berperan serta aktif dalam kegiatan-kegiatan Lakesma.
b. Memberikan pelatihan tentang pengetahuan dan keterampilan dasar mengenai kegiatan kesehatan kepada peserta.
c. Menumbuhkan rasa kebersamaan antar sesama peserta Diklatsar yang lainnya maupun dengan panitia dan anggota Lakesma lainnya.
Sasaran : Seluruh Mahasiswa FKUB
Hari, tanggal : Sabtu – Minggu, 7 – 8 Juni 2008
Tempat : Bumi Perkemahan Coban Rondo, Batu
Hasil Evaluasi : a. Diterima mutlak
b. Diterima dengan syarat
c. Ditolak
Catatan : _____________________________________________________
_____________________________________________________
_____________________________________________________

Tim SC Ketua Pelaksana


Yoga Waranugraha Dwi Fachrul O. H.
NIM. 0510710149 NIM. 0610710037

Presiden BEM a.n. Direktur Lakesma


Ahmad Feza F. Dearikha Karina
NIM. 0510710005 NIM. 0510710031
Lampiran 1
SUSUNAN KEPANITIAAN

Pelindung : Dekan Fakultas Kedokteran Unibraw
Dr. dr. Samsul Islam, Sp. MK, M. Kes
Penasihat : Pembantu Dekan III Fakultas Kedokteran Unibraw
dr. M. Hanafi, M. PH
Penanggung Jawab : Presiden BEM Fakultas Kedokteran Unibraw
Ahmad Feza F. (0510710005)
Direktur Lakesma Fakultas Kedokteran Unibraw
Andre Aditya (0510710010)
Steering Committee : M. Dhanny (0510710081)
M. Luqman F. (0510710083)
Yoga Waranugraha (0510710149)

Organizing Committee
Ketua : Dwi Fachrul O. H. (0610710037)
Sekretaris : Dina Ariani (0610710035)
Bendahara : Karina P. Dewi (0610710072)

Sie Kesekretariatan
Koordinator : Dewi Sri W. (0610710031)
Anggota : Denita Krisnawati (0510710033)
Dewi Mustika (0610710030)
Ida Syifa'ur (0610710060)
Ratih Kusumawardani (0610710110)

Sie Materi
Koordinator : Dearikha Karina M. (0510710031)
Anggota : Deny Noviantoro (0510710035)
Puji Rahman (0510710101)
Ariska Oktawardani (0510720008)
Gustin F. M. (0610710055)
Rizka Oktavia A. (0610710116)
Ratna Adelia (0610710112)
Risna Yekti (0610720044)

Sie Publikasi dan Dokumentasi
Koordinator : Aninda Fitri N. (0610710016)
Anggota : Hayu Sukowati N. (0510710070)
Hilda Hidayati N. (0510710072)
Roshinta Sony A. (0510720046)
Fahima H. P. (0610710044)
Fauzia Risma (0610710049)
Iim Karimah (0610710061)

Sie Acara
Koordinator : Adrian Yusdianto (0510710003)
Anggota : Ratih Paramita S. (0610710111)
Yulita G. P. (0610710141)
Ayu Nanda (0610720003)
Sandi Adinda P. (0610733026)

Sie Humas
Koordinator : Dhian Eka P. H. (0610710032)
Anggota : Dessira Rizka T. A. (0610713016)
Herisa Rahmasari (0610713038)
Evintya Deshintasari (0610730022)
Nanda Diah A. W. (0610730037)

Sie Properti & Transportasi
Koordinator : Pradnya Widyaswara (0610723020)
Anggota : M. Ghalvan S. (0510710082)
Samudra Widagdo (0510710123)
Jamilatus S. (0510720026)
Nur Laili Kholilah (0510720046)


Sie Konsumsi
Koordinator : Tities Tri Dinda (0610723025)
Anggota : Anggraini D.K. (0510720003)
Arina Qona'ah (0510720006)
Devi Zandra Jessica (0610710028)
Azizah Rahmi (0610720004)
Yunita Linawati (0610720055)
Ayu Febriani A. (0610723004)


























Lampiran 2
EVALUASI KEGIATAN

Sie Acara
Job Desc
Mengkoordinir acara pradiklat dan diklatsar
Faktor pendukung
1. Kerjasama intern sie acara dari awal sampai acara selesai
2. Koordinasi yang cukup baik antar panitia
3. Kreativitas dan kesigapan sie acara dalam memandu dan menyusun acara diklatsar
4. Pembagian Job desc yang cukup jelas masing-masing sie acara
5. Peserta mengikuti kegiatan dengan tepat waktu dan mudak dikoordinasikan
6. Komunikasi dan koordinasi intern sie acara yang cukup baik pada saat diklatsar berlangsung
Faktor penghambat
1. Pergantian koordinator acara sebanyak 2 kali sehingga membingungkan koordinasi
2. Persiapan sie acara yang kurang matang dan terlalu mendadak
3. Terlalu banyak sie acara perempuan sehingga survei tempat dan waktu agak terhambat
4. Jadwal diklat yang bersamaan dengan jadwal ujian dan lomba-lomba Dekan Cup
5. Adanya keterlambatan salah satu acara, namun masih dapat ditangani dengan baik
6. Packing pulang yang terlalu lama sehingga membuat jadwal kepulangan menjadi terlambat
7. Perbedaan amanah dan jadwal masing-masing sie acara yang terlalu banyak
8. Peraturan dan pembekalan dibuat mendadak dan tidak ada arsip peraturan terdahulu
Saran
1. Penentuan koordinasi acara yang pasti jauh-jauh hari sebelumnya
2. Persiapan konsep dan jadwal acara lebih awal dan lebih matang
3. Anggota sie acara laki-laki ditambah
4. Penentuan jadwal acara tidak berbenturan dengan jadwal ujian dan Dekan Cup
5. Packing dilakukan sebelum tracking dan pelantikan sehingga kepulangan bisa tepat waktu
6. Dibuat jeda waktu 3-5 menit antaracara untuk mengantisipasi keterlambatan
7. Shift atau pembagian tanggung jawab untuk masing-masing acara diklatsar
8. Pembuatan peraturan berdasarkan arsip tahun lalu dan rekomendasi panitia saat ini, bukan hanya sie acara

Sie PDDM
Job Desc
1. Publikasi spanduk dan diklatsar
2. Pembuatan spanduk
3. Dokumentasi acara pradiklat dan diklatsar
Faktor pendukung
1. Kerjasama yang baik dengan sie lain dalam peminjaman kamera
2. Kerjasama yang baik dalam anggota PDDM sendiri
Faktor penghambat
Miskomunikasi pada hari ke-2 sehingga anggota PDDM tidak dapat mobile semua.
Saran
1. Meningkatkan koordinasi antarpanitia
2. Mengerjakan job desc yang telah diberikan dengan baik

Sie Kestari
Job Desc
1. Pembuatan proposal dan LPJ kegiatan
2. Pembuatan tanda panitia
3. Pembuatan rekapitulasi daftar hadir panitia dan panitia
Faktor pendukung
1. Adanya kerjasama yang baik intern sie kestari
2. Pembagian job desc yang baik dalam sie kestari
3. Adanya kerjasama yang baik dengan panitia lain
4. Adanya loyalitas dan semangat yang tinggi dari anggota sie kestari serta seluruh panitia
Faktor penghambat
1. Jadwal diklatsar yang bersamaan dengan ujian-ujian dan berbagai acara besar lainnya
2. Banyaknya panitia diklatsar yang juga menjadi panitia berbagai acara tersebut
3. Pembuatan proposal kegiatan yang terlambat
Saran
1. Membuat proposal kegiatan lebih awal
2. Meningkatkan koordinasi dengan sie materi dalam menggabungkan rekapitulasi absen dan nilai peserta

Sie Humas
Job Desc
1. Menghubungi pemateri
2. Mengurus surat peminjaman perlengkapan dan lain-lain

Faktor Pendukung
1. Jumlah anggota yang mencukupi.
2. Koordinasi yang baik antar anggota.
3. Semua anggota dapat mengikuti diklatsar dan membantu pelaksanaan diklatsar dengan baik.
Faktor Penghambat
1. Koordinasi dengan Sie lain yang kurang.
2. Surat – menyurat yang terlalu mendadak / mepet dengan batas waktu.
3. Beberapa pemateri tidak dapat menghadiri acara diklatsar dengan pemberitahuan yang mendadak.
Saran
Tingkatkan koordinasi intern dan antar Sie.
Sie Materi
Jobdesc
1. Tes tulis
2. Tes wawancara
3. Pradiklat ruang (indoor)
4. Pradiklat Lapangan (outdoor)
5. Demo materi P3K
6. Membuat soal, mengoreksi jawaban, dan mengevaluasi peserta.
7. Survey lapangan.
8. Tracking malam
9. Tracking materi

Faktor pendukung :
1. Komitmen anggota sie materi untuk bahu-membahu melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya
2. kerjasama dengan sie lain, terutama sie acara, sehingga setiap materi yang disampaikan pada peserta diklat dapat berjalan cukup baik
3. Bantuan dari teman-teman Lakesma non-panitia yang ikut membantu menjadi fasilitator dalam pradiklat outdoor
4. Kondisi medan untuk diklatsar yang sudah cukup dikenal oleh panitia
5. Antusiasme dari peserta diklat untuk terus rajin mengikuti setipa materi yang disampaikan
6. Pemateri yang cukup berkompeten untuk menyampaikan materi yang berkaitan dengan pengetahuan yang harus dimiliki peserta tentang dasar-dasar medis praktis
7. Semangat dari setiap panitia untuk membantu kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh sie materi, meskipun dengan jumlah orang yang sangat terbatas

Faktor penghambat :
1. Beberapa panitia tidak bisa ikut pada saat diklatsar, sehingga harus lebih memaksimalkan jumlah panitia yang ada untuk menjaga tiap-tiap pos saat tracking malam dan tracking materi.
2. Kurangnya jumlah panitia yang bergender laki-laki, yang sangat memberatkan ketika berada di alam bebas
3. Kondisi cuaca yang sempat mendung dan sedikit gerimis (namun tidak sampai hujan) ketika selesai pelantikan, sedikit membuat khawatir karena semua panitia dan peserta masih berada di sekitar ait terjun.
4. Kurangnya panitia yang berpengalaman dalan kepanitiaan diklatsar (hanya sedikit senior Lakesma yang menjadi panitia), terutama sie acara, sehingga sempat terjadi kebingungan, namun berkat semangat dan inisiatif panitia yang ada, hal tersebut bukan menjadi masalah yang besar.

Saran :
1. lebih ketat lagi dalam penjaringan anggota baru, terlalu banyak anggota yang diterima menjadikan kurang maksimalnya pemanfaatan potensi setiap orang yang ada
2. Lebih memperjelas lagi kurikulum yang harus diberikan kepada peserta (ini untuk Div. PSDM), terutama jauh-jauh hari sebelum dimulainya rangkaian Diklatsar Lakesma, agar sie materi tidak terburu-buru dalam menyusun materi.
3. Penentuan jumlah anggota seefektif mungkin, meskipun tidak terlalu banyak tapi bisa bekerja semua, terutama yang paling penting pada saat pelaksanaan Outbond.
4. Sebagai panitia dapat bersikap lebih tegas kepada peserta untuk menhindari sikap peserta yang kadang terlalu seenaknya ketika berada di alam bebas.

Sie Properti
Job Desc
1. Peminjaman ruangan untuk pradiklatsar I dan II
2. Penyediaan dan persiapan alat-alat pradiklat III dan IV (kartu triage, mitela, bidai, tandu dan tali)
3. Penyediaan tenda dan peralatan lain untuk diklat
4. Peminjaman truck untuk transportasi panitia dna peserta
Faktor Pendukung
1. Kerjasama dengan sie lain yang komunikatif dan responsif
2. Kerjasama dengan anggota yang saling responsif
3. Bantuan dari lab skill dengan meminjamkan alat
Faktor Penghambat
1. Kurang disiplinnya anggota
2. Anggota sie properti sedikit kurang responsif di awal-awal acara sehingga kurang kompak
3. Jadwal kuliah yang padat sehingga memperlambat kerjasama dalam bekerja
4. Jadwal kegiatan lain yang bentrok dengan kegiatan diklatsar Lakesma sehingga ketidakhadiran anggota sie properti
Saran
1. Memperbanyak rapat internal sie properti transakom untuk persiapan-persiapan.
2. Komunikasi antarpanitia diperbaiki
3. Meningkatkan kekompakan antarpanitia.

Sie Konsumsi
Jobdesc
1. Penyediaan konsumsi panitia dan pemateri saat pradiklat
2. Penjualan snack dan minuman bagi peserta saat pradiklat
3. Penyediaan konsumsi peserta dan panitia saat diklatsar
4. Penyediaan konsumsi sopir truk pengantar peserta diklatsar
Faktor Pendukung
1. Kekompakan anggota sie konsumsi sehingga acara dapat terlaksana
2. Semangat panitia sie konsumsi untuk bekerja
3. Adanya dana yang mencukupi dari bendahara
4. Bantuan dari sie kestari dalam pendataan jumlah panitia dan peserta
5. Bantuan dari sie konsumsi diklatsar yang lalu dan sie yang lain
Faktor Penghambat
1. Jadwal acara yang berubah mendadak
2. Jumlah peserta dan panitia yang ikut diklatsar sedikit sehingga konsumsinya berlebih dan terbuang percuma
3. Kurangnya transportasi untuk konsumsi saat diklatsar
4. Kurangnya anggota sie konsumsi laki-laki sehingga menyulitkan penyediaan konsumsi
Saran
1. Meningkatkan koordinasi sie transportasi dan konsumsi
2. Memperhatikan jadwal sie lain dalam menyusun jadwal acara
3. Menambah jumlah anggota sie konsumsi laki-laki.






























Lampiran 3
ANGGARAN DANA

PEMASUKAN
SPP/DPP Rp 6.500.000,00
Kas Lakesma Rp 1.000.000,00
Iuran Peserta
72 x Rp 20.000,00 Rp 1.440.000,00
TOTAL Rp 8.940.000,00

PENGELUARAN
Sie Acara
Souvenir pemateri Rp 55.000,00
Fotokopi berkas acara Rp 10.000,00
Fee pemateri Rp 200.000,00
Rp 265.000,00
Sie Materi
Fotokopi tes tulis Rp 50.000,00
Fotokopi materi Rp 200.000,00
Fotokopi lain-lain Rp 50.000,00
Rp 300.000,00
Sie Kestari
Pembuatan proposal Rp 50.000,00
Pembuatan LPJ Rp 70.000,00
Foto copy absen dan surat2 Rp 28.000,00
Tanda panitia Rp 5.000,00
Pin peserta 73 x Rp 5.000,00 Rp 365.000,00
Tanda bukti pembayaran diklatsar Rp. 5.000,00
Kertas 1 rim Rp 30.000,00
Fotokopi berkas kestari Rp 50.000,00
Rp 603.000,00
Sie Properti dan Transportasi
Bidai Rp 200.000,00
Sewa tenda Rp 543.000,00
Sewa truk tentara Rp 1.150.000,00
Fee sopir 3 orang Rp 150.000,00
Tali rafia Rp 50.000,00
Spot light Rp 50.000,00
Biaya masuk Coban Rp 1.045.000,00
Minyak tanah + kayu bakar Rp 90.000,00
Sewa ruangan Rp 160.000,00
Survey medan Rp 500.000,00
Rp 3.938.000,00

Sie Humas
Hubungan luar Rp 100.000,00
Rp 100.000,00
Sie PDDM
Spanduk 5x1 m Rp 100.000,00
Cetak foto Rp 125.000,00
Rp 225.000,00
Sie Konsumsi
Konsumsi rapat panitia
Snack Rp 50.000,00
Air mineral Rp 11.000,00
Konsumsi pradiklat I dan II
Snack 2x50x Rp 1.000,00 Rp 100.000,00
Air mineral 2x3x Rp 12.000,00 Rp 72.000,00
Konsumsi pemateri
8 x Rp 5.000,00 Rp 40.000,00
Konsumsi pradiklat III dan IV
Snack 100x2x Rp 1.000,00 Rp 200.000,00
Snack fasilitator
20x2x Rp 1.000,00 Rp 40.000,00
Air mineral 4 x Rp 12.000,00 Rp 48.000,00
Konsumsi panitia diklatsar
Makan 3x50x Rp 6.000,00 Rp 900.000,00
Air mineral 2 x Rp 12.000,00 Rp 24.000,00
Air isi ulang 15 x Rp 10.000,00 Rp 150.000,00
Konsumsi peserta diklatsar
Makan 3x72x Rp 6.000,00 Rp 1.296.000,00
Konsumsi sopir
3x4x Rp 6.000,00 Rp 72.000,00
Keperluan lain diklatsar
Minyak tanah 5L x Rp 3.000,00 Rp 15.000,00
Gula 4 kg x Rp 6.000,00 Rp 24.000,00
Garam Rp 20.000,00
Teh 2 kotak x Rp 5.000,00 Rp 10.000,00
Kopi 5 kotak x Rp 5.000,00 Rp 25.000,00
Abon Rp 20.000,00
Rp 3.117.000,00
TOTAL Rp 8.548.000,00

Saldo = Total Pemasukan – Total Pengeluaran
= Rp 8.940.000,00 – Rp 8.549.000,00
= Rp 391.000,00
















Lampiran 4

DAFTAR PESERTA DIKLATSAR LAKESMA

1. Aditya Norma 0710720037
2. Agil Wijaya 0710710045
3. Ajeng Sekartiwi 0510710006
4. Aldo Aditya 0610710007
5. Alfan Bakhtiarsyah 0610733001
6. Alfiyan R. 0710710001
7. Amin Rahmawati 0710730050
8. Andri A.W. 0610710014
9. Anggyan Putriananda 0710710074
10. Aprilian C.A.S.S. 0510710019
11. Arifin Perdana I. 0710710002
12. Aulia Hanum 0710713045
13. Bagas Satrio 0710710089
14. Berty Febrianti R. 0710723002
15. Brisda O. 0710710102
16. Candra Aditiarso 0710710115
17. Dara D.S. 0710710013
18. Dian Ratna 0710713011
19. Dimas Ryan 0710713038
20. Dotti Inggrianita 0710710026
21. Dwiretno P. 0610710038
22. Efriko Septananda 0710710116
23. Faradila T. 0710710025
24. Fitriannisa F.Z. 0710710083
25. Fransiska Dewi 0610723012
26. Gardini R. 0710733015
27. Gutama Arya P. 0610710056
28. Hazirah Binti Harun 0710714009
29. Herbanu Haryo 0610710058
30. Husnawati Sugiarto 0710720009
31. Ika Nur P. 0610720015
32. Indres Pradika W. 0710720003
33. Jeffi Wahyu 0710710044
34. John Tuahta 0710710038
35. Juwitasari 0610720020
36. Kartika Hari 0710723004
37. Kiswatul H. 0710730013
38. Lanasty Fikandari 0710730016
39. Linggar Anugra 0710730030
40. Listrianingtri P. 0610720024
41. M. Irvan 0710710094
42. M. Miftakhul 0710713003
43. Meilenda Andari 0710710073
44. Mia Andinawati 0710720004
45. Niko Dima 0610720033
46. Norma Rahayu 0710710039
47. Novita Wahyu 0710710067
48. Perdana R. 0710720017
49. Pratiwi P. 0710710052
50. Rasio Putra H. 0610710109
51. Ratih Retnaningtyas 0710720001
52. Ratri Nurma 0710730056
53. Rayi K. 0710713050
54. Renny Nova 0610723023
55. Revita Fathatul 0710730054
56. Richi Aditya 0710710003
57. Rizky Tania 0710710077
58. Roswita Maria 0610720045
59. Rully Rahmatillah 0710710079
60. Satria W.S. 0710710024
61. Sea Meei Meei 0710714040
62. Shofiyatun N. 0610720048
63. Sholihatul Amalia 0610720049
64. Sujarot Dwi S. 0710710021
65. Tenta Hartian 0610710129
66. Umi Rosyidah 0710720028
67. Vatien Rahmawati 0710710051
68. Vilda P. 0710710063
69. Widiah Indra 0710713040
70. Windi Widyanti 0710730033
71. Wisniardhy S. P. 0710710069
72. Yaniar Uslifatin 0710710010
73. Zaenal F. 0510710152




--
Shigenoi Haruki

No comments:

Post a Comment