lpj diklatsar lsim
LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN KEGIATAN
DIKLATSAR LSIM
MALANG, 12 April dan 3 mei 2009
LEMBAGA STUDI ILMIAH MAHASISWA
BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA
FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS BRAWIJAYA
MALANG
2009
LEMBAR KENDALI EVALUASI BERSAMA
Nama Kegiatan : Pendidikan dan Latihan Dasar (Diklatsar) LSIM 2009
Tujuan Kegiatan :
1. Melaksanakan program kerja LSIM FKUB tahun 2008–2009 selaku LSO FKUB yang bergerak di bidang keilmiahan.
2. Melaksanakan langkah awal dari serangkaian proses regenerasi keanggotaan organisasi LSIM sebagai salah satu upaya perekrutan anggota untuk mempersiapkan investasi SDM LSIM mendatang.
Sasaran Kegiatan : Seluruh Mahasiswa FKUB
Hari, Tanggal Pelaksanaan : Minggu, 12 April 2009 dan Minggu, 3 Mei 2009
Tempat : Ruang POM Biomedik FKUB, Kebun Raya Purwodadi
Hasil Evaluasi :
a. diterima mutlak
b. diterima dengan syarat
c. ditolak
Catatan :
__________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Malang, 15 November 2009
Tim SC Tim OC
Dewi Sri Wulandari Efriko Septananda S
NIM. 0610710031 NIM. 0710710116
Mengetahui,
Presiden BEM FKUB Direktur LSIM
Ardhan Prahara Putra Dwi Fachrul O.H
NIM. 0610710017 NIM. 0610710037
LEMBAR PERSETUJUAN LPJ
No : /C-7/RED-LSIM/BEM FKUB/XI/2009
Nama Kegiatan : Pendidikan dan Latihan Dasar (Diklatsar) LSIM 2009
Tujuan Kegiatan :
1. Melaksanakan program kerja LSIM FKUB tahun 2008–2009 selaku LSO FKUB yang bergerak di bidang keilmiahan.
2. Melaksanakan langkah awal dari serangkaian proses regenerasi keanggotaan organisasi LSIM sebagai salah satu upaya perekrutan anggota untuk mempersiapkan investasi SDM LSIM mendatang.
Sasaran Kegiatan : Seluruh Mahasiswa FKUB
Hari, Tanggal Pelaksanaan : Minggu, 12 April 2009 dan Minggu, 3 Mei 2009
Tempat : Ruang POM Biomedik FKUB, Kampus Brawijaya
Anggaran Dana : SPP/DPP Rp 750.000,00
Lain-lain Rp 450.000,00 +
Total Rp 1.200.000,00
Malang, 15 November 2009
Direktur LSIM Ketua Pelaksana
Dwi Fachrul O.H Efriko Septananda S
NIM. 0610710037 NIM. 0710710116
Mengetahui,
Pembantu Dekan III FKUB Presiden BEM FKUB
dr. M. Hanafi, MPH Ardhan Prahara Putra
NIP. 19490925 198003 1 001 NIM. 0610710017
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Dengan adanya program kerja LSIM FKUB tahun 2008 – 2009 selaku LSO FKUB yang bergerak di bidang keilmiahan, perlu adanya pengkaderan lebih dini pada mahasiswa FKUB, khususnya angkatan 2007, 2008 untuk program studi Pendidikan Dokter, program studi Ilmu Keperawatan, dan Gizi. Diklatsar LSIM ini merupakan wadah dalam pengenalan dan pemahaman lebih lanjut mengenai metode-metode berpikir dan berperilaku secara ilmiah untuk dikembangkan dalam kehidupan keseharian mahasiswa FKUB sebagai suatu individu yang dituntut untuk berpikir ilmiah, kritis, sistematis sebagai langkah awal persiapan mewujudkan suatu sosok tenaga kesehatan yang berkualitas, berpikir ilmiah dan mampu bersaing di dunia kerja dan bidang keilmiahan sebagaimana yang dicita-citakan.
Mengingat perlu segera dilakukan regenerasi keanggotaan LSIM sebagai salah satu upaya perekrutan anggota untuk mempersiapkan investasi SDM LSIM di masa mendatang, untuk itu Diklatsar LSIM ini dilaksanakan.
1.2 Tujuan Kegiatan
1. Melaksanakan program kerja LSIM FKUB tahun 2008 – 2009 selaku LSO FKUB yang bergerak di bidang keilmiahan.
2. Melaksanakan langkah awal dari serangkaian proses regenerasi keanggotaan organisasi LSIM sebagai salah satu upaya perekrutan anggota untuk mempersiapkan investasi SDM LSIM mendatang.
1.3 Manfaat Kegiatan
1. Melatih mahasiswa untuk berpikir ilmiah, kritis, dan sistematis sebagai langkah awal persiapan mewujudkan sosok tenaga kesehatan yang berkualitas, berpikir ilmiah, dan mampu bersaing di dunia kerja dan bidang keilmiahan sebagaimana yang dicita-citakan.
2. Memberikan pengenalan dan pemahaman lebih lanjut mengenai metode-metode berpikir dan berperilaku ilmiah untuk dikembangkan dalam kehidupan keseharian mahasiswa FKUB sebagai sosok scientist.
BAB II
DESKRIPSI KEGIATAN
2.1 Nama Kegiatan
Pendidikan dan Latihan Dasar Lembaga Studi Ilmiah Mahasiswa 2009
2.2 Tema Kegiatan
Tema yang diangkat pada kegiatan ini adalah "Bersama LSIM membudayakan Scientific Habit dengan bersikap proaktif dan inovatif di lingkungan FKUB"
2.3 Sasaran Kegiatan dan Kegiatan Umum
2.3.1 Sasaran Kegiatan
Seluruh mahasiswa FKUB khususnya angkatan 2007 dan 2008
2.3.2 Kegiatan Umum
Penyampaian materi Diklatsar LSIM , diskusi materi, dan outbound
2.4 Pelaksanaan Kegiatan
Diklatsar I
Hari, tanggal : Minggu, 12 April 2009
Tempat : Ruang POM Gedung Biomedik Lt. II FKUB
Diklatsar II
Hari, tanggal : Minggu, 3 Mei 2009
Tempat : Kebun Raya Purwodadi
2.5 Susunan Kepanitiaan
Sebagaimana terlampir (lampiran 1).
2.6 Evaluasi Panitia
Sebagaimana terlampir (lampiran 2).
2.7 Susunan Acara
Sebagaimana terlampir (lampiran 3).
2.8 Laporan Keuangan
Sebagaimana terlampir (lampiran 4).
2.9 Bukti-bukti pembayaran
Sebagaimana terlampir (lampiran 5).
2.10 Dokumentasi Kegiatan
Sebagaimana terlampir (lampiran 6).
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Kegiatan ini berjalan cukup lancar wa;aupun banyak hambatan yang terjadi pada saat pelaksanaan, yang paling terlihat adalah waktu pelaksanaan yang mundur sekitar 1 bulan disebabkan rencana waktu pelaksanaan selalu bertabrakan dengan kegiatan lain sehingga diklatsar LSIM mengalah dan memundurkan waktu pelaksanaannya. selain itu juga kekurangan pada pendataan peserta diklatsar, sehingga kurang jelas siapa-siapa saja yang telah resmi menjadi anggota LSIM. selebihnya, acara berjalan dengan lancar dikarenakan panitia-panitia yang cukup kompeten dalam mengorganisir acara, serta kerjasama antar panitia yang sangat baik, sehingga dapat memberikan manfaat baik bagi panitia maupun peserta diklatsar LSIM.
3.2 Saran
1. Persiapan teknis acara lebih ditingkatkan koordinasinya untuk kesempurnaan acara.
2. Pendataan terhadap calon anggota baru LSIM lebih diperjelas sehingga tidak ada lagi kebingungan dalam menentukan siapa yang sah anggota baru dan siapa yang belum sah.
3. Meningkatkan efektivitas dan jadwal rapat agar acara tersusun dan terencana dengan baik
Demikian laporan pertanggungjawaban ini kami susun. Selaku panitia pelaksana, kami mengucapkan banyak terima kasih pada semua pihak yang ikut andil dalam menyukseskan acara ini. semoga apa yang telah kita perbuat dapat memberikan manfaat baik bagi diri sendiri maupun orang lain.
Lampiran 1
SUSUNAN PANITIA
Pelindung : Dekan FKUB
Dr. dr. Samsul Islam, M.Kes., Sp. MK
Penasihat : Pembantu Dekan III FKUB
dr. M. Hanafi, MPH
Penanggung Jawab : Presiden BEM FKUB
Ardhan Prahara Putra 0610710017
Ketua LSIM FKUB
Dwi Fachrul O.H 0610710037
Steering Comittee : Firman Prayudi 0610710052
Dewi Sri Wulandari 0610710031
Organizing Comittee
Ketua Pelaksana : Efriko Septananda 0710710116
Sekretaris : Wisniardhy Suarnata P. 0710710069
Bendahara : Abdul Hadi Bin Che Z. A 0610714001
Sie Kesekretariatan
Koordinator : Rofa Husnul Khuluqi 0710710009
Anggota : Choirina Windradi 0710710041
Sie Acara
Koordinator : Amelia Setyowati 0710730038
Anggota : Yeni Quinta 0710710075
Affa Kisya Waafi 0710710037
Dhaniar Mudita 0719730009
Sie Humas
Koordinator : Eko Aprilianto 0710710108
Sie Publikasi dan Dokumentasi
Koordinator : Maria Nisaul Arif 0710710060
Anggota : Silvi Lailatul M. 0710730036
Sie Properti dan Transportasi
Koordinator : Agil Wijaya 0610710045
Sie Konsumsi
Koordinator : Alfania Risma Laras 0710710048
Anggota : Mira Kusuma W. 0710710006
Lampiran 2
EVALUASI PANITIA
I. SIE ACARA
JOB DESCRIPTION:
• membuat konsep acara, baik indoor dan outdoor.
• menyusun susunan acara dan kronologis acara dan segera dikoordinasikan dengan seluruh panitia.
• koordinasi mengenai kebutuhan peralatan selama acara berlangsung.
• memilih MC
• mengadakan koordinasi terakhir dan briefing panitia sebelum acara dilaksanakan.
JOB YANG TIDAK TERLAKSANA: -
FAKTOR PENDUKUNG:
• banyak bantuan dari sie lain.
• antusiasme peserta baik dan turut menyukseskan acara.
FAKTOR PENGHAMBAT:
• molornya waktu pelaksanaan karena beberapa hal teknis .
SARAN KEDEPAN:
• agar lebih dikembangkan lagi konsep acara outdoornya agar tidak memmbosankan.
II. SIE PDDM
JOB DESCRIPTION
• menyiapkan desain untuk publikasi, poster, dan pamphlet.
• bekerja sama dengan humas untuk publikasi kegiatan
• publikasi acara diklatsar I & II
• menyiapkan slide, wallpaper, dan video pada diklatsar I/.
• dokumentasi diklatsasr I & II
JOB YANG TIDAK TERLAKSANA: -
FAKTOR PENDUKUNG
• sarana yang mendukung (laptop, kamera digital, skill multimedia)
FAKTOR PENGHAMBAT
• koordinasi antar panitia kurang
• waktu persiapan yang mepet
• jumlah panitia yang minim
SARAN
• persiapan diperpanjang
• acara lebih atraktif lagi
III. SIE PROPERTI & TRANSPORT
JOB DESCRIPTION
• penyediaan ruangan & property diklat I
• sewa transport
KEGIATAN TIDAK TERLAKSANA
• penyediaan beberapa pernik kegiatan
FAKTOR PENDUKUNG
• peralatan yang dibutuhkan sie acara tidak rumit
• tempat kegiatan sedang kosong sehingga bias dipakai
• transportasi tersedia
• jumlah peserta yang pas.
FAKTOR PENGHAMBAT
• persiapan mendadak
• kurang koordinasi antar sie
SARAN
• acara lebih dikoordinasi jauh sebelum hari H
IV. SIE KESTARI
JOB DESCRIPTION
• Membuat proposal kegiatan.
• membuat surat peminjaman ruangan dan alat-alat
• membuat surat undangan pemberi sambutan
• membuat list daftar hadir panitia & peserta
• membuat LPJ untuk fakultas
JOB YANG TIDAK TERLAKSANA: -
FAKTOR PENDUKUNG:
• kerjasama dari staf dan panitia lain.
FAKTOR PENGHAMBAT
• Waktu yang mepet sehingga pengerjaan tergesa-gesa
• permintaan membuat surat peminjaman alat dan ruangan sering mendadak
• daftar hadir peserta ada yang hilang sehingga pendataan terganggu
SARAN
• sebaiknya setiap sie sudah menyusun daftar kebutuhan untuk surat-menyurat
• membuat timeline yang lebih baik dan disiplin dalam menjalankannya
V. SIE HUMAS
JOB DESCRIPTION
• menghubungi pemateri
• meminta CV masing-nasing pemateri
• menjemput pemateri ke tempat sesuai perjanjian jika pemateri tidak datang sendiri
• memenuhi tanda tangan pihak-pihak yang terdapat pada proposal, LPJ, dan surat-surat terkait.
JOB YANG TIDAK TERLAKSANA: -
FAKTOR PENDUKUNG
• Bantuan dari sie lainnya
• sarana dan prasarana yang tersedia
FAKTOR PENGHAMBAT
• dana yang terlambat turun sehingga sempat kekurangan dana
• lokasi outbond yang lumayan jauh sehingga membutuhkan waktu dan dana
SARAN
• lebih aktif menghubungi pemateri
• lebih berkoordinasi dengan sie transport untuk membantu dalam survey.
VI. SIE KONSUMSI
JOB DESCRIPTION
• membuat anggaran dana semua berapa kira-kira yang dibutuhkan untuk sie konsumsi
• mempertimbangkan dan menentukan jenis makanan yang akan disajikan hari H dari segi harga dan gizi.
JOB YANG TIDAK TERLAKSANA:-
FAKTOR PENDUKUNG
• bantuan dari sie lain untuk memobilisasi konsumsi
• penyajian tepat waktu
FAKTOR PENGHAMBAT
• dana yang terlambat turun sehingga biaya konsumsi harus ditalangi sendiri dulu.
SARAN
• acara lebih direncanakan jauh sebelum hari H agar tidak terburu-buru.
Lampiran 3
SUSUNAN ACARA
Diklatsar I
Waktu Acara
07.30 – 08.00 Registrasi dan absensi peserta
08.00 – 08.30 Pembukaan dan sambutan
08.30 – 09.15 Ice Breaking dan pembagian kelompok
09.20 – 09.50 Materi I profil, sejarah, dan program kerja LSIM
10.00 – 10.30 Materi II "Scientific Thinking"
10.30 – 11.00 Quiz dan games tentang materi I dan II
11.30 – 12.00 Materi III LKT dan PKM
12.00 – 13.30 ISHOMA
13.30 – 14.30 Diskusi tentang materi III
14.30 – selesai Pulang dan pengumuman untuk diklatsar II
Diklatsar II
Waktu Acara
07.00 – 07.30 Absensi peserta dan pengarahan outbound
07.30 – 12.00 Outbound
12.00 – 12.30 Makan siang dan pengumuman pemenang
12.30 – 13.00 Penutupan dan Pelantikan
Lampiran 4
LAPORAN KEUANGAN
Pemasukan
SPP/DPP Rp 750.000,00
Kontribusi Peserta 30 x @ Rp 15.000,00 Rp 450.000,00 +
Rp 1.200.000,00
Pengeluaran
Sie Kesekretariatan
Pembuatan dan Penggandaan Proposal Rp 20.000,00
Pembuatan dan Penggandaan LPJ Rp 20.000,00
Fotokopi Surat dan Keperluan Administrasi Rp 10.000,00 +
Rp 80.000,00
Sie Acara
Souvenir pemateri Rp 22.000,00
Perlengkapan Outbound Rp 50.000,00+
Rp 72.000,00
Sie Publikasi dan Dokumentasi
Publikasi Publikasi Rp 10.000,00
Dokumentasi Dokumentasi Rp 10.000,00 +
Rp 20.000,00
Sie Humas
Telepon Rp 30.000,00
Sie Transportasi dan Akomodasi
Peminjaman tempat Rp 50.000,00
Dokumentasi Peminjaman Truk Rp 438.000,00
Bahan Bakar Kendaraan Rp . 25.000,00 +
Rp 513.000,00
Sie Konsumsi
Snack pemateri 4 x @ Rp 7.500,00 Rp 30.000,00
Snack peserta dan panitia 70 x @ Rp 1.500,00 Rp 105.000,00
Makan pemateri Rp 10.000,00
Makan peserta dan panitia 50 x @ Rp 6.000,00 Rp 300.000,00
Air Mineral Rp 70.000,00 +
Rp 515.000,00
Rekapitulasi Pengeluaran
Sie Kesekretariatan Rp 50.000,00
Sie Acara Rp 72.000,00
Sie Publikasi dan Dokumentasi Rp 20.000,00
Sie Humas Rp 30.000,00
Sie Transportasi dan akomodasi Rp 513.000,00
Sie Konsumsi Rp 515.000,00 +
Total Pengeluaran Rp 1.200.000,00
lampiran 5
BUKTI-BUKTI PEMBAYARAN
lampiran 6
DOKUMENTASI KEGIATAN
--
Shigenoi Haruki
DIKLATSAR LSIM
MALANG, 12 April dan 3 mei 2009
LEMBAGA STUDI ILMIAH MAHASISWA
BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA
FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS BRAWIJAYA
MALANG
2009
LEMBAR KENDALI EVALUASI BERSAMA
Nama Kegiatan : Pendidikan dan Latihan Dasar (Diklatsar) LSIM 2009
Tujuan Kegiatan :
1. Melaksanakan program kerja LSIM FKUB tahun 2008–2009 selaku LSO FKUB yang bergerak di bidang keilmiahan.
2. Melaksanakan langkah awal dari serangkaian proses regenerasi keanggotaan organisasi LSIM sebagai salah satu upaya perekrutan anggota untuk mempersiapkan investasi SDM LSIM mendatang.
Sasaran Kegiatan : Seluruh Mahasiswa FKUB
Hari, Tanggal Pelaksanaan : Minggu, 12 April 2009 dan Minggu, 3 Mei 2009
Tempat : Ruang POM Biomedik FKUB, Kebun Raya Purwodadi
Hasil Evaluasi :
a. diterima mutlak
b. diterima dengan syarat
c. ditolak
Catatan :
__________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Malang, 15 November 2009
Tim SC Tim OC
Dewi Sri Wulandari Efriko Septananda S
NIM. 0610710031 NIM. 0710710116
Mengetahui,
Presiden BEM FKUB Direktur LSIM
Ardhan Prahara Putra Dwi Fachrul O.H
NIM. 0610710017 NIM. 0610710037
LEMBAR PERSETUJUAN LPJ
No : /C-7/RED-LSIM/BEM FKUB/XI/2009
Nama Kegiatan : Pendidikan dan Latihan Dasar (Diklatsar) LSIM 2009
Tujuan Kegiatan :
1. Melaksanakan program kerja LSIM FKUB tahun 2008–2009 selaku LSO FKUB yang bergerak di bidang keilmiahan.
2. Melaksanakan langkah awal dari serangkaian proses regenerasi keanggotaan organisasi LSIM sebagai salah satu upaya perekrutan anggota untuk mempersiapkan investasi SDM LSIM mendatang.
Sasaran Kegiatan : Seluruh Mahasiswa FKUB
Hari, Tanggal Pelaksanaan : Minggu, 12 April 2009 dan Minggu, 3 Mei 2009
Tempat : Ruang POM Biomedik FKUB, Kampus Brawijaya
Anggaran Dana : SPP/DPP Rp 750.000,00
Lain-lain Rp 450.000,00 +
Total Rp 1.200.000,00
Malang, 15 November 2009
Direktur LSIM Ketua Pelaksana
Dwi Fachrul O.H Efriko Septananda S
NIM. 0610710037 NIM. 0710710116
Mengetahui,
Pembantu Dekan III FKUB Presiden BEM FKUB
dr. M. Hanafi, MPH Ardhan Prahara Putra
NIP. 19490925 198003 1 001 NIM. 0610710017
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Dengan adanya program kerja LSIM FKUB tahun 2008 – 2009 selaku LSO FKUB yang bergerak di bidang keilmiahan, perlu adanya pengkaderan lebih dini pada mahasiswa FKUB, khususnya angkatan 2007, 2008 untuk program studi Pendidikan Dokter, program studi Ilmu Keperawatan, dan Gizi. Diklatsar LSIM ini merupakan wadah dalam pengenalan dan pemahaman lebih lanjut mengenai metode-metode berpikir dan berperilaku secara ilmiah untuk dikembangkan dalam kehidupan keseharian mahasiswa FKUB sebagai suatu individu yang dituntut untuk berpikir ilmiah, kritis, sistematis sebagai langkah awal persiapan mewujudkan suatu sosok tenaga kesehatan yang berkualitas, berpikir ilmiah dan mampu bersaing di dunia kerja dan bidang keilmiahan sebagaimana yang dicita-citakan.
Mengingat perlu segera dilakukan regenerasi keanggotaan LSIM sebagai salah satu upaya perekrutan anggota untuk mempersiapkan investasi SDM LSIM di masa mendatang, untuk itu Diklatsar LSIM ini dilaksanakan.
1.2 Tujuan Kegiatan
1. Melaksanakan program kerja LSIM FKUB tahun 2008 – 2009 selaku LSO FKUB yang bergerak di bidang keilmiahan.
2. Melaksanakan langkah awal dari serangkaian proses regenerasi keanggotaan organisasi LSIM sebagai salah satu upaya perekrutan anggota untuk mempersiapkan investasi SDM LSIM mendatang.
1.3 Manfaat Kegiatan
1. Melatih mahasiswa untuk berpikir ilmiah, kritis, dan sistematis sebagai langkah awal persiapan mewujudkan sosok tenaga kesehatan yang berkualitas, berpikir ilmiah, dan mampu bersaing di dunia kerja dan bidang keilmiahan sebagaimana yang dicita-citakan.
2. Memberikan pengenalan dan pemahaman lebih lanjut mengenai metode-metode berpikir dan berperilaku ilmiah untuk dikembangkan dalam kehidupan keseharian mahasiswa FKUB sebagai sosok scientist.
BAB II
DESKRIPSI KEGIATAN
2.1 Nama Kegiatan
Pendidikan dan Latihan Dasar Lembaga Studi Ilmiah Mahasiswa 2009
2.2 Tema Kegiatan
Tema yang diangkat pada kegiatan ini adalah "Bersama LSIM membudayakan Scientific Habit dengan bersikap proaktif dan inovatif di lingkungan FKUB"
2.3 Sasaran Kegiatan dan Kegiatan Umum
2.3.1 Sasaran Kegiatan
Seluruh mahasiswa FKUB khususnya angkatan 2007 dan 2008
2.3.2 Kegiatan Umum
Penyampaian materi Diklatsar LSIM , diskusi materi, dan outbound
2.4 Pelaksanaan Kegiatan
Diklatsar I
Hari, tanggal : Minggu, 12 April 2009
Tempat : Ruang POM Gedung Biomedik Lt. II FKUB
Diklatsar II
Hari, tanggal : Minggu, 3 Mei 2009
Tempat : Kebun Raya Purwodadi
2.5 Susunan Kepanitiaan
Sebagaimana terlampir (lampiran 1).
2.6 Evaluasi Panitia
Sebagaimana terlampir (lampiran 2).
2.7 Susunan Acara
Sebagaimana terlampir (lampiran 3).
2.8 Laporan Keuangan
Sebagaimana terlampir (lampiran 4).
2.9 Bukti-bukti pembayaran
Sebagaimana terlampir (lampiran 5).
2.10 Dokumentasi Kegiatan
Sebagaimana terlampir (lampiran 6).
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Kegiatan ini berjalan cukup lancar wa;aupun banyak hambatan yang terjadi pada saat pelaksanaan, yang paling terlihat adalah waktu pelaksanaan yang mundur sekitar 1 bulan disebabkan rencana waktu pelaksanaan selalu bertabrakan dengan kegiatan lain sehingga diklatsar LSIM mengalah dan memundurkan waktu pelaksanaannya. selain itu juga kekurangan pada pendataan peserta diklatsar, sehingga kurang jelas siapa-siapa saja yang telah resmi menjadi anggota LSIM. selebihnya, acara berjalan dengan lancar dikarenakan panitia-panitia yang cukup kompeten dalam mengorganisir acara, serta kerjasama antar panitia yang sangat baik, sehingga dapat memberikan manfaat baik bagi panitia maupun peserta diklatsar LSIM.
3.2 Saran
1. Persiapan teknis acara lebih ditingkatkan koordinasinya untuk kesempurnaan acara.
2. Pendataan terhadap calon anggota baru LSIM lebih diperjelas sehingga tidak ada lagi kebingungan dalam menentukan siapa yang sah anggota baru dan siapa yang belum sah.
3. Meningkatkan efektivitas dan jadwal rapat agar acara tersusun dan terencana dengan baik
Demikian laporan pertanggungjawaban ini kami susun. Selaku panitia pelaksana, kami mengucapkan banyak terima kasih pada semua pihak yang ikut andil dalam menyukseskan acara ini. semoga apa yang telah kita perbuat dapat memberikan manfaat baik bagi diri sendiri maupun orang lain.
Lampiran 1
SUSUNAN PANITIA
Pelindung : Dekan FKUB
Dr. dr. Samsul Islam, M.Kes., Sp. MK
Penasihat : Pembantu Dekan III FKUB
dr. M. Hanafi, MPH
Penanggung Jawab : Presiden BEM FKUB
Ardhan Prahara Putra 0610710017
Ketua LSIM FKUB
Dwi Fachrul O.H 0610710037
Steering Comittee : Firman Prayudi 0610710052
Dewi Sri Wulandari 0610710031
Organizing Comittee
Ketua Pelaksana : Efriko Septananda 0710710116
Sekretaris : Wisniardhy Suarnata P. 0710710069
Bendahara : Abdul Hadi Bin Che Z. A 0610714001
Sie Kesekretariatan
Koordinator : Rofa Husnul Khuluqi 0710710009
Anggota : Choirina Windradi 0710710041
Sie Acara
Koordinator : Amelia Setyowati 0710730038
Anggota : Yeni Quinta 0710710075
Affa Kisya Waafi 0710710037
Dhaniar Mudita 0719730009
Sie Humas
Koordinator : Eko Aprilianto 0710710108
Sie Publikasi dan Dokumentasi
Koordinator : Maria Nisaul Arif 0710710060
Anggota : Silvi Lailatul M. 0710730036
Sie Properti dan Transportasi
Koordinator : Agil Wijaya 0610710045
Sie Konsumsi
Koordinator : Alfania Risma Laras 0710710048
Anggota : Mira Kusuma W. 0710710006
Lampiran 2
EVALUASI PANITIA
I. SIE ACARA
JOB DESCRIPTION:
• membuat konsep acara, baik indoor dan outdoor.
• menyusun susunan acara dan kronologis acara dan segera dikoordinasikan dengan seluruh panitia.
• koordinasi mengenai kebutuhan peralatan selama acara berlangsung.
• memilih MC
• mengadakan koordinasi terakhir dan briefing panitia sebelum acara dilaksanakan.
JOB YANG TIDAK TERLAKSANA: -
FAKTOR PENDUKUNG:
• banyak bantuan dari sie lain.
• antusiasme peserta baik dan turut menyukseskan acara.
FAKTOR PENGHAMBAT:
• molornya waktu pelaksanaan karena beberapa hal teknis .
SARAN KEDEPAN:
• agar lebih dikembangkan lagi konsep acara outdoornya agar tidak memmbosankan.
II. SIE PDDM
JOB DESCRIPTION
• menyiapkan desain untuk publikasi, poster, dan pamphlet.
• bekerja sama dengan humas untuk publikasi kegiatan
• publikasi acara diklatsar I & II
• menyiapkan slide, wallpaper, dan video pada diklatsar I/.
• dokumentasi diklatsasr I & II
JOB YANG TIDAK TERLAKSANA: -
FAKTOR PENDUKUNG
• sarana yang mendukung (laptop, kamera digital, skill multimedia)
FAKTOR PENGHAMBAT
• koordinasi antar panitia kurang
• waktu persiapan yang mepet
• jumlah panitia yang minim
SARAN
• persiapan diperpanjang
• acara lebih atraktif lagi
III. SIE PROPERTI & TRANSPORT
JOB DESCRIPTION
• penyediaan ruangan & property diklat I
• sewa transport
KEGIATAN TIDAK TERLAKSANA
• penyediaan beberapa pernik kegiatan
FAKTOR PENDUKUNG
• peralatan yang dibutuhkan sie acara tidak rumit
• tempat kegiatan sedang kosong sehingga bias dipakai
• transportasi tersedia
• jumlah peserta yang pas.
FAKTOR PENGHAMBAT
• persiapan mendadak
• kurang koordinasi antar sie
SARAN
• acara lebih dikoordinasi jauh sebelum hari H
IV. SIE KESTARI
JOB DESCRIPTION
• Membuat proposal kegiatan.
• membuat surat peminjaman ruangan dan alat-alat
• membuat surat undangan pemberi sambutan
• membuat list daftar hadir panitia & peserta
• membuat LPJ untuk fakultas
JOB YANG TIDAK TERLAKSANA: -
FAKTOR PENDUKUNG:
• kerjasama dari staf dan panitia lain.
FAKTOR PENGHAMBAT
• Waktu yang mepet sehingga pengerjaan tergesa-gesa
• permintaan membuat surat peminjaman alat dan ruangan sering mendadak
• daftar hadir peserta ada yang hilang sehingga pendataan terganggu
SARAN
• sebaiknya setiap sie sudah menyusun daftar kebutuhan untuk surat-menyurat
• membuat timeline yang lebih baik dan disiplin dalam menjalankannya
V. SIE HUMAS
JOB DESCRIPTION
• menghubungi pemateri
• meminta CV masing-nasing pemateri
• menjemput pemateri ke tempat sesuai perjanjian jika pemateri tidak datang sendiri
• memenuhi tanda tangan pihak-pihak yang terdapat pada proposal, LPJ, dan surat-surat terkait.
JOB YANG TIDAK TERLAKSANA: -
FAKTOR PENDUKUNG
• Bantuan dari sie lainnya
• sarana dan prasarana yang tersedia
FAKTOR PENGHAMBAT
• dana yang terlambat turun sehingga sempat kekurangan dana
• lokasi outbond yang lumayan jauh sehingga membutuhkan waktu dan dana
SARAN
• lebih aktif menghubungi pemateri
• lebih berkoordinasi dengan sie transport untuk membantu dalam survey.
VI. SIE KONSUMSI
JOB DESCRIPTION
• membuat anggaran dana semua berapa kira-kira yang dibutuhkan untuk sie konsumsi
• mempertimbangkan dan menentukan jenis makanan yang akan disajikan hari H dari segi harga dan gizi.
JOB YANG TIDAK TERLAKSANA:-
FAKTOR PENDUKUNG
• bantuan dari sie lain untuk memobilisasi konsumsi
• penyajian tepat waktu
FAKTOR PENGHAMBAT
• dana yang terlambat turun sehingga biaya konsumsi harus ditalangi sendiri dulu.
SARAN
• acara lebih direncanakan jauh sebelum hari H agar tidak terburu-buru.
Lampiran 3
SUSUNAN ACARA
Diklatsar I
Waktu Acara
07.30 – 08.00 Registrasi dan absensi peserta
08.00 – 08.30 Pembukaan dan sambutan
08.30 – 09.15 Ice Breaking dan pembagian kelompok
09.20 – 09.50 Materi I profil, sejarah, dan program kerja LSIM
10.00 – 10.30 Materi II "Scientific Thinking"
10.30 – 11.00 Quiz dan games tentang materi I dan II
11.30 – 12.00 Materi III LKT dan PKM
12.00 – 13.30 ISHOMA
13.30 – 14.30 Diskusi tentang materi III
14.30 – selesai Pulang dan pengumuman untuk diklatsar II
Diklatsar II
Waktu Acara
07.00 – 07.30 Absensi peserta dan pengarahan outbound
07.30 – 12.00 Outbound
12.00 – 12.30 Makan siang dan pengumuman pemenang
12.30 – 13.00 Penutupan dan Pelantikan
Lampiran 4
LAPORAN KEUANGAN
Pemasukan
SPP/DPP Rp 750.000,00
Kontribusi Peserta 30 x @ Rp 15.000,00 Rp 450.000,00 +
Rp 1.200.000,00
Pengeluaran
Sie Kesekretariatan
Pembuatan dan Penggandaan Proposal Rp 20.000,00
Pembuatan dan Penggandaan LPJ Rp 20.000,00
Fotokopi Surat dan Keperluan Administrasi Rp 10.000,00 +
Rp 80.000,00
Sie Acara
Souvenir pemateri Rp 22.000,00
Perlengkapan Outbound Rp 50.000,00+
Rp 72.000,00
Sie Publikasi dan Dokumentasi
Publikasi Publikasi Rp 10.000,00
Dokumentasi Dokumentasi Rp 10.000,00 +
Rp 20.000,00
Sie Humas
Telepon Rp 30.000,00
Sie Transportasi dan Akomodasi
Peminjaman tempat Rp 50.000,00
Dokumentasi Peminjaman Truk Rp 438.000,00
Bahan Bakar Kendaraan Rp . 25.000,00 +
Rp 513.000,00
Sie Konsumsi
Snack pemateri 4 x @ Rp 7.500,00 Rp 30.000,00
Snack peserta dan panitia 70 x @ Rp 1.500,00 Rp 105.000,00
Makan pemateri Rp 10.000,00
Makan peserta dan panitia 50 x @ Rp 6.000,00 Rp 300.000,00
Air Mineral Rp 70.000,00 +
Rp 515.000,00
Rekapitulasi Pengeluaran
Sie Kesekretariatan Rp 50.000,00
Sie Acara Rp 72.000,00
Sie Publikasi dan Dokumentasi Rp 20.000,00
Sie Humas Rp 30.000,00
Sie Transportasi dan akomodasi Rp 513.000,00
Sie Konsumsi Rp 515.000,00 +
Total Pengeluaran Rp 1.200.000,00
lampiran 5
BUKTI-BUKTI PEMBAYARAN
lampiran 6
DOKUMENTASI KEGIATAN
--
Shigenoi Haruki
Comments
Post a Comment