Linkbucks

Tuesday, May 04, 2010

SpEM

Salam sejawat,
sebelumnya ijinkan saya utk sedikit memberi gambaran ttg kedokteran emergensi,saya hanya sdkt menambah informasi yg sdh diberi kolega saya (baca:dr.dhana) . cerita ini dimulai th 1997,datang tim spesialis dari SIF(Singapore International Foundation) k malang-jatim( baca:kota apel) yaitu:tim spesialis dari gabungan tenaga ahli berbagai RS terkemuka spt Suresh Pillai dari NUH,Tham Kum Ying dari TTH,Mark Leong dari SGH yg diketuai prof.Anantharahman. sbenarnya maksud kedatangan mrk ingin mengembangkan RSU Saiful Anwar Malang(baca: RS Pendidikan FK Unibraw) sbg Trauma Centre krn tingginya kasus trauma:46% dg kematian 40% dan cacat 35%,jauh berbeda dr singapore angka kematian dibwh 12%,kecacatan skitar 8%.tp akhirny diputuskan cm didirikan Malang Trauma Service Comittee.okt 1999,dkirim 2dokter (baca: dr.Antonius Freddy&dr. Ari Prasetyajadti) &2perawat utk mlihat langsung pelayanan emergensi diSingapore General Hosp,National Univ Hosp,Tan Tock Seng Hosp,Kandang
Kerbau Hosp(aneh disana kandang kerbau bisa jd RS?Tanya kenapa).tenaga dokter yg dikirim akhirnya menjalani pelatihan bln april 2000.bagi pemula 6bln pertama dimulai dgn teori&praktek, lalu ujian.klo lulus masuk rotasi dibedah,IPD, A&E Dept(accident& emergency dept),trus ujian lg,klo lulus masuk bagian lain,stlh itu diakhiri 6bln siklus didept.emergensi. ujian akhir meliputi 14 dept. Pd saat itu,kedokteran emergensi diIndonesia blm ada krn msh mjd bagian dari anestesi maupun bedah.jd ketika muncul ide kedokteran emergensi akan memisahkan diri&mjd spesialisasi tersendiri mdpt reaksi&pertentangan yg ckp keras dr berbagai pihak,bahkan sampe skrg!tp seiring berjalanny wkt,kedokteran emergensi mampu mjwb kontroversi tsb dgn menekan angka morbiditas&mortalit as. perlu diketahui bersama,sistem pelayanan gawat darurat di IRD RSU Saiful Anwar,pasien tdk dibedakan lagi antara trauma/bedah dgn non trauma,pasien hanya dibedakan berdasarkan tingkat kegawatannya yaitu:
pasien gawat darurat (prioritas 1),pasien gawat tp tidak darurat (prioritas 2),....to be continued

Pada Kam, 15 Apr 2010 20:49 ICT vania angeline menulis:

>Thanks ya teman2 atas infonya, klo ada info lainnya tolong kasi tau ya.
>Kayaknya Sp.EM seru juga ya. tapi ga kebayang juga sih. hehe...
>
>Tentang PPDS di luar, aku pengen tau sebagai wacana, jadi bs nentuin pilihan kedepannya. Emang bener sih, saat ini, klo mau balik ke indo lagi perlu penyesuaian.
>
>Boleh nanya lagi ya. Aku pengen tau ttg bgmn bergabung ama WHO. Apakah ada standar2 khususnya ? t.u untuk dokter indonesia.
>
>Maaf ya banyak tanya. Aku sangat kurang tau mengenai info2 diatas.
>Terima kasih
>
>Salam,
>Vania


--
Shigenoi Haruki

No comments:

Post a Comment